Backpacking to Jogja-Banyuwangi-Bali Part 2

5 comments
Cerita perjalanan gue masih berlanjut, dan klimaksnya di Banyuwangi ini memang. So, baca terus deh ya bagi yang mau, haha. #apasih

Tanggal 15 Juli 2016

Welcome to Kawah Ijen
Seperti yang udah diceritakan di part sebelumnya kalo gue sampe di stasiun karang asem dan lanjut ke guest house yang jaraknya 1 km dari stasiun. Oh ya, kita karena bertujuh jadinya dibagi rata untuk penyewaan motor jadi Rp.86.000/orang digabung sama patungan bensin jadi Rp. 100.000/ orang. Sebenernya sewa motor cuma Rp. 75.000. Di pagi hari ini kita istirahat dulu, selesai sholat subuh ada yang rebahan di karpet yang disediakan sama Mas Lus, main hape sambil wifi-an, ngobrol, dan mandi juga. Sambil menunggu matahari terbit dan berangkat langsung ke tujuan pertama kami : Taman Nasional Baluran.

Gue dan Deby udah mandi, yalah kita nggak mandi dari sore kemaren kan, karena ada di bis seharian lanjut lagi kereta-an haha. Yang lain sih males mandi katanya, mau kelayaban juga. Jam 06.30 gue udah laper, kebetulan sebelah rumah jualan mie rebus pake telor. Yasudah kita pesen deh 2. Anak-anak yang lain ditawarin nggak mau, mungkin maunya makan nasi nanti diluar. Gue sama Deby sambil nunggu mie jadi ngobrol diteras berdua cekakakan nggak tau diri, ya kebiasaan gue berasa dirumah sendiri ya gitu hehe.

Lagi santai-santai nih
Jam 07.30 kami berangkat menuju Taman Nasional Baluran. Deby dibonceng Akmal naik Yamaha X-ride, Gue dibonceng Damas dengan motor Vario, Gusrid dibonceng Fikri dengan motor Beat, dan terakhir si endut Irsyad naik motor Mio sendirian. Berbekal Gmaps, kita melaju kesana dengan Aqua 1,5 liter buat rame-rame yang dibeli di warung, sekalian nemenin anak cowonya makan nasi pecel.

Jalanan Banyuwangi itu nggak crowded. Jalannya sepi, terkadang sesekali truk besar lalu lalang karena akan memasuki Pelabuhan Ketapang. Buat yang pengen liburan dengan suasana sunyi ya enak disini sih. Jalan menuju Taman Nasional Baluran memang banyak melewati pinggiran laut, jadi pemandangannya indah banget. Didepan mata terlihat Gunung Baluran menjulang tinggi dan di sebelah kanan tampak laut selat bali yang tenang, juga di sebelah kiri terdapat gugusan bukit yang hijau.

Sekitar jam 09.26 kami sampai di Taman Nasional Baluran. Jalanannya sedikit becek, sisa hujan kemarin sepertinya. Cuaca hari itu cukup cerah dengan udara sejuk yang berhembus. Sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Baluran, kami membeli tiket masuk seharga 15.000/orang dengan biaya motor 5000/motor.


"Oh ya mbak, nanti kalo bawa motor jangan lewat pinggir, malah licin. mending lewat becekan aja" kata petugas ke gue
"Oh iya pak, sip"

List tarif masuk Taman Nasional Baluran

Perjalanan menuju savana bekol yang terdapat di Taman Nasional Baluran ini sekitar 5 km. Namun karena jalanan yang rusak, berlubang dan becek, maka perjalanan ini memakan waktu hingga 30 menit untuk dapat melihat padang rumput yang luas dengan binatang liar yang berkeliaran. Sesekali melihat sekelompok kupu-kupu cantik yang berterbangan di sepanjang jalan. Hutan di sebelah kanan dan kiri kami cukup lebat, beberapa kali gue melihat burung hutan yang hinggap di dahan-dahan pohon. Ada area Evergreen, dimana hutan tersebut hijau sepanjang tahun. Di sepanjang jalan gue ngobrol sedikit dengan Damas di motor, untuk mengusir kebosanan selama perjalanan.

Gunung Baluran terlihat dari Savana Bekol

Sekitar pukul 10.11 kami sampai di Savana Bekol, gak sesuai harapan sih. Masih sering hujan, jadi savananya kurang coklat karena subur. Feel Afrikanya kurang dapet aja, but it's so cool. Disini kita banyak foto-foto sih haha. Kebetulan ada tukang eskrim, si Irsyad udah jajan lagi aja. dasar endut, haha.

Orang-orang peak lagi foto nih

Puas foto-foto di savana bekol, kita lanjut motoran menuju pantai bama. Pantai ini terletak di ujung timur Pulau Jawa. Pantainya nggak luas, garis pantainya pendek dan berbatu. Kebetulan saat itu air laut sedang surut, maka banyak yang main air hingga jauh dari bibir pantai. Oh ya, disini banyak banget monyet, mereka jago banget berenang dan pada loncat dari atas pohon bakau lho. Waktu menunjukan pukul 12.00, kami tidur-tiduran aja di pasir untuk melepas lelah. Saat itu juga ada bule bule cantik dan seksi dari Belgia, mereka lagi berjemur cantik.


Dekil abis berjemur

Yang lain sih pada kecapekan kali ya, jadi rebahan aja di pasir. Beda sama gue, tidur sebentar trus nyari spot foto bagus tapi nggak nemu nemu, jadi keliling sedikit di sekitaran Pantai Bama. Sekitar jam 2an kita siap-siap balik, gue lagi pake sepatu di belakang gue banyak monyet-monyet mengintai, Tiba-tiba Deby yang lagi bawa tisu ditangannya mau diserang sekelompok monyet, reflek dia lempar tisue ke gue yang lagi masang sepatu di kaki gue. Monyet-monyet itu beralih mau nyerang gue, dan gue teriak-teriak "Arrrghhhh argghh,arghh" tisue tadi reflek gue lempar lagi entah kemana, random pokoknya. Si monyet monyet itu beralih ke tisue yang gue lempar, dan gue lari menjauh dari tempat gue tadi. Sepatu gue yang satu masih stay disitu, dan gue parno abis. Damas nolongin gue sih, ngambilin sepatu gue hahaha.
Berjemur

Anak-anak yang lain rese abis, malah godain gue pake niru-niru teriak. Kampret lah, hahaha. Dijalan pulang gue liat banyak sekawanan monyet dan rusa yang sedang mencari makan di savana. Ditengah savana lebih jauh juga terdapat sapi hutan yang hitam legam, entah mungkin itu banteng. Sejenak kita berhenti lagi, ada spot foto yang tadi terlewat di Savana Bekol : Ikon Taman Nasional Baluran.

Ciye bergaya :p

Kita lanjut lagi motoran sampai depan pintu masuk Baluran, dan azan ashar sudah berkumandang. Sebelum pulang, kami sempatkan diri untuk sholat di mushola. Pukul 16.00 kita langsung cabut menuju homestay. Btw kita juga belom makan sih jadi laper banget. Sambil iring-iringan motor Irsyad ngajakin ke gue dan Damas.
"Laper nih, makan yuk" mukanya melas gitu.
"Udah laper ya? haha. yaudah mau makan apa?"
"Apa aja terserah"

Lalu motor akmal berada disamping motor yang gue naikin, ngajakin makan juga. Tapi si Deby minta nasi padang. Entah bakal ketemu atau nggak, soalnya agak susah disini nyarinya. Jalanan banyuwangi tumben banget macet banget sore ini. Ada event besar yang lagi berlangsung di Kota Banyuwangi, arak-arakan gitu. Seru sih liatnya, kesini bisa liat tradisinya langsung.

Sampe maghrib keliling-keliling nyari nasi padang, gue hopeless banget. Semuanya udah laper parah, yang penting makan deh apa aja jadi. Gue saranin buat ganti makanan yang ada aja, akhirnya kita cari makanan lain. Pengen pecel ayam/lele tapi lanjut jalan terus, belum jodoh. Sampe akhirnya berenti di warung makan yang bagus ada lesehannya gitu. Lalu si mbak-mbak ngasih menu makan dan nggak ada harganya. Gue tau banget ini trik nakal pedagang yang suka nembak harga, makanya gue tanya aja ke mbaknya "Ini paket ayam brapa mbak? nggak ada harganya?". trus dia berunding dulu buat nentuin harga kayaknya. Ah ga beres nih, masalahnya gue gamau buang-buang uang buat makanan yang gajelas gini. Anak-anak gue suruh pindah warung aja, biar beli satu aja biar nggak bete-bete banget yang punya warung. Ya bayangin aje nasi ayam goreng 17k sedangkan ayam kampung 25k.

Gue pesen yang paket 17k, ayam biasa.
Pas udah mateng gue tes lagi mbaknya "brapa nih mbak harganya?"
"25 mbak, ayam kampung"
"Lho kok 25? kan saya mintanya ayam biasa"
"eh iya mbak 17k"
Kampret abis ini mbaknya -_-". Pokoknya pengalaman deh, kalo udah masuk ke warung makan yang daftar menunya nggak ada harganya, siap-siap diporotin ama yang punya warung.

Akhirnya kita makan nasi goreng dan capcay dipinggir jalanengan rasa yang lumayan enak dan harga standar. Nasi goreng seharga Rp 8000/porsi, tahu petis Rp 5000/porsi. Akmal waktu itu pesen Nasi sama capcay trus digangguin sama anak-anak. Gue juga nyendok punya dia, akhirnya dia lepehin capcaynya di piring trus dimakan lagi, yiakksss jorok haha. Setelah berkenyang-kenyang ria dan di balut kelelahan, kami memutuskan untuk kembali pulang ke homestay dan pada boboan lucu juga ada yang mandi buat persiapan nanti malem mendaki ke Ijen

Skip yaw....

Pukul 23.30 kita gelap-gelapan berangkat ke Ijen, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Sepanjang perjalanan, jalan kami diterangi dengan bulan purnama dan bintang-bintang yang menghiasi langit. Semakin jauh perjalanan udara semakin dingin menusuk dan jalan menanjak curam. Di salah satu pos yang memasukin kawasan ijen, kami dikenakan tarif Rp. 3000/orang. Gue beli masker juga 3 pcs seharga Rp. 10.000 Pas banget jam 01.00 sampai di Pintu masuk ijen kami dikenakan tiket masuk Rp. 5000/ orang. Udara saat itu dingin banget, mungkin dibawah 10 C. Kita langsung mendaki berbekal Aqua 1,5 liter, Good time coklat seplastik, satu headlamp dan bantuan senter handphone. Jangan ditiru deh perlengkapannya haha.

Tanggal 16 Juli 2016,

Sampai puncak sekitar pukul 03.00 pagi, kami dihadang oleh sejumlah penyewaan masker khusus. Masker ini yang biasa digunakan oleh anak-anak streetart, pengguna pilox. Ini digunakan agar hidung kami terjaga dari gas belerang yang menyengat. Harga sewa masker ini mahal Rp25.000. Padahal kalo sewa di tempat Mas Lus cuma Rp. 15.000. setelah semua menggunakan masker sewaan, kami langsung turun menuju kawah dengan blue fire nya dengan jarak 700 meter. Tentunya dengan melewati jalan bebatuan curam dan jurang yang menghadang di samping kanan-kiri.

Menghangatkan diri di sebelah api unggun

Sekitar pukul 04.00 kurang, kami sudah bisa melihat blue fire yang menyala di kegelapan dalam jarak 300 meter. Mirip api kompor tapi besar, haha. Tiba-tiba hujan deras mengguyur puncak ijen. Kami nggak membawa jas hujan sama sekali, dudul abis deh. Fix kita kehujanan. Beruntung didalam tas ada plastik untuk menyelamatkan HP kami. Gas belerang menyeruak kesegala arah. bikin hidung pedas. Gue sendiri nggak bisa nafas dengan lega. Semua teriak buat balik ke atas

"Oi kita balik aja keatas, blue firenya ke tutup. bahaya" gue gatau ini siapa yang ngomong. gelap men.

Rasanya udah mempertaruhkan hidup dan mati deh. senter HP udah nggak bisa digunain karena hujan turun. Pake headlamp gue juga nggak ngaruh, hujan deras membuat sorot lampu headlamp gue redup. Jadi, kami bertujuh jalan menyusuri batu-batu yang basah sambil gelap-gelapan. Kami hanya mengandalkan lampu senter dari pengunjung lainnya yang juga sedang lalu lalang menuju blue fire. sampai diatas puncak pukul 04.15 pagi. Kami semua kedinginan, karena baju kami sudah basah. Biar nggak dingin-dingin banget kita ngemil goodtime. Niatnya mau liat sunrise disini, tapi nggak mungkin banget kan karena ujan. Akhirnya kita pulang, kembali ke pos.

Ojek Gunung
Saat diperjalanan kembali ke pos, langit mulai terang meskipun berkabut. Gue ngeliat ada edelweis yang masih kuncup disela-sela semak belukar. Oh ya, disini ada ojek gitu tapi bukan ojek motor ya, haha. jadi ojek ini seperti tuas yang buat ngangkut batu, tapi ini digunakan buat orang-orang yang males jalan ke pos
Kami sampai di pos pukul 06.00 pagi, beberapa orang terlihat sedang menghangatkan diri didekat api unggun. Damas dan Gusrid udah duluan sampe bawah, disusul Gue, Fikri, Deby dan Irsyad. Masih ngobrol-ngobrol santai, kami foto-foto deh dan bikin video singkat haha.



Hujan gerimis berubah menjadi hujan deras. Kami ingin pulang nggak bisa, so kami neduh diwarung kopi. Karena kita nggak banyak bergerak jadi semakin dingin, apalagi kami habis kehujanan. Si Fikri sama Gusrid kasian banget, mereka kedinginan sampe menggigil. Gue curiga si Fikri hipotermia sih, takut aja. Soalnya badannya udah kaku gitu dan disiram air panas dia nggak ngerasa apa-apa, haha. tangannya udah keriting gitu, kata anak-anak kayak orang stroke, hahaha. "eh fikri, lo kayak orang stroke begitu hahahaha" semuanya ketawa rusuh. Trus si Fikri sempet sempetnya ngacungin jari tengah meskipun susah dan keriting tangannya. Sambil nunggu agak reda, kami pesan mie rebus seharga Rp 10.000 dan teh hangat seharga Rp 4000.

Jam 9 hujan masih belum berhenti, kami makin kedinginan. Gue takut malah semuanya jadi sakit, terutama gue sendiri dan deby yang masih akan melanjutkan perjalanan menuju Bali sore ini. Tadinya cowok-cowok yang bawa motor nggak mau balik, takut kedinginan. Padahal, kalo dibawa jalan malah nggak dingin, soalnya air hujannya lebih hangat daripada diam nggak ngapa-ngapain. Akhirnya kami paksain buat tetep pulang. kita bawa motor lebih santai, karena nungguin motor Gusrid sama Fikri yang kebetulan mereka ini sakit bareng dan semotor. kita beli jas hujan seharga Rp. 10.000.

Sampai di homestay pukul 11.00. semuanya gantian mandi, persiapan solat zuhur juga ada yang boboan dulu main hape dan juga siap-siap packing untuk pulang. Jam 15.00 semuanya baru pada bangun deh dan bersiap untuk pergi ke Alun-alun banyuwangi. Yep, Gue dan Deby akhirnya nggak jadi ke Bali sore ini, nanggung sih bisa malem mingguan bareng sebelum pulang ke tujuan masing-masing, haha. Kebetulan banget pas keluar rumah terlihat arak arakan anak yang sedang berada diatas ogoh-ogoh. Menurut warga sekitar, anak ini habis di sunat jadi dia minta diarak keliling kampung. Suasana meriah banget, ada semacam marawisnya yang menuntun dibelakang ogoh-ogoh
Kemeriahan arakan pengantin sunat


Kami berencana untuk cari makan sore, sebelum pergi ke Alun-alun. Akhirnya kita cari makanan khas Banyuwangi, yaitu Sego Tempong. Setelah tanya-tanya warga sekitar, kami diarahkan ke Sego Tempong yang terkenal didekat homestay kami. Enak sih, sayang kemaren nggak sempet foto nasi tempongnya. Isinya sih ada nasi yang dilengkapi dengan bakwan jagung juga sayuran rebus seperti bayam, kangkung, kol dan irisan timun segar lalu disiram dengan sambal khas yang sepertinya sih sambal mentah. Lauknya bisa ditambah dengan apa aja, bisa ayam, kepiting, ikan dan telur. Pokoknya enak deh sambalnya mengusir kepusingan haha. Gue sih makan cuma nambah lauk ikan bandeng disayur, cukup Rp. 15.000 include teh anget dan nasinya buanyak, kalo yang lainnya nggak tau, haha. Setelah makan selesai, kami menuju Alun-alun dan Sholat maghrib dulu di Masjid Agung Banyuwangi

Sego (Nasi) Tempong Mbok Wah Terkenal di Banyuwangi
Nama Alun-alunnya Taman Sri Tanjung, tamannya rapi dan bersih. Banyak yang main balon dan sekedar duduk-duduk ditaman. Anak kecil juga berlarian sana-sini. Kota yang tidak terlalu ramai dengan segala kesibukannya. Damai banget. Si Damas sama Irsyad malah keliling-keliling nyari pokemon. Akmal foto-foto sekitar Alun-alun. Jam 19.30 kami memilih berkeliling sambil kembali pulang, melewati pasar dan Taman Blambangan. Iring-iringan motor kami mencar, karena Gue sama Damas nggak ngeh yang dibelakang ga ngikutin kita. Jadi janjian aja ketemu di homestay. Kita berdua sempet mampir ke Alfa beli minum dan kebab sebentar lalu langsung pulang.

Alun-alun Banyuwangi

Ah sedih banget rasanya, waktu cepet banget berlalu. Kayaknya ngga mau pisah banget sama mereka ini, seru semua gokil gila. Perjalanan 2 hari satu malem ini berasa seminggu lamanya, karena kita bareng terus kemana-mana. Jam 21.00 Gue dan Deby ikut anter mereka ke Stasiun Karang Asem. Gue sama Deby minta izin sama Mas Lus buat nginep lagi sampe besok pagi biar nyebrang ke pelabuhan besok dan di izinin. Malam ini udah nggak ada kendaraan umum yang lewat. Kami juga dicariin mobil avanza sama si Ibu yang mengelola homestay. Kebetulan sih ketemu sama 2 cewek yang juga nginep di homestay dan mau ke Bali juga besok, jadi kita bareng deh biar bisa share cost dengan patungan Rp 37.500/orang.

Tanggal 17 Juli 2016
Pelabuhan Ketapang di Pagi Hari

Pukul 06.00 pagi kami sudah sampai di Pelabuhan Ketapang, isi biodata lalu beli tiket kapal. Oh ya sekarang masuk ke Pelabuhan sistemnya mirip commuter line gitu, lo ngetap kartu yang nanti dibalikin ke petugas pelabuhan. Rapi dan masi sepi pagi itu. harga tiket kapal hanya seharga Rp 6000 untuk menyebrang ke Gilimanuk. Yeah, perjalanan kami selanjutnya adalah Bali!

Welcome to Bali !!!!

5 comments

  1. wih , cerita yang keren mbak hany ... salam kenal (:

    ReplyDelete
  2. Kak bisa mnta cp ? Mau tanya2 ttg rute ke banyuwangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Trina, bisa kirim email aja ke febriana.ah@gmail.com. Sorry slow respon, kalo masih pengen tanya tanya bisa kok :)

      Delete
  3. salam kenal mbak hani , btw ceritanya bagus heheheh

    ReplyDelete