Backpacking to Jogja - Banyuwangi - Bali Part 1

No comments

Pertama kali backpacker

Gue dan Deby udah merencanakan untuk berlibur low budget dari satu tahun lalu. Huh, nyari orang yang bisa diajak kelayaban jauh itu susah lho, serius. Apalagi gue cewek. Gue baru deket sama Deby di semester kedua, dan ternyata kita punya passion yang sama, Travelling. Akhirnya gue berencana untuk wujudin mimpi gue mulai dari ikut arisan, nabung, browsing cari tujuan wisata. Hasil dari rapat kita berdua, kita akan pergi ke Jogja sehari, lalu sehari ke Gunung Kidul dilajut berangkat ke Surabaya transit lalu ke Banyuwangi menuju baluran dan kawah ijen, baru nyebrang ke bali.



Mungkin ada sebagian orang yang mengira gue banyak banget duitnya, "wih hani jalan-jalan terus, banyak duit pasti". No, gue mau klarfikasi aja nih, jalan jalan itu murah mahalnya tergantung orangnya sih. Mau ala mewah atau ala orang susah, gitu aja sih, yang penting lo niat dulu!

H- 10 gue tanya tanya orang orang yang berpengalaman. Kami melakukan kesalahan, jadi harusnya booking kereta dari jauh jauh hari, ternyata gue dan Deby keabisan tiket buat berangkat ke Banyuwangi dari Jogja. Akhirnya minta saran dari temen temen gue untuk ke Surabaya dulu lalu lanjut keretaan ke Banyuwangi. Deby pesenin kereta Mutiara Timur yang biasanya harganya 150k tapi kami dapet diskon cuma Rp 96.250 ribu ahahaha. Karena pembayaran harus 2 jam maksimal setelah booking, gue yang lagi dirumah Mbah gue langsung cus ke indomaret yang jaraknya jauh kalo jalan kaki. Cari tebengan depan rumah, sippp dianter pake motor. Alhamdulillah!. Nyampe Indomaret eh gagal, servernya ngaco. Pindah ke Alfamart and done! huh rasanya degdegan banget.

Skip skip yaw, ditanggal 12 Juli 2016 gue akhirnya berangkat ke Jogja dari rumah Mbah di Banjarnegara. Niatnya mau dianterin sama seseorang trus di jemput di daerah Magelang, tapi karena dia tiba-tiba sibuk yasudah akhirnya gue batalin aja, agar tidak semakin merusak mood gue haha. Sebelum pamit sama mbah putri dan mbah kakung, gue dikasih sangu Rp.200.000 sama mbah hahaha. Karena mereka ngira gue pergi ke Bali pake Pesawat, jadi katanya takut uangnya kurang, haha.

Lalu sepupu gue yang mandinya lama abis, akhirnya nganter gue jam 08.30 sampai jalan raya. Lumayan jarak rumah mbah ke jalan raya sekitar 1,5 km dan jalan kaki bawa carrier. Padahal gue udah lama banget nggak olahraga, kerjanya cuma tidur makan solat megang hape, haha suram deh pokoknya.

Dari Banjarnegara, gue naik bis jurusan Purwokerto - Wonosobo, karena masih suasana lebaran, tarifnya Rp 15.000. Dijalan gue lebih banyak bengong liatin jalan sama tidur. Sampai di Terminal Wonosobo pukul 10.30, gue langsung naik Bis Wonosobo - Magelang, tarifnya sedikit mahal nih Rp 30.000, karena perjalanan yang lumayan panjang, gue sampe main pokemon go haha. Serunya sih selama perjalanan karena gue lewat Temanggung bisa liat dua gunung yang menjulang tinggi diantara jalan raya, Gunung Sindoro Sumbing yang cantik banget pemandangannya. Sampai di Terminal Tidar, Magelang, jam 12.50, gue udah mulai kelaperan, akhirnya gue makan mie ayam harga Rp. 7000 dan air mineral dingin seharga Rp. 4000, rasanya ya lumayan lah.


Santapan siang hari di terminal tidar magelang

Setelah prosesi makan siang gue selesai, gue melipir ke mushola dan ke toilet bayar Rp. 2000. Segera gue naik bis Sumber Waras jurusan Jogja yang bertarif Rp 10.000. Di perjalanan yang mendung, gue memilih tidur lagi demi menjaga energi gue untuk kelayaban di Jogja nanti. Btw gue tuh anaknya spontan abis, gue belom pesen motor buat kelayaban di Jogja. Tetep nyantai. sekitar jam 4 sore gue sampe di Terminal Giwangan. Bingung mau kemane, motor segera gue pesan. Googling sebentar akhirnya dapet di jogjig.com dengan harga standar Rp 70.000/hari bisa dia antar jemput motornya. Ternyata dia lama, ngecek ketersediaan motor dulu, soalnya gue dadakan mintanya. Udah gitu, gue harus ngasih jaminan KTP 3 biji, lah begimana gue. Alhasil Nungguin Deby nyamperin gue ke Giwangan. Sambil nunggu Deby yang lambreta, gue ngopi dipinggir jalan sambil ngobrol santai sama yang punya warung. Ngopi White koffie cuma Rp. 3.000, ya standar lah ya. Sekitar jam 17.30 Deby baru sampe trus dadah dadah, sedangkan motor dianter 5 menit lalu haha. Deal-deal-annya selesai, akhirnya kita minjem motor 3 hari seharga Rp. 210.000 dan di share cost jadi Rp. 105.000 perorang.

Kelayaban Malam di Malioboro

Motor bensinya udah tipis banget, kelupaan berenti di Pom bensin akhirnya kami minggir beli bensin eceran seharga Rp 7500. Sekitar jam 19.00 kami sampai rumah Leknya Deby di jalan Godean, huft capek banget deh. Nyampe rumah kenalan dan ngobrol dikit trus gue langsung dianter ke kamar yang ada di atas buat naro tas dulu. Deby nyuruh gue buat tidur aja nggak usah kemana mana, tapi gue belom makan. Yaudah akhirnya gue ngajak keluar sebentar pergi ke Malioboro sambil menikmati suasana Jogja malam hari. Kami parkir motor di Mall Malioboro. Btw saat itu macet banget Jogja. Cari-cari makan di emperan belakang rel kereta lebih murah dibanding di Malioboronya (pengalaman 2 tahun lalu tertipu ditempat yang sama haha). Gue pesen soto ayam seharga Rp 15.000 sama Teh hangat Rp. 4000. setelah itu kita belanja-belanja lucuk buat perlengkapan selama perjalanan besok di Hero. Belanja abis Rp. 102.000 dan parkir motor Rp. 2500 dan di share cost lagi jadi 50.000 perorang.

Makan malam yang sederhana saja

Tanggal 13 Juli 2016

Pagi, sekitar jam 4 gue bangun dari tidur. Semaleman gue ngga bisa tidur nyenyak, grasak grusuk deh. Deby juga gabisa tidur ternyata buat hari pertama, akhirnya gue dan deby sama sama mandi. Deby mandi dikamar mandi bawah, sedangkan gue diatas. Eh ternyata airnya mati. mana gue udah ngerendem cucian pulak. Nggak lama Lek nya Deby keatas dan ngasih tau kalo airnya lagi sering mati gitu. yaudah gue pindah mandi kerumah sodaranya yang jaraknya ngga begitu jauh. Rendeman baju gue masuk mesin cuci deh untungnya, haha.

Waktu cepet banget bergulir, seharusnya berangkat jam 5 malah berangkat jam 6 kurang, biasa deh yah orang indonesia suka gitu. Tujuan pertama kita ke Bantul, tepatnya ke Kebun Buah Mangunan. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam dari Jalan Godean, tentunya gue ngebut bawa motornya, hahaha. Gak lupa isi bensin dulu sampe full seharga 16 ribu. Track perjalanan mulai nanjak, berkelok, dan banyak tikungan tajam. Gue sempet salah jalan, keterusan gitu jadi nggak tau pintu masuknya disebelah mana. sampe mondar mandir dipuncaknya. kayaknya sih  nggak beres ya, soalnya ga mirip sama foto-foto yang ada di Instagram. Fix ini salah spot, haha.

"Lo yakin ini tempatnya deb? itu awannya disebelah sana" Gue nunjuk ke sebrang tempat kita sedang berdiri
"Tapi ini tulisannya Puncak Buah Mangunan, masa sepi yak?"
"Iya nggak mungkin disini deh kayaknya, tapi bolehlah foto disini, nanti coba cari"
"Apa kebawah ya? tapi itu tulisannya ke Goa"
"Mau ke goa?"
"Ah biasa aja palingan"
"Lu liat itu banyak orang di ujung bukit sana" Gue nunjuk kesebrang lagi, tadi emang nggak ngeh
"Gua kaga liat"
"Yeh, nih menurut gue tempatnya disana, kenapa? soalnya ngapain lagi kan orang-orang seniat itu ngumpul disatu tempat, pasti itu spotnya" Kata gue
"Iyasih kayaknya, yaudah kesana kuy lah" saut Deby

Salah Spot ini Hahaha

Ternyata dari kejauhan gue liat ada banyak orang yang berkumpul disatu sudut bukit disebrang kami berdiri. Si Deby sih kagak liat, berhubung matanya udah minus, segera kita mencari jalan untuk menuju persinggahan orang orang itu. Gue yakin ada jalan lain. Segera gue pake jaket dan tancapkan gas menuju lokasi tersebut. Cukup 10 menit cari jalan akhirnya ketemu. Tanya si bapak penjaga pintu masuk untuk meyakinkan.

"Pak puncak buah mangunan disini pak bener?"
"Iya mbak disini, masuk dulu bayar tiketnya mbak. hati hati jalannya licin"
"Oke Pak"

Masuk ke Puncak Mangunan bayar Rp. 5000/orang. sampe diatas bayar parkir lagi sebesar Rp. 2000. yah standar lah ya. Pagi itu cukup dingin, ditambah kabut yang mulai menebal. Lokasinya emang di ujung bukit dan ga terlalu luas. Lumayan rame saat itu, banyak anak-anak muda yang foto. Buat menuh-menuhin galery Handphone sama Instagram kayak gue, haha. Bersyukur pagi itu bisa liat awan putih yang membentang, cantik deh pokoknya.

Kebun Buah Mangunan

Tujuan selanjutnya kita pergi ke Hutan Pinus. Jaraknya nggak jauh dari Kebun Buah Mangunan, sekitar 20 menit perjalanan ke atas lagi. Tracknya asik, nikung sana sini haha. Kami sampai di Hutan Pinus sekitar pukul 09.00. Harga tiket masuk Hutan Pinus seharga Rp. 3000/orang dan biaya parkir Rp. 2000. Pohon pinus yang menjulang tinggi membuat suasana pagi menjadi agak gelap, meskipun cahaya matahari mengintip dari sela-sela pohon. Udara segar pagi cukup membuat kami relax. Pengunjung saat itu lumayan banyak, karena masih masuk liburan anak sekolah dan suasana lebaran masih kental terasa. Didalam hutan pinus terdapat bangku panjang dan ayunan yang  tersebar diantara pepohonan untuk dijadikan tempat duduk santai sekaligus spot foto.

Difotoin Deby

Udah puas explore Hutan Pinus, kita langsung caw ke Pantai Parangtritits masih daerah bantul juga. Udara masih dingin, jalanan yang menurun tajam bikin gue kagak nge-gas, jalan sendiri aja motornya. sumpah ga penting, hahaha. Eh, pas santai santai bawa motor, liat ke sebelah kanan ada spot foto bagus. Ada yang parkir juga, brarti emang bagus, hoho. Disitu tertera pada banner bertuliskan Bukit Bego.

"Deb, bagus nih kayaknya buat foto"
"Hayuk aja udah"

Segera gue kasih sign kanan dan markir motor. Area batu kapur menjulang tinggi, ada tenda-tenda buat foto juga. Anak jaman sekarang deh emang!

Deby Foto di atas Bukit Bego

Serasa ngintip Pulau Jeju di Korea (ngarang abis haha)

Cuma beberapa menit aja di Bukit Bego, langsung caw lagi menuju Pantai Parang tritis. Saat itu masih jam 09.30, Kita langsung kejar waktu buat ke Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir. Berhubung gue sama deby belom sarapan, akhirnya gue bawa motor sedikit santai dari biasanya sambil cari-cari sarapan. Gue ini kurang cocok sebenernya sama masakan jawa, terutama Masakan daerah Jogja  dan sekitarnya. Manis gitu ye masakannya, masih tetep kemakan sih, cuma kalo udah kepepet banget. Karena sebetulnya gue apa aja masuk. Makanya, gue saran ke Deby kita jajan soto ayam aja, haha.

Hasil dari bawa motor pelan, gue dan Deby dapet warung makan pinggir jalan yang baru buka.
"Bu, Soto ayam ada?"
"Oh iya ada mbak"
Kuylah kita duduk sama numpang ngecas sekalian. Tempatnya lumayan bersih. Sotonya enak juga, aman deh pokoknya. Soto ayam harganya cuma Rp. 7000 sama Teh Anget Rp. 3000. Murah lahyah. Sayangnya gue lupa apa nama warungnya.

Soto Ayam Pinggir Jalan, mantapz

Karena kita melewati prosesi sarapan, jam 11 siang baru sampe di Pantai Parangtritis. Yang jelas banyak banget Punglinya disini. Baru masuk kawasan pantai bayar Rp. 5000/orang. sampe di Pantainya bayar parkir lagi Rp. 2000. Dan menurut gue Pantai Parangtritis kurang bagus sih, gue lebih suka pantai berpasir putih dan minimal banget coklat. Dan agak kotor juga disini. yang penting gue nggak penasaran lagi, haha. Oh ya, kita juga beli kacamata juga biar jalan-jalan berasa jadi turisnya. Hasil tawar menawar kita dapet harga Rp. 20000/kacamata.

Pantai Parangtritis

Ada kejadian nyebelin nih, gue sebenernya nggak suka juga sama tempat wisata yang rame sesak dengan pengunjung lain. Makanya kalo jalan-jalan lebih suka saat "bukan" hari libur anak sekolah. Nah, gue sama Deby cari tempat yang agak sepi dan itu berada di ujung Pantai ke kiri mendekati bukit karang. Biasanya nih, setiap pantai pasti ada aliran sungai yang mau bermuara ke Laut, dan disini juga ada sungai macem gitu. Berhubung gue sama deby pake sepatu dan kita nggak mau basah, kita nengok kebelakang ada jembatan buatan kecil, ukuran 3-4 meter diatas sungai kecil itu. Kesana lah nyebrang. Eh, nggak taunya di ujung jembatan ada anak kecil yang naro kardus dan tulisannya tarif Rp. 2000/orang. WTF!! nyebrang doang buset. Parah deh emang.

Udah puas eksplor Pantai Parangtritis, kita pindah ke Gumuk pasir di area Pantai Parangkusumo. Ini tempat emang lagi hitz banget yekan. Parkir motor deh saat itu, bayar Rp. 3000. Btw saat itu puanas banget. Ada beberapa anak-anak gawl yang juga lagi foto ala model juga disana. Mayan buat mempercantik galery instagram, haha.

Gumuk Pasir

Ngejar waktu biar bisa boci, sholat dan nyuci baju sebelum pergi lagi ke Gunung kidul, jam 12.40 kita udah sampe rumah. Mumpung ada mesin cuci, segera deby ngerendem, Gue tidur. Gak lama doi gangguin gue tidur. dia kaga bisa gunain itu mesin soalnya yang satu tabung gitu. biasa pake yang 2 tabung soale. gue juga kaga ngerti sih, setelah kita otak-atik akhirnya bisa, haha. Sekitar jam 14.30 gue dan Deby makan siang. Udah laper banget emang. Kita disediain Nasi pake Lele dan sambal. Maknyus lah pokoknya. Jam 15.00 kita berangkat ke Gunung Kidul. Yippieee!!

Perjalanan dari Jl. Godean ke Gunung Kidul ternyata 68km. Lumayan bikin badan ngerenteg, soalnya gue driver tunggal ini. GPS Deby pake mati pula pas udah masuk Bukit Bintang kesanaan lagi. Woh, kanan kiri hutan semua, dan fix kita pasti lewat sini lagi malem. Jalanan juga sepi jadi ya agak spooky. Gue udah ngebut sejadi-jadinya buat ngejar waktu, jam 17.50 baru sampe di Pantai Baron. Tiket masuk Kaawasan Pantai Gunung Kidul sebesar Rp. 10.000/orang. Hari semakin gelap, kami cuma bisa numpang foto sebentar, mengais sisa-sisa cahaya matahari sore kita berfoto ria. Eh pas gue foto sendiri digangguin sama mas-mas yang iseng berdiri dibelakang gue. Kampret emang.

Ada yang Iseng :(

Segera kita sholat maghrib dulu, karena jam 19.00 ditutup pantainya, maka kami bergegas meninggalkan area pantai menuju kota lagi. Gue mulai kelelahan, minum tolak angin untuk dopping dan tempel salonpas sana-sini. Gue sama Deby nggak lewat jalan yang sebelumnya, kita lewat yang agak ramean. Tetep aje yaa, kita lewat hutan lagi meskipun nggak sepanjang pas berangkat. Udah kayak orang bener motoran berdua dijalanan sepi gelap nggak ada lampu cuma sendiri, paling sesekali papasan dengan motor lain. Ini bagus banget diabadin, soalnya gue jarang -jarang juga kan bawa motor lewat hutan gini saat malam.

"Deb, rekamin deb, keren nih gua bawa motor gelap-gelapan"
"Ntar kalo ada yang lewat atau terbang gimana?" tanya Deby polos

Yah peak kan, gue kan tadi nggak mikir ke sana. Eh Deby memancing rasa takut yang tadinya terpendam.

"Yah elu pake diomongin, ngomongin yang lain aja kalo gitu, gajadi rekam"
"Malah takut lu ya, hehe"
"Lu panikan, kalo gue ikut panik mo gimana coba?"
"Gua ga bayangin Han kalo tiba-tiba motornya mati ditengah hutan gini, nangis kali gua, hahha"
"Peak, pake dibayangin sih, haha"

Akhirnya jam 19.30 kami sampai di Bukit Bintang. Ngopi-ngopi lucu dulu. Kami berdua pesen Gooday Moccachino seharga Rp. 4000/gelas sambil nontonin jogja dari atas Bukit. Keren banget deh pemandangannya. Tapi gue udah ngga bisa terlalu nikmatin, karena gue udah ngantuk, wakaka. Dapet chat dari Damas, katanya nitip bukunya Pandji Pragiwaksono adanya di Ambarukmo Plaza. Ya semoga gue kuat deh yah. Mata udah pedes banget.

Jogja from Above

Sampe kota jam 20.30, ngebut diatas 80 km/jam deh, bener-bener mentok. Deby udah mulai sensi, gue juga karena udah capek sangat. Setelah parkir motor, segera masuk ke Amplaz. Molnya macem Gancit kalo di Jakarta mah ya. Cari gramed langsung keatas dan ngiter dulu, dan akhirnya ketemu. Langsung samperin mas-masnya

"Mas, ada bukunya pandji pragiwaksono nggak?"
"Kayaknya sih stoknya abis mbak, coba saya cari dulu"

Nggak lama si mas-masnya dateng lagi setelah ngecek database di komputernya.

"Wah mbak sudah sold out, mungkin mbaknya mau dicarikan di toko gramedia lain?"
"Nggak usah mas, makasih ya" langsung deh caw.

Gue udah ngantuk abis, buru-buru ngebut biar cepet sampe rumah, daaaaan hasilnya jam 9.15 udah sampe rumah, haha. Gue langsung mandi, Deby masak mie goreng dan doi ngobrol sama lek sampe malam. Gue sih udah ngga kuat, gue abis makan nggak lama tidur, karena besok harus caw ke Surabaya.

Tanggal, 14 Juli 2016

Pagi hari ini gue bangun tidur jam 04.30. Lalu gue tidur lagi, ngantuk parah haha. Jam 06.00 gue bangun lagi dan sholat subuh, dilanjut streching lucu di balkon rumah. Deby di bawah lagi ngobrol sama Lek dan Mbak Andar. Badan gue ngerenteg banget abisan, kayak abis digebugin orang sekampung, huft. Nggak lama, gue mandi aja dan packing lagi. Kebetulan baju gue udah kering semua, kemaren Jogja panas juga sih. Deby juga masih santai santai, gue masih kepengen ke Malioboro lagi sekalian ngabisin bensin. Si Fikri juga chat gue mau nitip gantungan kunci, okelah. Segera gua sarapan pake lele ama sambel lalu langsung caw.

Hmm, ternyata ke Malioboro lumayan juga ya jaraknya. ngga bisa ngebut karena jalannya padat banget. Jam 9.30 gue baru dapet barangnya, langsung balik ke Godean. Padahal udah janjian sama mas penyewa motor kalo mau kita balikin jam 10 di Giwangan, haha. Yaudah sekalian aja bayar tiket kereta sama ambil uang di ATM.

Jam 10.30 sampe di Giwangan, ternyata mas motornya malah kabur lagi karena nunggu kita kelamaan. Datanglah dia 15 menit kemudian. Gua langsung caw ama Deby nyari Bus ke Surabaya. hasil dari tanya sana sini, ke Furqon si anak bismania ngasi saran buat naik bis Eka, Sumber selamat or sugeng rahayu. Gue sama Deby akhirnya pilih Sumber selamat, karena harganya juga cuma Rp. 57.000/orang. Bisnya AC pulak. Awalnya ini bis jalannya nggak terlalu cepet, tapi pas sampe Ngawi udah mulai ugal-ugalan, berasa naik roller coster. Oh iya, di Terminal Tirtonadi Solo, gue jajan arem-arem 3 dan tahu 3 harga Rp 10.000 juga Le Minerale Rp 5.000.

Saat di bis, di depan gue ada bapak bapak berbau nyengat. Sumpah menusuk hidung.

"Han, ini bau ya yang di depan kita" bisik Deby
"Bau lidah buaya deb" Bisik gue
"Anjer bau lidah buaya, ngakak gua, hahahahaha" Deby ketawa ngakak

Trus ada tambahan kenek dibelakang juga, ada ibu-ibu teriakin sopir dari belakang "woi mandeg woi, jo banter banter". Dalam segala kepanikan selama dijalan menuju Surabaya terbayar sudah. Sampe terminal jam 08.37, mampir ke wc bayar Rp. 4000 berdua. Lalu naik ojek biasa kejar waktu ke stasiun bayar Rp. 30.000/orang. Nyebelinnya ojek gue gatau jalan lalu keujanan, huft. Ini first time juga gue singgah dikota Surabaya, biasanya cuma lewat TV aja hahaha. Kotanya emang rapi, mirip jakarta tapi lebih rapi sini sih kayaknya. Sampe stasiun langsung buru-buru boarding dan ketemu sama anak anak Kasmatim ; Fikri, Damas, Irsyad, Akmal, Gusrid, dan yang nganterin si Dana.

Waktu tipis banget emang, nggak lama berbincang sebentar sama anak-anak segera langsung masuk kereta, nggak lupa memberi lihat tiket juga ktp kepada petugas, lalu masuk deh ke gerbong satu. Ternyata Gue, Deby, Irsyad dan Akmal satu deret bangkunya, Damas bantuin muterin bangkunya biar hadap-hadapan. Btw si Irsyad ketawa-tawa mulu ketemu gue sama Deby, kayak orang keabisan obat gitu.

"Napa si lu syad tawa mulu? haha" tanya gue
"Nggak, gapapa, haha" Irsyad jawab sambil mesam-mesem.
Saat itu Akmal keliatan kaku, kayak kanebo kering asli. Gue yakin nih anak aslinya rame, harus dipancing dulu, haha.
"Ini ada nasi kalo laper nanti" Tiba-tiba Damas dateng lagi ke area bangku kami, bawa plastik hitam besar berisi nasi bungkus berikut air mineral kemasan gelas.
"Wih, baik amat sih kalian, siapa yang bawain? tanya gue lagi
"Mamanya Damas tuh" Akmal nyaut
"Yaampun baik bener, anak mama deh, haha" Saut Deby
"Yang punya aku yang disuwir ayamnya ya, mana nih" Damas ngasih tau anak-anak
"Woh curang ya punya dia disuwirin"

Pas banget, gue laper haha. dijalan nggak bisa makan karena full 10 jam didalem bis, hahaha. Irsyad tiba-tiba jalan, entah mungkin ke toilet kereta. Deby curang duduk disamping kaca jendela, jadi mumpung Irsyad lagi keluar, gue duduk dibangku dia jadi sampingan sama Akmal. Trus kita nggak lama makan nasinya, Deby pake minta makan berdua sama gue, gue mana cukup makan setengah porsi, haha.

"Yeh jaim deh, makan lagi aja kali kalo masih laper" Deby godain gue
"Selow, ntar kalo gua mau pasti gua buka, you know me so well deb" Gue nyengir jahat
"Tauk Jaim sih" Irsyad nyaut
"Nggak jaim gue, haha. Ntar nih tidur dulu, bangun trus makan lagi haha"
"Dasar hina lu Han" Akmal nyaut
"Kampret lo, hahaha" Songong sekali Akmal ini

Yaudah akhirnya gue makan lagi nasi ayam bacem nya. jadi total 1 1/4 bungkus deh ahahaha. Ternyata mereka ini asik, koplak, jadi nggak salah deh ngajak orang-orang peak ini. Nggak lama ketawa-tiwi bareng gue ketiduran. Sumpah emang capek abis. Gue lupa bawa masker, pose tidur gue nggak banget kadang. Bener aje gue di foto pas lagi tidur.

Jam 4 pagi, kita sudah sampai di Banyuwangi. Ada insiden, gue bocor dadakan jadi langsung cari-cari toilet haha. Anak-anak masih nungguin gue dan Deby di peron kereta Stasiun Karang Asem. Ternyata Mas Lus yang mengelola Banyuwangi Adventure sudah nunggu didepan stasiun dengan 4 motor. Trus Lobby-lobby buat dapet penginepan gratis, karena tadinya mau nginep di Rumah singgah, cuma Mas Lus gak ngasih karena kita udah sewa motor sama dia, takut nggak enak sama Mas Rahmatnya. Yaudah karena kita lebih banyak diluar rumah, kita minta disediain aja karepet diluar buat tidur-tiduran. Yes, dikasih akhirnya haha. gratis sampe pulang dan dikasih password wifi pulak.

And Banyuwangi, here we come !!!

No comments