Jalan-jalan Asik Ke Curug Pletuk Banjarnegara

No comments
Keindahan Curug Pletuk


Bukan Hani kalo nggak suka nyari penyakit, HAHA!
.
.
.
.
.
Jadi ceritanya gue pulang kampung nih sendiri dari Depok ke Banjarnegara. Kemudian saat sampai di rumah Mbah, gue nggak tau mau ngapain blas selama beberapa hari menunggu lebaran. Gue bosen juga kalo ujung-ujungnya ke Sawah kulon, hehe. Akhirnya datanglah adeknya Mbah putri dengan motor revo-nya, haha. 
"Mbah, motor gigi susah nggak sih mbah?" Tanya gue ke Mbah Timan, adeknya Mbah Putri setelah ngobrol ngalor ngidul.
"Ya enggak, gampang kok. Mau belajar?" tanya Mbah balik
"Hehe, mau belajar mbaah. abis disini nggak ada yang bisa sewain motor, udah gitu bisanya matic doang lagi, haha"


Akhirnya gue cobain lah itu belajar motor gigi, ternyata nggak susah-susah amat. Basicly, gue udah biasa kebut-kebutan pake motor matic. Cuma riweuh aja buat gonta-ganti gigi pas tanjakan sama trek lurus, bahaha. Oke fix, lancarin beberapa kali doang di hari itu juga, daaaan Mbah gue izinin buat pake motornya buat ngayab ke Curug Pletuk.

Gila kan? baru belajar dan belom tau medan udah gegayaan bawa motor gigi, hahahaha #anaksombong

Sabtu, 24 Juni 2017

Jam 7 pagi, gue masih goler-goler di kasur. Kamar mandi masih dipake orang bolak-balik. Btw kali ini gue ajak sepupu gue buat  nemenin kelayaban ke Curug Pletuk. Doski sempetin diri buat mandi nyuci sampe baca Al-qur'an se-jus. Nah gue? kebetulan lagi dapet belom suci hari itu, jadi selow


Jam 10.15 baru kelar semua urusan dirumah, dan cus ke tekapeh without maps !. gue cuma sekedar cek maps sebelum jalan buat tau patokan. sesekali berhenti di jalan buat nanya ke warga, hahaha. Gila sih perjalanannya, bikin keringet dingin !. Seumur-umur gue bawa motor ke Puncak lewat bukit pelangi, Kawah putih via ciwidey sama ke Ciampea ga gini gini amat. Jalanan udah sempit tapi bonusnya ngga ada ! bener bener nanjak terus, tikungan tajem, turunan curam, alamaaaaak janggg !. Sepupu gue sepanjang perjalanan komat-kamit mulu wakaka. Yang ada dibenak gue saat itu "kalo ni motor ngga kuat nanjaknya gimana ya ntar? trus kalo gue udah jiper duluan buat bawa balik ni motor gimana ya? emang ada yang mau gitu, jemput kesini?" gue juga udah gusar banget, tapi berusaha stay cool. Ya masa sepupu gue udah panik gitu gue juga ikutan panik, kan yang ada malah waswas mulu dan ga nikmatin -_-"

Motor mati di tanjakan gegara gue lupa ganti gigi. Pose dululah !

Mba Ratna motoin gue pas nyari jalur yang landai akibat motor mati

Jalanan sangat sepi, cuma ada motor gue, sesekali ada motor berlawanan arah. Ada salah satu motor yang boncengan dibelakang motor gue. Gue cuma mengintip dari kaca spion motor yang gue bawa. Tapi tumben gue was was, jadi gue makin ngegas. Udah ketemu jalan menuju ke Curug tapi ditutupin palang karena jalannya baru di aspal. Gue sama Mbak Ratna mau nanya ke salah seorang warga yang terlihat membawa celurit, tapi diajak ngobrol kaga nyambung pisan, malah horor ngeliatnya dia bawa bawa clurit. Langsung aja ngacir ke bawah depan sekolahan, ada dua orang laki-laki yang sedang duduk-duduk.

"Mas, maaf mau nanya, kalo ke curug pletuk lewat mana ya mas?" 
"Oh, lewat sana aja Mbak" Sambil menunjuk jalan yang berpalang tadi
"Lho, bukannya ditutup itu mas?"
"Kalo bawa motor bisa kok, lewat pinggir"


Mba Ratna udah keliatan cemas nya, soalnya tadi pas jalan nanjak tajem gue udah 3 kali lupa ganti gigi 1, akhirnya mundur dan mati motornya, cobaaaa bayangkan gimana horornya ditanjakan curam motor mati?!! HAHAHA

"Mas nya ngarahin ya, keliatan kayak licin deh" Gue ngira kalo itu masih pasir, belom di aspal beneran, kayak cuma disiram aspal karena nggak alus aspalannya.
"Bisa kok" Masnya langsung memacu motor nya didepan motor gue. Masnya mandu kita sampai ke jembatan. Nah, yang jadi masalah itu jalannya batu batu segede gaban dan nanjak wakaka. Ini sih mampuy ! asli gue jadi cemen banget.
"Mas, saya nggak yakin bisa bawa sampe atas kalo boncengan, kalo motornya taro disini aja aman nggak?"
"Ya aman aja sih, tapi mendingan diatas aja mbak"
"Ngg gini aja deh, Mba Ratna dibonceng aja sama Mas-nya aku bawa sendiri"kata gue memberi opsi
"Oh yaudah boleh"
"Yowis, maaf nggih mas, dadi ngerepotin" kata mba ratna
"Iya, ora apa apa Mbak" Balas Masnya dengan senyum

Okesip, ngerepotin orang lagi hahaha.



Sampe atas parkir motor, sepi banget nggak ada pengunjung lalu lalang. Yaiyelaaah, Udah bulan puasa, trus malem takbiran pula. Gue doang kayaknya yang H-1 Lebaran malah kelayaban. Sampe didepan rumah ibu-ibu yang menjaga Curug Pletuk, ada dua laki-laki yang nggak asing

"Lho, tau gitu tadi bareng aja" Kata salah satu laki-laki berjaket oranye
"Tadi kan kita dibelakang Mbaknya"
"Ohya? abisan nggak tau kalo mau ke curug juga"balas gue
"Berapa Bu tiketnya?"
"Sepuluh ribu mbak, berdua. kalo besok lima belas ribu dua"
"Mumpung belom lebaran ya Bu, lebih murah"



Mba Ratna jalan di belakang Gue diikuti oleh kedua cowok tadi. Yaitu cowok berjaket oranye dan cowok berjaket biru. Sesekali ngobrol dengan mereka dan bertanya mengenai asal dan pekerjaan masing-masing.  Perjalanan singkat kami lalui dengan melewati perkebunan kapulaga, kemudian melewati jembatan kecil dan air terjun pun sudah terlihat karena cukup tinggi.


Banyak Ilalang yang tumbuh, sedikit kurang terawat. Ada beberapa spot yang khusus di buat untuk foto. Untuk mendekat ke air terjun dibutuhkan usaha ekstra untuk jalan menanjak sekitar 10 menit dan merayap di bebatuan licin. Kacau-nya sih ngga ada pengamannya.

Sampai diatas jam 11.30 trus gue sibuk main air. Padahal mitosnya, jam-jam mau zuhur itu sandikala, yang mana diwaktu itu pamali berada di sungai, curug atau kebon. Katanya sih jin sama setan baru pada keluar. Tapi gue nggak kepikiran apa-apa sih, hehe. malah sibuk nyari spot bagus buat foto haha. Mba ratna cuma nunggu dari bawah air terjun sambil ngobrol-ngobrol kecil sama dua cowok tadi

Narsis berdua Mba Ratna
Jam 12.00, Mba ratna keliatan gelisah gitu. nyuruh buru-buru turun. trus yaudah turun deh kebawah. kebetulan ada gazebo-gazebo gitu buat spot foto. Si Cowo itu akhirnya memberanikan diri untuk mendekat ke gue
"Eh dari tadi kita udah banyak ngobrol tapi belum kenalan. Nama aku Wahyu (sambil menjulurkan tangannya)" Si jaket biru memperkenalkan diri ke gue. emang dasarnya gue udah ignore dari awal, jadi gue cuma menjawab
"Ehiya salam kenal juga mas, hehe" tapi gue ngga bales juluran tangannya cuma senyum. Bukan sombong atau apa, soalnya gue takut php aja hehe
"Trus kalo temennya siapa namanya?" tanya gue
"Namaku Parmin" Kata si yang berjaket biru
"Ini Mbak sepupu aku, namanya Mba Ratna. Kalian temenan apa gimana?" Jawab gue lagi
"Aku adik sepupunya Mbak. Orang tua merantau ke Kalimantan. Kita baru pulang"
"Oalah gitu toh. Main dong yah kesini"
"Iya, aku kesini cuma mau ngecek aja. Mbah nya si Parmin itu juru kunci disini. udah meninggal jadi kita yang disuruh nengokin"

Lalu mereka sibuk foto foto lagi, dan gue juga sama Mba Ratna foto-foto juga.



Jam 12.30 kami selesai menikmati pemandangan dan akhirnya kita pulang. Nah Peer banget kan baliknya, untungnya kedua cowok itu baik ya, si wahyu cowok berjaket biru menawarkan diri untuk membawa motor yang gue bawa. Wehehe, kalo kita bersikap baik pasti bakal ada yang bantu juga kan. meskipun gue sempet nggak mau salaman, haha.

Jam 14.00 akhirnya kami sampai dirumah dalam keadaan selamat, sehat wal afiat hahaha. Segitu deh perjalanan gokilnya ke Curug Pletuk Banjarnegara

Jadi Next Trip Kemana Nih?

**Itinerary
Karena masih bulan puasa dan ga jajan apa apa, jadi cuma beli bensin Rp 10.000 sama tiket masuk Rp. 10.000/2 orang jadi cuma Rp 20.000




No comments