Makan Ikan Bakar Khas Donggala Yang Rasanya Mantab!

No comments

Gue tiada hentinya ingin berbagi kepada kalian mengenai masakan yang unik dan pastinya wajib untuk dicoba. Tau sendiri kan, kalau masakan Indonesia itu nggak ada habisnya untuk dibahas. Apalagi nih, Indonesia sendiri terkenal banget dengan keanekaragaman budayanya. Udah pasti, budaya ini juga berpengaruh dengan hidangan khas yang tercipta.

Nah, kali ini gue pengen mengenalkan masakan khas dari Sulawesi. Tepatnya, gue mau ajak kalian untuk membaca pengalaman gue makan ikan bakar khas dari Kota Donggala, Sulawesi Tengah. Penasaran kaaaan? yuk cus dilanjut~


Rumah Makan Ikan Bakar khas Donggala ini terletak di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Rumah makan ini berada di pinggir jalan, tentunya memudahkan lo untuk menemukan rumah makan ini. Terpampang jelas baliho diatas atap rumah makan dengan tulisan "Ikan Bakar dan Ayam Bakar Donggala". Tempatnya ga terlalu besar, cukup lah di isi 30 orang. Oh ya, untuk yang ke sini bawa kendaraan bisa parkir di depan rumah makan. Cukup lah untuk 3 mobil. Kalo motor yaa muat-muat aja sih untuk 10 motor lah.

Suasana di Rumah Makan Ikan Bakar Donggala
Rumah makan ini memiliki beberapa meja kayu dan bangku yang lumayan bersih dan besar. Standar-lah untuk rumah makan tuh. Gue sama Opang memilih meja yang dekat dengan kasir plus dapur rumah makan ini. Sayangnya tetep nggak bisa melihat proses pemasakan, karena pembatasnya cukup tinggi. Nggak lama, pramusaji datang menawarkan menu makan ke kita berdua. Dia nungguin kita pilih-pilih menu. Pramusaji cukup koperatif buat menjelaskan beberapa paket menu. Ramah banget sih, pelayanannya oke lah.

Kasir dan Dapur
Kita melihat beberapa menu olahan dari Ikan, Ayam, Udang dan Cumi dengan 3 pilihan bumbu, yaitu bumbu kecap, polos, dan bumbu khas Donggala. Memang kalau dilihat dari menunya sih, nggak terlalu banyak. Bahkan menu tumisan hanya tersedia 3 macam, yaitu kangkung, bunga pepaya, dan daun pakis. Range harga masakan di sini berkisar dari 5.000- 60.000 rupiah per menu. Minuman juga standar, ada Es Teh, Aqua, dan aneka Jus Jeruk, Alpukat, Nanas, Sirsak, dan Buah Naga.

Menu Yang Tersedia
Sebenernya kita berdua mau cobain ikan woku, tapi sayangnya ikannya agak mahal, hahaha. Karena budget kita pas-pasan, jadi gue dan opang ke sini hanya memesan 2 menu paket ikan bakar kembung sambal Donggala yang sudah termasuk nasi, kuah sup dengan bumbu rempah, sambal dabu-dabu, dan sambal mangga. Kita juga memesan tumis bunga pepaya dan daun pakis. Hmm, menu nya belum pernah kita makan nih di tempat lain. 

Pesanan kita sampai!

Waktu pesanan kita dihidangkan di atas meja makan nih, wuihh aromanya sih enak banget. Pertama-tama, gue cobain kuah sup nya. Di dalamnya berisi sejumput bihun dan irisan daun bawang. Rasanya lumayan berempah, namun sayangnya agak keasinan. Kata Opang sih, supnya nggak keasinan (kita beda lidah nih soal ini, hahaha).  Kemudian kita langsung hajar ikan kembung bakarnya. Nggak nyangka sih, daging ikannya manis dan nggak amis. Sambalnya yang ada di atas ikan juga pedas dan gurih, menambah cita rasa ikan kembungnya. Sambal mangga-nya juga terasa asem seger gitu, apalagi ikannya di cocol pake sambal ini. Sambal dabu-dabunya juga wenak. Opang sampe lahap banget makannya.

Tumis Bunga Pepaya dan Daun Pakis
Kita cukup penasaran dengan tumis bunga pepaya dan daun pakis, karena sebelumnya kita berdua nggak pernah makan masakan ini, haha. Saat kita makan pake nasi panas dan potongan ikan, waduh enak pisan. Daun pakis ini ternyata kalo ditumis rasanya agak sedikit crunchy gitu. Wah bener-bener menggoyang lidah banget deh masakan di sini.



Total biaya yang kita keluarkan untuk dua menu paket Ikan Kembung Bakar, Es Teh, Tumis Bunga Pepaya dan Daun Pakis hanya 80.000 saja. Worth banget lah buat makan ke sini. Bumbunya beda dari tempat lain. Wajib banget makan ke sini! next time mau cobain Ikan Kuah Woku, hehe.

Nah segini dulu deh review gue makan di R.M Ikan Bakar Donggala Jakarta. Kalian juga bisa intip instagramnya di @ikanbakar.donggala. See ya!

Alamat lengkap :

R.M Ikan Bakar Donggala Jakarta
Jl. Tanjung Barat No. 9B Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jakarta, Indonesia 12530
Jam Buka : Senin - Sabtu 10-23 WIB | Minggu 15-23 WIB

No comments