Jejak Pendakian Gunung Merbabu Via Jalur Suwanting

2 comments

Pendakian gue ke Gunung Merbabu adalah pendakian yang kedua dalam hidup gue. Fyi, pendakian ke Merbabu ini adalah pendakian yang bener-bener minim persiapan, haha *sumpah jangan ditiru*.

Sebelum pulang kampung emang gue ada keinginan untuk naik gunung, kali aja gitu ke Prau bareng sepupu gue. Lagipula, Jarak dari rumah mbah ke Dieng cuma 2 jam. Karena itulah gue pulang kampung bawa tas carrier. Begonya sih gue ragu-ragu buat bawa jaket gunung Abang gue dan akhirnya nggak gue bawa (jaket gunung kesayangan gua ilang di kampus btw). Gue pun nggak bawa tenda dan sleeping bag asal bawa carrier aja, karena pikir gue bisa pinjem, hehe.

Gue udah dua hari di rumah Mbah gue di Banjarnegara, tiba-tiba salah seorang temen gue chat melalui Wasap buat nanyain carrier. Padahal hari itu udah H-4 lebaran. Nah awal mula cerita ini dimulai

"Han, pinjem carrier dong" tanya Rofi
"Yah, gue bawa ini pulang kampung. mo kemana lu?"
"Mau ke merbabu Han"
"Et kaga ngajak gua dah lu, ikut doong. Mumpung udah di jawa nih" pinta gue
"Yaudah selow han, ntar gue bilangin ke bocah-bocah"
"Kaga papa nih?"
"Iye kaga napa"

Oke deh sip, gue di masukin ke grup anggota tim pendakian. Isinya sampe 15 orang termasuk gue. Deuh banyak bener !. Kebetulan hampir separuh dari anggota tim itu temen-temen gue dulu waktu sekolah Aliyah, jadi gue merasa aman. Dalam tim cuma ada dua cewek dan termasuk gue, hehehe.

Waktu itu gue nanya, lewat jalur mana. Karena Merbabu sendiri memiliki 6 jalur pendakian alternatif untuk para pendaki. Kata Amin sang leader kita, jalur suwanting paling pendek rutenya dan juga banyak airnya dibanding pos lain. Tadinya gue sempet konsul juga sama beberapa temen yang udah pernah ke Merbabu, katanya jalur Suwanting itu tergokil.

"Mau meninggal gua han gendong keril ampe puncak lewat suwanting" ucap salah satu temen gue
"Yakin lo lewat suwanting? siap siap aja kaki lo ntar hehehe"
"Kalo baru, mending lewat wekas aja dah apa selo gitu"

Ini bikin waswas beneran, sampe gue tanyain lagi ke Amin, "Yakin min lewat suwanting?" tanya gue. tapi tetep aja kekeuh mau lewat Suwanting. Yaudahlah pengikut mah ya ngikut bae !. Masalahnya , meski ada dua orang yang dianggap pro, tapi sisanya pemula semua, haha.

Lebaran usai, dan hari keberangkatan akan tiba. Gue belom sempet nyari sleeping bag dan nesting untuk perlengkapan pendakian. Sepupu gue bilang mau bantu pinjemin alatnya hahaha. Trus karena dia nggak ada yang anterin untuk ambil alatnya, akhirnya gue yang anterin doong pake motor unyu mbah gue. Gue udah ketakutan aja tuh gadapet alatnya wkkwk.

Rabu, 29 Juni 2017

Sepatu nya jangan ditiru btw

Pagi-pagi gue masih goler goler dikasur. Hari itu, Gue jalan duluan dari rumah mbah gue menuju basecamp pendakian jalur suwanting. Karena tim pendakian gue semuanya berangkat dari Jakarta ber-12 dan gue sendirian. Beberapa hari sebelumnya gue juga udah sempet observasi mengenai pendakian melalui jalur suwanting dan nyari nomer yang bisa di hubungi ketika ingin ke basecamp. Gue dapet nomer salah satu pemilik basecamp di suwanting namanya Mas Ambon. Gue nanya-nanya sama dia kalo dijemput dari terminal tidar berapaan dan naik apa aja. Kalo dijemput sama Mas Ambon sih bisa kena Rp 70.000 dari terminal tidar sampe desa suwanting. Tapi kalo gue naek bis dari tidar ke kopeng dulu tinggal naek ojek aja.

Gue selalu gitu, nyantai! hahaha. Jam 1 siang baru jalan dari rumah mbah ke Magelang. Padahal jaraknya ada sekitar 3-4 jam. belom lagi, dari Magelang gue harus ke kopeng dulu. Gaya-gayaan lagi pake mau nongkrong di alun-alun Wonosobo sama temen SD gue yang lagi pulang kampung juga. Sampe jalan raya gue naik bis jurusan Semarang-Purwokerto, bukannya turun di terminal Wonosobo, malah turun di Temanggung. Kacau lah, mana jalanan macet banget yekan. Waktu udah menunjukkan pukul 18.00, Bis nyambung ke Magelang kaga ada-ada. Ujung-ujungnya gue naik bis semarangan lagi dan turun di Secang. Dari Secang gue jalan kaki sampe terminal secang trus naek angkot malah diturunin lagi diperempatan gitu, trus nanya Pak Polisi malah dikira gue mau janjian ama orang nggak dikenal akibat gue bilang mau dijemput temen di terminal tidar, hahaha. Naek angkot lagi dah gua ampe tidar. Sumpah, jadi pemborosan biaya. Sama Mas Ambon janjian didepan pom bensin biar sekalian gue solat maghrib dulu ama solat isya.

Mas Tris sama Mas Ibnu

Jam 19.00 Mas Ambon sampe pom bensin jemput gue. Tanpa babibu gue langsung menaiki motor bebeknya tanpa make jaket dulu. Mamam kan, pas dijalan dingin!. Diperjalanan gue ngobrol-ngobrol kecil sama Mas Ambon, dia mikir aneh banget gitu cewek pergi sendirian di kota yang jarang disambangin trus udah malem juga. Jalanan menuju Desa Suwanting lumayan horor sih, nanjak, turun dan gelap banget karena nggak ada lampu penerangan. Cuma ada cahaya motor yang gue tumpangin.

"Mbak, disini pernah ada yang dibegal lho mbak" kata Mas Ambon
"Oalah gitu, trus gimana tuh?"
"Ya udah lama sih. Mbak, kok berani sih sendirian ke sini? emangnya nggak takut?"
"Ya gimana ya mas, kalo udah takdir mau diapain hehe. Allah yang ngatur kalo kenapa-napa mah, ahaha"
"Mbak kan nggak tau asal usul saya gimana, kalo saya orang jahat gimana?"
"Yaitu tadi saya bilang, mau gimana lagi, pasrah aja saya mah"

Jawaban yang bener-bener pasrah haha. Gue berpikir secara tenang. Kalo aja Mas Ambon berani jahat sama gue, dia pasti mikir dua kali untuk ngejaga kepercayaan pengunjungnya yang udah dia jaga selama membuka bisnis basecamp. Rusak semua bisnisnya haha. Sejauh yang gue perhatikan, Mas Ambon ini salah satu orang yang rendah hati yang pernah gue temui. Baik dan sederhana. Dia bilang sama gue nanti kalo udah sampe basecamp jangan panggil saya Mas Ambon, haha. Soalnya biar bisa melebur dengan para pendaki juga dan lebih mudah interaksinya dengan pendaki lain. Nggak mau sok jadi yang pro gitu.

Spoiler keindahan puncak suwanting Gunung Merbabu

Sekitar jam 20.30 gue sampai di basecamp milik Mas Ambon. Ada beberapa pendaki yang baru saja turun dari gunung. Mereka sedang melepas lelah sambil bercanda-canda bersama teman satu timnya. Tiga orang laki-laki yang berasal dari Jakarta sudah bersiap untuk pulang. Sedangkan ada beberapa pendaki dari Jogja yang juga sudah mem-packing ulang barang mereka. Biasa, kalo ketemu sama pendaki kan suka say hi gitu kan sok kenal sok deket. Gitu sih asiknya kalo ketemu sama orang baru. Trus gue diajak foto-foto bareng. Mas Ambon langsung pergi lagi mau jemput pendaki lain ke Jogja.

Temen-temen rombongan gue dari Jakarta udah di kereta. Mungkin mereka akan sampe besok jam 03.00 pagi. Di basecamp tinggal gue sama salah satu cowok dari Gombong yang bernama Mas Ibnu yang akan menginap semalam di basecamp. Nggak lama datang Mas Tris teman Mas Ambon yang juga memiliki basecamp diatas. Kita bertiga cerita-cerita mengenai sejarah jalur suwanting.

Jam 03.00 gue kebangun, ternyata basecamp masih sepi. Berarti temen-temen gue bakal sampe pagi. Mas Tris, Mas Ibnu sama Mas Ambon ternyata masih bangun dan ngobrol-ngobrol. Tapi akibat gue kebelet pipis akhirnya gue bangun juga dan ke kamar mandi. Setelahnya gue juga ikut ngobrol sebentar dan tidur lagi

Jam 05.30 Gue bangun lagi, langsung solat subuh dan setelahnya gue pesen makan nasi + telor dadar + Teh anget. Udara merbabu dingin banget saat itu, menusuk kulit. Sambil nungguin temen-temen gue dateng, gue lipetin sleeping bag yang gue pake buat tidur semalam.

Jam 06.43 Temen-temen gue udah sampai di basecamp, mereka istirahat dan ada yang langsung mandi. Karena belom makan, jadinya pesen sarapan juga deh. Disini gue shock ! hahaha, temen gue udah siap sedia bawa kertas hvs buat nulis-nulis diatas gunung. Hadeuh nak sekarang emang masi aje. Sumprit, jangan diikutin !, nyampah yang ada di gunung kalo sampe lu bawa turun lagi kertasnya, bahaha.

Jam 08.30 Gue udah komunikasi langsung ke Mas Ambon untuk pamitan ingin berangkat nanjak. Pas banget Mas Ambon baru balik dari pasar sehabis belanja untuk warungnya. Mas Ambon bilang mau ngasih wejangan ke temen-temen dulu soalnya. Apalagi semalem gue abis diceramahin panjang lebar. Mas Ambon nerangin jalur yang akan kami lalui nantinya saat pendakian. Tapi, karena nunggu temen-temen gue kelar prepare yaudah deh diulur lagi.

Jam 09.10 Kami semua mulai briefing bareng Mas Ambon. Beliau menjelaskan jalur-jalur mana saja yang bisa dilewati dan pantangan apa saja yang harus dihindari. Tak lupa, Amin juga turun ke basecamp pusat untuk membayar simaksi sebesar Rp 18.500/orang

Amak, Doly, Nafiz, Gue dan Mas Ambon

Jam 09.40 kami mulai start pendakian. Awal perjalanan dari basecamp, kami melewati rumah penduduk desa suwanting dengan jalan yang menanjak. Sekitar 200 meter berjalan setelahnya, kami disuguhkan dengan pemandangan hijau dari kebun sayuran. Baru sampe sini aja gue udah ngosngosan. haha.

Kebun Seledri

On the way

Memasuki waktu zuhur, kami telah sampai di Lembah Gosong. Disini kami menunggu azan berhenti. Sekitar satu jam kami menunggu sambil istirahat di bawah pepohonan rindang. Berbagi makanan yang kami bawa untuk perjalanan.

Nafis, Iyus dan Gue

Jam setengah satu, kami melanjutkan lagi perjalanan. jalur semakin menyempit, ditambah nanjak terus tanpa ada bonus. Kaki udah mulai mengencang dan keras. Mulai pegel dikit. Sekitar jam 13.15 kami sampai di Lembah Cemoro. Disini ada penampungan air untuk para pendaki. Ada beberapa pendaki juga yang sudah memasang tenda dan melaksanakan sholat zuhur berjamaah.

Babay lagi berjalan menyusuri track

Selesai semuanya sholat, kami melanjutkan lagi perjalanan. Sekitar jam 13.40, kami sampai di Lembah Ngerijan. Berhenti sebentar, lalu kami terus melanjutkan perjalanan dan  sampai di Pos 2 jam 15.00. Karena si Septian udah kecapean kayak maksain gitu, akhirnya Amin instruksiin untuk nenda di pos 2. Huft, padahal gue pengen liat sunset di pos 3, hahaha. Yaudahlah, tidak boleh egois. Jadi pasang tenda.

Kaki udah nyut-nyutan banget rasanya, tapi prepare masak jalan terus. Amin mempercayakan beberapa orang untuk memasak nasi, goreng sosis dan nugget juga sayur sop. Udah nggak inget cara nyuci sayuran, jadi langsung aja potong masak haha. Btw gue bete juga sih gara-gara tempat masang tendanya tadi diturunan gitu, fix banget bakal merosot. Abis Maghrib makanan sudah matang, dan anak-anak yang tidur kampret banget bangun-bangun langsung nodong makanan, trus Amin-nya bete dah haha. Dia ngga nafsu makan jadinya wakaka.

Nasi, Sayur Sop, Nugget dan Sosis goreng

Waktu lagi masak masak nih

Jam 20.00 anak-anak masuk lagi ke tenda untuk istirahat. Kami berencana untuk bangun jam 01.00 untuk melakukan summit. Gue sendiri nggak bisa tidur di dalem gara-gara nurun gitu, jadi merosot. Embun juga menetes di dalam tenda. Bikin tenda jadi dingin. Akhirnya, gue keluar untuk tidur disamping tenda gue yang deket banget sama jalan setapak menuju atas. Beralaskan trash bag dan badan gue terbungkus jaket plus sleeping bag membuat gue tetap merasa hangat meskipun tiduran di luar. Hari itu cuaca bener-bener bagus, nggak ada badai sama sekali. Gue bisa melihat bulan bersinar indah dengan langit malam yang dihiasi kelap-kelip bintang. Malahan nih, gue sempet ngeliat bintang jatoh!. Sumprit, itu pertama kali dalam hidup gue haha. Gue nggak mau ketinggalan nih kayak orang-orang, jadinya gue mengucapkan permintaan rahasia, haha. Kali aja terkabul.

Bulan bersinar terang

Gue boboan di luar dari jam 20.30 sampe jam 23.00 karena banyaknya gangguan yang menerpa gue *halah. Karena posisi gue tiduran disamping jalan, makanya gue disenterin orang lewat mulu. dikira pocong ntar guenya. Yaudahlah akhirnya gue masuk karena nggak bisa tidur.

Sabtu, 01 Juli 2017

Jam 02.00 kita baru bangun, haha. Nggak sesuai sama jadwal yang udah dibuat. Senter Amin pake ilang. Jadi yaudah kita tinggal aja tenda di pos 2. cuma berbekal air 5 botol dan beberapa camilan untuk perjalanan. Gue pun nggak bawa headlamp jadi kita bareng-bareng aja. Pas disini sih gue baru merasakan apa itu solidaritas dan kerjasama saat survival. Jalanan udah nanjak terus, nggak ada bonus dan kacau sih intinya haha. Udara pun semakin dingin menusuk. Gue sih malah nggak pake jaket karena bakal pengap banget sih.

Hutan mati

Sekitar jam 4.30-an kita udah di hutan mati. Disini gue dan semua temen berhenti untuk istirahat sejenak. Kami masih bisa mendengar musik gamelan secara samar-samar. Tapi kita sih biasa aja nggak takut atau apa. Malah sempet denger suara di semak-semak haha. Abis itu kita malah nyanyi lagunya Oasis - Stand by me. Totally absurd sih !

Jam 05.00 Akhirnya kita sampai di pos 3. Yampun dehhh, pas di hutan mati tuh ngerasanya kayak udah deket gitu padahal maaaaaah nggak sampe-sampe dari tadi. Di sini pun kita isi ulang air, lalu melanjutkan perjalanan ke Sabana 1. Udah mulai keliatan Gunung Sindoro - Sumbingnya. Kalo Gunung Merapi jangan ditanya, beuuuhh keliatan jelas banget. Bener-bener nggak ada awan pagi itu.
Sampai di Sabana 1 gue dan temen-temen banyak foto. Pasti beruntung banget yang nenda di Sabana satu, karena dari kemarennya udah bisa liat sunset juga. Lanjut ke Sabana 2 jam 07.00, kami pun udah bisa liat bukit teletubbies, mirip-mirip di Flores gitu lahyah.

Gunung Sindoro dan Sumbing dari kejauhan

Gunung Merapi saat Sunrise
Nafis dan Dolly narsis nih

Rasanya gue mau sujud syukur !. Ciptaan Allah emang keren banget sih. Gue nggak nyangka, bisa mendapatkan kesempatan untuk berdiri diatas Gunung Merbabu dan please di notes yah, gue ngga prepare untuk ketahanan fisik sebelumnya. Alhamdulillah, hal ternekat tapi hoki banget hahaha. Gue pun sampai di Puncak Suwanting pukul 07.30 cuma bertujuh orang doang yaitu Gue, Septian, Bolang, Doly, Iyus, Amin dan Nita. Yang lain udah nggak kuat, dan mereka memilih turun duluan ke tenda. Sedangkan Nita sama Amin sih lanjut sampe atas karena katanya nanggung, haha. Gue udah nyerah beneran. Padahal masih ada dua puncak lagi yaitu puncak kenteng songo dan puncak syarif. Ah biarlah, gue udah paham kemampuan gue sampai mana. Yaudah gue nggak mau maksain juga sih sampe atas. Di puncak ini aja gue udah bisa liat Gunung Andong, Gunung Temoloyo,Gunung Ungaran, Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Prau dan Gunung Merapi. Hari yang cerah, gue bersyukur banget pokoknya. Nggak sia-sia perjalanan gue.

Sabana satu ke Sabana dua

Puncak Suwanting nih

Foto-foto selesai, sekitar pukul 10.00 gue akhirnya turun ke pos 2 lagi. Dari Sabana satu ke Pos 3 juga cuma setengah jam karena lari. Di Pos 3 sempat berhenti untuk mengisi air minum sampai full. Gue udah keroncongan soalnya, jadi mau nggak mau di ganjel pake air. Sampai di pos 2 jam 12.00. Ternyata turun itu emang lebih cepet haha. Gue kalo inget waktu turun bener-bener shock banget. Karena nggak nyangka aja semalem pas gelap-gelapan gue ngga tau kalo tracknya hampir 80 derajat. Gue berasa nurunin longsoran haha. Jalan kudu zigzag biar bisa ngendaliin pijakan. Sampai bawah masak trus packing ulang. Disepanjang perjalanan nurun ke pos 2, gue beberapa kali kepleset. Yang lain juga sama aja. Efek udah lelah. Kaki gue udah mulai lemah deh. Kram parah. Laper banget juga. Gue pengen balik buru-buru karena udah cape juga sih. Karena Amin, Iyus dan  buru-buru cabut mau ke Jakarta juga, gue ngintil dia aja.

Hutan mati saat siang

Edelweis Jawa di Sabana Satu

Puncak Suwanting menuju Puncak Kenteng Songo
Setelah makan dan packing ulang, gue start jam 15.00 untuk turun ke basecamp. Gue minta duluan dan meninggalkan temen-temen lain karena mereka masih santai-santai di tenda, sedangkan gue kepengen turun duluan biar bisa istirahat di basecamp. Akhirnya gue jalan berlima bareng Amin, Nita, Iyus dan Septian. Pas disini gue udah merasa lemah dan lelah banget. Saat itu kabut juga mulai menyelimuti perjalanan gue. Matahari udah ngga tinggi lagi. Udara semakin dingin dan jarak pandang gue juga nggak begitu jauh.

Satu-satunya temen cewek di tim lolot adventure, Nita

Beberapa kali Amin nungguin gue jalan, gue nggak enak sama dia. Dia buru-buru pengen sampai bawah. Gue jadi minta ditinggal aja pas udah di pos satu. Pas gue udah kecapean banget dan posisi uang gue udah abis jadi nggak bisa ngojek kan, haha. Ada Mas-mas baik hati yang menawarkan gue untuk dibonceng sampe basecamp Mas Ambon.

"Mbak, ayok naik" kata mas-mas yang mengendarai motor rx-king jadul
"Hah? naik?" kata gue sambil mencerna perkataan si masnya. gue udah capek banget soalnya sambil duduk di jalanan, haha
"Iya naik aja ngga apa-apa. kebetulan saya juga mau turun"
"Ohyaudah mas, makasih ya" Gue pun langsung naik ke atas motornya.

Sumprit sih, baik banget. Sampai di basecamp gue langsung mandi, pesen mie rebus dan packing ulang. Nggak lama berselang, temen-temen yang terakhir turun juga sudah datang di basecamp. Muka kita udah merah semua akibat kecapekan. Gue berencana untuk kembali pulang ke rumah Mbah gue di Banjarnegara esok hari.

Minggu, 02 Juli 2017

Hari ini, tepat pada pukul 10.00 gue diantar ke terminal bareng Nafis, Dolly, Babay, Ploot, Amak, Geraldy, Bolang dan Hanif. Sambil nunggu bis Semarangan lewat, gue beli oleh-oleh titipan nyokap dulu. Namanya Gethuk trio. Harganya sih cuma Rp 18.500/box. warnanya pelangi gitu. Enak banget rasanya ternyata.

Toko gethuk di Magelang

Gue pun berpisah dari temen-temen lain, karena mereka langsung mau ke Pemalang, kampungnya Nafis. Gue pun sampai di rumah jam 14.20 siang. Kaki gue mau ancur rasanya haha. Tapi Alhamdulillah masih bisa dikasih selamat sampai rumah

Jadi begini deh cerita kegabutan gue ke Gunung Merbabu. Jadi kapan nih kita kemana?

2 comments

1. Abis lebaran yu lgi nyari temren tpi saya bru bgt naik gunung 😊😊😊😊😀

1. Wah iya mas, abis lebaran libur dulu naik gunungnya hehe. Next time bisa bareng mas