Friday, April 17, 2015

Rencana Les Bahasa Inggris: Ada Yang Gratisan!



Siapa yang mau belajar bahasa inggris gratis?

Bisa nggak ya belajar bahasa inggris secara gratis?

Eng ing engggg, udah lama banget nggak mampir ke blog berdebu gue ini, ihiiyy. Nyoba sempetin waktu aja sih buat nulis. Padahal gue lagi sibuk buat persiapan UTS minggu depan, haha.

Jadi, gue pengen sharing aja sih soal les. because, I know that english is important for me, i'll speaks english fluently so i must join an english course or study english more. Nah, udah tau ngga bisa makanya gue harus punya perencanaan kaan. Terpikir untuk les di tempat les sekitar Jabodetabek dan akhirnya coba buka website EF a.k.a English First. Sebenernya nyadar sama kantong sih, berhubung di website nya tertulis ada test cuma cuma, so kenapa ngga coba cari tau? haha.
Gue sendiri cuma baru compare aja sih antara satu english course dengan course yang lain. At the first time gue tertarik sama EF, tapi di websitenya nggak ada perinciaan fee-nya. Ada LIA juga tapiiiii, mungkin nanti bisa jadi rekomendasi selanjutnya. Makanya sekalian gue kesana dan bisa tanya-tanya biaya huehehe.

Segera gue registrasi email dan segala persyaratan lainnya yang muncul di website. and done, i've got an email from EF! and 8 hour later i've got a telphone from their customer service. Akhirnya kami janjian untuk memilih waktu yang tepat untuk bertemu di pusat EF di FX sudirman.

Skip skip

Hari rabu kemarin gue sempatkan datang ke EF pusat di FX Sudirman. Asli, tempatnya bener-bener nyaman banget. Waiting roomnya keren dan kelasnya yang didesain seperti meeting room. Siswa diberikan fasilitas free wifi dan coffee break. Pikir gue saat itu "Kira-kira berapa biaya belajar gue kalo fasilitasnya selengkap ini?" udah mikir horror aja gue haha.

Gue kira boleh ikut kelas sekali gitu ngerasain atmosfer belajar disana, sekalian icip icip hehehe. Eh ngga tau nyaa, only test on computer. jadi gue tes bahasa inggris mulai dari grammar, listening, dan reading. Jiahahaha, gagal deh kesempatan buat les gratis.

Jadi karena cara tes nya based on computer gitu. Gue terpikir untuk otodidak aja dirumah hahaha. Biar aja sekarang gue jadi pasif dulu, step by step bisa speaking. Soalnya gue udah punya website bagus buat belajar bahasa inggris. disana lo bisa tes grammar, speaking, reading sampai listening

Pada akhirnya, guide gue menjelaskan perincian biaya les selama satu tahun sebesar 24 juta-an. haduh bisa ngga makan gue setahun, wkwk.

Nah, daripada harus mengeluarkan banyak uang, mending buka nih linknya http://englishteststore.net/. disini kita bisa belajar dan melatih bahasa inggris kita. Website ini free loh! Kita bisa tau seberapa jauh kemampuan bahasa inggris kita.

Intinya, gue ngga bermaksud apa apa sih, ga niat menjelekan salah satu instansi. Tempat les yang baru aja gue sambangin itu bagus, tapi harus berani merogoh kocek yang ngga sedikit. Buat anak kayak gue mah mending uangnya buat yang lain, haha. Maklum bukan orang banyak duit, wkwkwk.

Salah satu alternatifnya ya coba belajar di englishteststore aja, beneran membantu banget :D

See you guys next time

No comments:

Post a Comment