(Streetfood Hunter) Makan Nasi Buk Khas Madura "Mbuk Siti" di Malang Yang Legend Banget

No comments

Nggak afdol rasanya kalau jalan-jalan ke Malang melewatkan kulineran. Banyak banget kuliner yang bikin ngiler. Wajib deh cobain menu makan pinggir jalan. Karena makanan pinggir jalan di Malang justru rasanya enak dan otentik. Salah satunya adalah Nasi Buk Khas Madura Mbok Siti. Gue dapet saran dari Kak Wulan untuk cobain salah satu kuliner khas di Malang. Jadi nasi buk ini walaupun katanya khas Madura, tapi justru lebih banyak ditemuin di Malang lho. 


Seporsi Nasi Buk yang wow penuh abis!

Sejarahnya menurut beberapa artikel yang gue baca, resep nasi buk ini awalnya diciptakan oleh seorang wanita yang berasal dari Madura, kemudian berjualan nasi di Malang dan menetap di kota apel ini. Makanya jangan heran, kalau Nasi Buk ini lebih familiar di Malang daripada di Madura. Mbak Siti nya sendiri berasal dari Bangkalan, Lho!. Beliau juga masih melayani para pembeli (meski dibantu juga oleh karyawannya -yang sepertinya anaknya sendiri).

Serundeng kelepa, sambal, dan remah-remahan

Satu porsi Nasi buk terdiri dari Nasi putih atau bisa juga diganti dengan Nasi Jagung, kemudian dilengkapi dengan lauk pauk seperti ayam goreng, paru goreng, limpa goreng, tempe mendol, bakwan jagung, sayur lodeh nangka, sayur tahu ceker dan ditaburi dengan serundeng kelapa dan sambal. Harganya juga cukup bersahabat. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 15.000, sudah bisa menikmati menu lengkap bahkan boleh nambah semuanya sepuasnya sampe perut meledag, hahaha. Kecuali untuk lauk ayam, paru, daging dan limpa hanya boleh mengambil satu saja. Kalau ambil semua ya pastinya nambah charge.

Hayooo, mau nasi putih apa nasi jagung?!

Baidewei, waktu gue makan kesini emang di hari akhir gue singgah di Malang bareng Opang. Setelah berpencar dengan rombongan camping semeru. Duit udah tipis banget, jadilah cuma pesen satu piring berdua (so swit gaaaak? ahahaha). Langsung lah nasinya minta dikasih segunung dan lauknya yang banyak , kecuali paru nya yang cuma satu biji aja. Sejujurnya, gue juga sampe mikir "ini untung nggak sih Mbok Siti?" huhu. Murah banget sih kalo boleh nambah gitu. Buat yang makannya porsi kuli sih wajib banget deh kesini. Gue pribadi suka sama sayur ceker tahu plus sayur nangkanya. Endes deh pokoknya

Ayam, Paru-paru, Daging, Limpa goreng

Nah, Kalau mau coba makan disini. Bisa kunjungi warung Nasi Buk "Mbak Siti" Di Jl. Pasar Helm, Jl. Trunojoyo, Klojen, Kiduldalem, Kota Malang Jawa Timur. Pokoknya, posisi Nasi Buk Khas Madura Mbuk Siti yaitu 200-300 meter ke kiri dari Stasiun Malang. Jam buka Nasi Buk Khas Madura "Mbak Siti" mulai pukul 05.30 hingga 15.00. Bahkan bisa tutup lebih cepat dari itu. Jadi jangan kesiangan yaaa makan kesini! biar nggak kehabisannn.  

No comments