7 Tips Jitu Usir Kebosanan Saat Libur Kuliah

No comments
Libur kuliah telah tiba, para Mahasiswa bisa bernafas lega. Setelah dikejar deadline tugas akhir dan berperang dengan soal soal UAS yang sulitnya bisa bikin kejang-kejang, hahaha. Seperti angin surga yang berhembus lembut #iniapasih. Tapi sebenernya liburan kuliah juga masalah loh. Serius deh, nggak bener-bener menyelesaikan masalah lo ketika masih ngampus. Nambah masalah baru yang ada.



Kita lupa kalo kita nggak punya jadwal kegiatan selama liburan!. Padahal libur kuliah bisa sampe 1-2 bulan. Kira-kira dengan liburan segitu lamanya harus ngapain ya?. Dan masalah yang kedua, kita nggak dapet jajan pula dari bokap nyokap selama libur kuliah. Untung masih ada tabungan selama kuliah  yang siap dihambur-hamburin pas liburan.

Tapi, nggak mungkin dong selama sebulan full lo jalan kesana-sini ? kecuali lo punya duit seabreg, sih. Mahasiswa juga bakal mikir dua kali buat sering-sering nongkrong dan jalan-jalan.


Badeweiii, setelah gue sharing dengan teman-teman gue, gue mau ngasih tips nih cara untuk usir kebosanan yang sering menimpa mahasiswa ketika liburan. Kira-kira apa aja sih rahasia yang mau mereka bagiin? check this out !

1. Backpacker

Buat lo yang suka jalan-jalan tapi keterbatasan dana, mendingan sih jalan-jalannya ala backpacker. bawa uang secukupnya juga perlengkapan cukup satu tas gemblok. Namanya juga backpacker ya gaes, kalo lo bawa koper namanya koperpacker.

via thespiritscience.com

Pilih destinasi yang oke punya tapi akomodasinya nggak nyekek kantong. Misalnya ke Yogyakarta atau ke Bandung naik kereta ekonomi. Anyway, Jogja tuh destinasinya wisatanya lengkap banget loh gaes. Mau makan murah banyak, mau ke pantai deket, ke gunung deket, ke tempat sejarah yang gratis juga banyak. Seru deh pokoknya. Bandung juga nggak kalah seru sama Jogja gaes, lo bisa jalan kaki ala turis dan liatin hiruk pikuk kota Bandung, kawah putih, ke lembang, treking ke tebing keraton dan foto ala-ala anak sekarang.


Saran, untuk jalan-jalan backpacker siapkan perjalanan dengan baik untuk meminimalisir waktu yang kebuang sia-sia karna ngga tau arah tujuan. Jadi harus udah maping dan siapkan uang sebelum keberangkatan.


2. Travelling Murah Jabodetabek

Kalo backpacker sekarang identik jalan-jalan keluar kota, nah kalo kali ini gue bisa kasih pilihan destinasi terdekat dan murah meriah


Kota Tua via indonesia.travel,com

Kota tua adalah destinasi gratis yang ditawarkan Jakarta kepada masyarakat. Gedung-gedung tua yang penuh sejarah akan memanjakan mata dan menambah ilmu sejarah kalian gaes. Jajanan disana juga lumayan murah kok. Tapi kalo mau masuk ke museum wayang kalian bayar ya gaes, murah kok sekitar 2000.

Setu Babakan via alexetia.blogspot.com
Kalo mau belajar sejarah betawi, kalian bisa dateng nih ke Setu Babakan. disini kalian bisa melihat -berbagai kesenian asli jakarta, dari ondel-ondel, palang pintu, tari topeng dan lain-lain. jajanan disini juga banyak dan khas loh kayak kerak telor, es selendang mayang dan sebagainya. Oh ya, kalo mau liat pagelaran budaya kalian bisa cek jadwalnya, biar ngga pulang dengan kenangan kosong, haha.
Hutan Mangrove Jakarta via beritasatu.com

Hutan yang satu ini emang hits dikalangan anak muda jakarta. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk memiliki Tempat yang asri dan fotoable banget, bisa jadi tempat selfie dan prewed lho. Untuk masuk kesini lo juga nggak harus banyak ngeluarin uang, cukup untuk parkiran aja. Asik kan?

Dan masih banyak destinasi lainnya, ada Taman menteng, taman suropati, monas, ragunan yang bisa juga kamu kunjungi !

3. Wisata Kuliner

di Mujigae resto Margo city
Buat lo yang males ke tempat wisata, lo bisa hunting makanan dan nyobain cafe-cafe baru sama temen. Selain bisa ngobrol-ngobrol lucu, lo juga bisa foto-foto kayak anak jaman sekarang. Di jamin menyenangkan liburannya.



 4. Nonton Film


Jalan-jalan udah, makan makan udah. Lama-lama duit tabungan juga tipis setelah dipake buat hedon. Nah saatnya lo menikmati liburan dirumah. Jangan takut untuk bosan, selagi ada banyak film di hardisk yang bisa lo tonton. Mulai dari anime, film box office, sampai serial TV yang nggak kalah seru. biar nonton makin seru, bisa ajak temen temen kerumah nonton bareng.

5. Baca Buku

Biar liburan kalian berbobot, kalian bisa juga baca buku. Mulai dari novel, majalah, literatur, sampai buku resep. Selain buku berbentuk fisik, lo juga bisa baca berita online atau sekedar browsing. Liburan kalian bermanfaat banget kan?

6. Masak 


Untuk mengasah kreatifitas dan mengirit uang, lo bisa cobain resep baru didapur. Misalnya masak tom yam goong dikasih garnish biar lucu dan ala ala chef hotel bintang lima.

7. Jadi Relawan

Ini bagus banget lho, liburan kalian bakal bermanfaat kalo jadi relawan. Selain punya temen baru, lo bisa berbagi ilmu kepada orang lain, belajar budaya daerah setempat dan jadi mudah beradaptasi dilingkungan baru . Contoh jadi pengajar di pedalaman kayak gue ( ini serius lho mau promosi bantenmengajar.org hahaha).

Nah sekian dulu nih sharingnya, semoga tipsnya bisa kalian ikuti yaa!!

No comments