(Field Report) Catatan Perjalanan Relawan Banten Mengajar

No comments
Hari Jumat, 29 Januari 2016

Sudah memasuki akhir perkuliahan di semester 2, Gue masih belum memiliki rencana bepergian jauh untuk mengisi liburan. Gue sudah berjanji dengan diri sendiri untuk meluangkan waktu demi liburan jauh dan mencari pengalaman baru. secara tidak sengaja, Gue mendapatkan kabar tentang Gerakan Banten Mengajar dari Qisti dan SUci yang menjadi penggerak di komunitas tersebut. Mereka menjelaskan, jika gue lolos, gue akan mengajar dilokasi yang katanya sih pelosok.

Diberika tugas ke lokasi yang belum pernah gue lihat sebelumnya adalah seperti mimpi. Membayangkan bagaimana keadaan desa yang nantinya akan gue tempatin bareng temen-temen gue. Gue sampai sibuk browsing soal desa kecil di ujung pulau Jawa ini. Tulis gue di search engine google : Kecamatan Cibitung, Pandeglang, keadaan sekolah disana dan sebagainya. Tentunya gue mendapatkan (nggak) banyak informasi yang mengulas keadaan disana. Mungkin karena nggak terlalu dikenal.

Sudah tidak heran lagi, jika gue mendapatkan foto tentang mirisnya pendidikan disana. Ke sekolah harus melewati jalur yang terjal dan berlumpur. Menyebrangi sungai dengan kayu seadanya. Ini kayaknya bakal jadi perjalan yang gila dan seru deh! sekaligus memperihatinkan tentunya. Gue semakin tidak sabar untuk bertemu dengan murid-murid polos disana yang masih semangat dalam menuntut ilmu. Gue melihat jelas diwajah mereka yang terpampang di media online.



Sedih rasanya, gue harus ninggalin rumah juga. Kucing gue yang bikin gue khawatir. Gue harus titip kucing kesayangan gue ke Om gue biar gue bisa tenang ninggalin rumah selama 2 minggu. Abang gue kurang telaten ngurusin kucing gue. Apalagi nyokap lagi keluar kota, jadi gue pusing sendiri. Dari pagi, gue masih prepare barang-barang yang belum kebeli

Pukul 4 sore gue udah chatingan sama Ka Linda, kebetulan doi ngekos disekitaran UI. Gue janjian untuk berangkat bareng ke parung karena harus melupakan si mijo sejenak dan pesen gojek sampe stasiun depok baru. Huh, mata gue udah meleleh aja nih, berat banget kayak mau ditinggal merantau 5 tahun #halah

Jam 5 sore gue baru kelar prepare tambahan, dan pesen gojek. Nggak lama si abang gojek dateng dan bertanya
 “Mbak mau pulang kampung?”
“Wah nggak bang, mau ngajar di banten”
“Oh KKN gitu ya mbak?”
“Mirip sih bang, tapi saya ikut komunitas Banten Mengajar, komunitas independent gitu”

Akhirnya ngobrol ngalor ngidul sampe dia ngetes ilmu agama gue. Entah lah, kayaknya si tukang gojek ini ingin berdiskusi soal islam jaman sekarang jadi lanjut aja.

Jam 06.00 gue ketemu ka Linda. And here we go kita berangcutz  ke Bogor naik Commuter Line. Selama perjalanan hujan besar mengguyur kereta gue. Untungnya sih bawa payung. Jam 7 malem kita sampai di Bogor, sambil menunggu hujan reda kami duduk-duduk di stasiun. Karena kelamaan, akhirnya nekat jalan kaki nyari angkot ke Parung. Dan sampai basecamp Parung jam 9 kurang hahaha.

Ternyata udah banyak yang dateng, ada Ka Hilmi, Eka, Ka Lili, Nadia, Bela, dll deh. Trus ditawarin makan nasi warteg. Sekitar jam 10 malem kami diarahkan untuk ngumpul di aula yang biasa jadi tempat kumpul.  

Tipikal anak remaja banget, setiap lagi ngumpul sama anak GBM pasti bercanda-canda sampe disinisin sama Bang Fauzan, ketua pelaksana acara ini, huahaha. Kita semua udah mulai tenang, dan acara di buka oleh Bang Fauzan. Saat itu kami diarahkan untuk memilih orang yang cocok jadi ketua tim. Banyak yang menyebutkan nama Bang Kholiq, Ka Hilmi, dan Andre. ada satu orang yang milih Bang Ishaq. Orang-orang tersebut dipilih untuk maju kedepan.

Gue masih nggak ada pikiran kalo ini adalah tim yang sesungguhnya akan dikirim ke Banten. Masing masing calon ketua memilih wakilnya. dan saat itu Bang Ishaq milih gue!. Ada perasaan kaget juga, soalnya gue nggak menonjol diantara yang lain, jadi nggak mungkin banget deh, Masa gue? tapi dilain sisi gue mau karena kapan lagi dapet kesempatan yang sama? pasti penuh tantangan. Tapi gue meragukan diri sendiri, Akhirnya gue tanya sama Bang Ishaq di depan temen-temen satu Aula.

"Alesan lo apa Bang, milih gue?" #eaakbangetgaktuh, seruangan rame gara-gara gue nanya kayak gini. berasa lagi ditembak ama gebetan gitu, haha.
Sontak seruangan rame "CIEEEEEEEEEEE, KIW KIW"
"Ya ngga tau sih, soalnya gue belom pernah satu tim sama lo, jadi pengen ngerasain" jawab Bang Ishaq sedikit meragu
"Hmmm, oke" Gue pun bangun dan duduk di belakang doi

Akhirnya gue maju, dan disini gue merasa aaargggh, Lo seriusan Han?

Gue langsung merasa satu ruangan ini kayak menatap "Demi apa grup lo isinya orang yang ga keliatan gitu kemampuannya?"

Satu persatu milih ketua yang lain, dan jelas kelompok gue dapet orang-orang yang emang gue dan 
Bang Ishaq tentuin, bukan keinginan mereka sendiri. Gue pilih Aini yang emang udah kenal dan tau kemampuan doi waktu satu grup. Gue Juga milih Niken jadi bendahara. As far, gue pun nggak tau Niken seperti apa tapi dia fine-fine aja sih masuk grup gue. Sisa terakhir, Ka Iying yang hari itu belom dateng.

Gila, ini grup mau jadi apa. seriusan ini? Tapi kali itu gue melupakan kemampuan gue sendiri, gue terlalu nyaman di zona comfort. Demi apapun malam itu ada pergolakan batin. Antara gue yakinin diri sendiri bahwasannya gue bisa dengan kelompok kayak gimana pun keadaannya. Disitu gue diem aja, Pikir gue bakal satu kelompok sama Ka Maki tapi dia memilih sama Ka Hilmi, ah yasudahlah. 

Bang Fauzan udah merasakan gejolak yang ada di kelompok gue, tapi dia berusaha menenangkan dengan mengatakan "Grup yang kurang panas ya ini, kalian ini karena belom deket aja, ada beberapa yang pecah sama temen deketnya, dicoba dulu"

Oke gue menenangkan diri, dan gue liat diraut wajah Bang Ishaq pun sama kayak gue. Gue rasa dia nggak siap banget. keliatan wajahnya gelisah. gue hampir mau nyalah-nyalahin dia 
"lu kenapa deh milih gue jadi wakil bang?"
"ya ngga tau gue juga, soalnya gua belom pernah sekelompok sama lo"
Bang Fauzan berpesan, kalo masih ada yang mau dibicarakan nanti bilang aja. Bisa dipikirkan lagi. dan Malam itu selesai sudah ngumpulnya.

Hari Sabtu , 30 Januari 2016

Semaleman Gue gelisah, ngerasa nggak siap dengan apa yang gue terima, tapi gue keingetan lagi sama masalah yang sama yang pernah gue hadapin saat gue dulu masih SMA. "Apa lo masih mau kalah dengan masalah lo Han? dulu waktu SMA lo pernah kayak gini, mundur sebelum berperang, ragu-ragu itu yang bikin semua kerjaan lo malah rusak waktu itu. kesalahan lo sendiri. nggak usah cari kambing hitam, harusnya lo tunjukin kalo lo merasa orang lain meragukan lo, lo bangkit dan tunjukin lo bisa" batin gue saat itu.

Gue masih naik turun kadang cuek kadang kepikiran, dan pagi ini gue kepikiran lagi. Bisa nggak ya? Gue ngobrol sama Ka Maki disela-sela jam Olahraga pagi. Doi malah bikin gue jadi dilema 
"Ka, gue takut nggak bisa deh, grup gue masih muda semua"
"Gue sih nggak mau nyusahin diri sendiri Han, makanya Gue milih Ka Hilmi"
Oh ya badewai, Ka Hilmi diantara kami paling senior, jadi semuanya banyak yang kepengen sama doi. That's aarrrghh, parah, Pikir Gue masih ada waktu beberapa jam untuk pindah grup. tapi ini bakal ngacauin semuanya. Gue tahan akhirnya.

Selesai Olahraga dan makan bareng di Aula, gue duduk dibangku luar kamar, saat yang lain sibuk mandi dan prepare untuk nanti sore. gue dengerin musik untuk menenangkan pikiran. tiba-tiba Ka Hilmi dateng dan duduk disamping gue.

"Lo kenapa sih Han? Gue merhatiin lo dari semalem kayaknya lo murung banget"
"Gue takut nggak bisa Ka, Gue lagian narsis banget ya mau aja ditawarin jadi wakil"
"Lah kenapa? apa yang lo takutin? semuanya punya ketakutan yang sama, tapi lo nggak tau Han. Lo mikir gue lebih baik gitu dari lo? nggak juga. Gue juga takut tapi nggak nunjukin. Lu pikir gue mau jadi ketua gini, tapi ya jalanin aja."
"Lo tuh belom tau sifat asli semuanya. Orang yang lagi posisi kayak naik gunung atau dalam hal sulit baru keliatan ego masing-masing. ada yang sok ngatur lah, bla bla. belom tentu kalo hari ini gue baik-baik aja, bisa aja pas disana gue malah galak karena keadaan. Gue yakin lo malah yang ngebawa temen-temen lo nanti" lanjut Ka Hilmi.
"Hmmm, tapi ka, menurut gue ini nggak ada yang senior. huft iya sih gue sadar, gue terlalu liat rumput tetangga. Belom tentu apa yang gue pikirkan itu benar"
"Nah iya Han, kalo emang lo merasa yang lain menganggap lo gitu, ya tunjukin aja kalo ternyata lo bisa"

Obrolan ini yang akhirnya menguatkan gue. 180 derajat gue merasa lebih baik dan yakin bisa, siang gue ketemu sama Bang Ishaq dia merasakan hal yang gue alami. Dia merasa beban banget jadi ketua, gue berusaha ngasih pengertian ke dia kalo kita bisa lewatin ini semua. intinya jangan liat rumput tetangga. belom tentu yang kita lihat baik beneran baik.
Pukul 19.34 kami semua berangkat bersama panitia penggerak dengan menunggangi mobil tronton swaan Tentara. Gue duduk didepan dan pastinya angin masuk berhembus dengan kencang dan menabrak tubuh gue melalui celah-celah besi. Tapi karena lelah, Gue sudah tidak peduli dengan keadaan yang Gue alami, haha.

Pukul 03.00 WIB kami sampai di Pasar Cibaliung. Pasar ini merupakan pusat kota terdekat dari Kecamatan Cibitung. Kami harus menunggu sampai matahari terbit untuk melanjutkan perjalanan menggunakan mobil offroad, mengingat kondisi jalan yang berlumpur, berbatu-batu dan licin. Jadi tidak mungkin meneruskan perjalanan menggunakan tronton.

Pukul 10.20 kami sampai di kediaman Pak Udi di Desa Kiarajangkung. Ternyata rumah Pak Udi adalah rumah yang akan kami huni selama penempatan 2 minggu. Alasannya, karena rumah Pak Udi lebih baik dan lumayan dekat ke Sekolah. Kami disambut hangat oleh warga sekitar. Tak lama mengantarkan kami, panitia penggerak dan teman-teman yang lain berpamitan meninggalkan kami untuk melanjutkan perjalanan ke tempat penempatan masing-masing.

Rumah Pak Udi lumayan besar, malah jauh dibawah ekspektasi gue yang bakal dapet rumah horor. Kami telah disiapkan satu kamar yang nantinya akan diisi oleh 4 orang cantik yaitu Gue, Niken, Aini, dan Ka Iying. Berhubung Ka iying belum ikut rombongan hari ini, maka kami hanya bertiga dan Ka iying akan menyusul di minggu berikutnya. Ketua tim kami, Bang Ishaq ternyata tidur di kamar anak pertama Pak Udi yang penampilannya wow cantik, haha. karena ranjangnya dilengkapi dengan kelambu pink, manis ya? hehe.

Suasana rumah begitu hangat, dimana Pak Udi dan istrinya Ibu roh sangat ramah kepada kami. Kami merasa menjadi bagian dari keluarga yang telah hilang #halahlebay. Oh ya, badewai Pak Udi ni memiliki 2 anak yang sudah besar. Pertama Ka Dini yang sudah kuliah dan yang kedua adalah Eneng yang masih duduk dibangku sekolah menengah pertama.

-dan cerita sesungguhnya akan dimulai, to be continued-

No comments