Travelling Ultra Light : Explore Bandung 2 Days 1 Night

4 comments

Semakin lama travelling menjadi hobi Gue yang nggak boleh terlewat. Sejujurnya travelling kali ini bukan travelling yang terencana. Bener-bener dadakan. Travelling kali ini nggak ditemenin Deby, Gue ditemani oleh Mila, selaku sponsor penginapan jalan-jalan kali ini, hehe.

Sekitar bulan Oktober awal, Mila chat personal gue kalo dia mau nonton konser Lalala Fest di Taman Grafika Cikole, Lembang. Dia butuh temen buat ke Bandungnya, dia bilang mau pesenin hotel. Hmm, awalnya gue nggak kepikiran juga pergi ke Bandung deket-deket ini, apalagi sekarang musim hujan dan gue lagi proses recovery keuangan setelah pulang dari trip Jogja-Banyuwangi-Bali kemarin. Kapan lagi kan dibayarin penginepan? hehe. sebelum mengiyakan tawaran Mila, gue cek tempat wisata andalan di Bandung. Karena gue pecinta alam, jadi pilih yang alam-alam aja.


Melihat beberapa destinasi wisata Bandung yang oke punya, gue tertarik untuk mengunjungin Situ Patenggang yang terletak di Ciwidey, Bandung Utara. Gue teringat film My Heart jaman gue SD yang lumayan sukses bikin gue mewek karena ceritanya yang agak sedih gitu. Seinget gue latarnya emang Situ Patenggang. Waktu di Film itu sih, yang gue inget syahdu banget dan menenangkan tempatnya. Oke gue langsung cek maps dari laptop Gue. Mila udah ngasih tau gue kalo kita akan menginap di Pondok Patradisa yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Bandung.


Jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Bandung ternyata, hfffh. jaraknya sekitar 50-60km. Ini sih kayak gue berangkat dari Depok-Kalideres plus macetnya haha. Untungnya Bandung kalo udah masuk soreang lumayan adem. Gue agak ngegampangin sih, karena pikir gue kalo udah niat mau sejauh apa juga bisa dijabanin. Cek destinasi terdekat, ternyata dekat sama Kawah Putih. Duh, galau deh Gue. Ke Kawah putih atau Situ Patenggang?Ah yaudah, Gue jadinya ke Kawah Putih aja, abis Situ Patenggang cuma danau aja. Oke, liat sikon aja.
Beberapa minggu belakangan gue mulai irit-irit uang jajan biar ada uang untuk pergi ke Bandung. lumayan ada tambahan hehehe.Seminggu sebelum keberangkatan, gue searching di internet rental motor. Gue lebih baik keluar uang langsung 100 ribu plus bahan bakar tapi bisa keliling semau gue daripada gue naik angkutan umum yang udah pasti lebih mahal dan gabisa naik sesuka kita, hehe. Gue dapet rental motor dari save rental motor dengan motor Vario lama dengan harga sewa Rp. 80.000/hari.

Hari keberangkatan, 5 November 2016

Gue ngaret, semalem gue baru sampe rumah jam 9 malem dari rumah temen kuliah gue, Evita. Jadi kurang tidur gitu, haha. Gue bangun agak kesiangan, belom prepare. tapi gue santai sih nggak bawa yang macem-macem juga. jam 05.55 gue baru jalan dari rumah pake Gojek. Mila udah nelponin gue terus, hahaha. Jam set 7 baru berangkat dari Depok menuju Bandung naik Aya Travel. Harga Travel mahasiswa hanya Rp. 65.000/orang menggunakan fotocopy KTM.

Agak macet jalan menuju exit Pasteur, udah janjian sama rental motor di taman sari jam 09.00, ternyata jam 10 lewat baru sampe. Kasian juga sih mas nya udah nunggu sejam. Kantor mereka jauh pula di Antapani. Temen Mila udah jemput juga, gue emang berpisah saat sampai Bandung, dia langsung caw persiapan ke Cikole. Gue? ya langsung cus sendirian ke Kawah Putih. Sebenernya temen yang di Bandung ada juga, tapi mereka sibuk. Gue sih nggak ambil pusing, gas aja terus mau ada temen atau nggak.


Gue dikasih tau sama mas yang sewain motor patokan menuju kawah Putih. Dia saranin gue buat lewat Gedung Sate. Sampe di Flyover Ibrahim adjie gue nanya lagi, lewat leuwipanjang dan akhirnya belok ke arah Kopo. Lurusss terus sampe Gue berenti di pom bensin Soreang dan sholat disana. Setelah itu Gue lanjutkan lagi perjalanan sampai di Ranca Bali jam 13.45, Gue berenti dan makan nasi padang. Bagi Gue, nasi padang adalah makanan andalan ditempat yang belom pernah lo kunjungin. Karena seenggak enaknya itu masakan, masih bisa dimakan, haha. Makan cuma Rp. 12.000 pake telor dadar dan Teh tawar panas. Pukul 14.10 gue jalan lagi menuju Kawah Putih, dan sampai sana pukul 14.45. Segera Gue parkirkan motor dan helm harus di titipin, wadefak?!! hh yaudah lah, satu aja yang gue titip. Biaya masuk Kawah Putih lumayan euy, Rp. 35.000, Mungkin karena gue dateng saat weekend yah. memang biaya itu include mobil angkutan menuju lokasi yang jaraknya sekitar 5 km.


Di angkutan gue bertemu dua laki-laki yang sepertinya berangkat dari Jakarta. Gue agak sedikit mendengar mereka ngobrol menggunakan bahasa anak jakarta banget. wah ada temen nih.  Gue pun memberanikan diri menyapa mereka

"Hai, kalian dari mana?" tanya gue
"Dari Jakarta sih. sendirinya?" jawab salah satu diantara mereka.
"Ohya? Jakartanya mana? Gue dari Depok"
"Tebet sih. Sendirian aja?"
"Iya, haha. Sendiri gue. Eh kenalan dulu dong, Gue Hani" seraya gue menjulurkan tangan gue menyalami salah satu dari mereka
"Sigit" salamnya, dia pakai kaos oblong warna ijo lumut gitu
"Zaka" Jawab temen satunya yang pakai jaket dongker berompi coklat
"Lu pegang kamera, nanti nggak ada yang fotoin dong?" Tanya Sigit. wah bagus juga idenya, padahal gue minjem kamera cuma niat hunting aja sih.
"Wah boleh juga kalo sama kalian. Kalo Gue joinan gimana?"
"Boleh, Hannn" Jawab Zaka. Oke, dapet kenalan baru dan berangkats bareng.

Sigit, Zaka dan Gue

Gue juga sempet ngobrol sama cewek disebelah gue yang kebetulan juga touring dari Brebes pagi jam 7 cuma mau ke kawah putih trus langsung pulang lagi bareng cowoknya. Asik banget!. Gue diperjalanan menuju kawah putih hanya memandang jalan dan hutan lebat yang agak basah. Karena diatas gunung intensitas curah hujannya sangat tinggi. cuaca mulai mendung karena waktu telah menunjukan pukul 15.00. Sampai diatas 15.15 dan hujan cukup deras. Gue bertiga berteduh dibawah halte khusus pengunjung kawah putih sambil menunggu hujan reda. Ternyata diatas cukup banyak penyewa payung dengan harga Rp.10.000. Kita bingung gitu mau sewa atau nggak, karena mereka berdua juga malam ini langsung pulang ke Jakarta. akhirnya sewa deh dan langsung jalan ke kawasan kawah putih.

Sekitar 20 menit terguyur hujan rintik, akhirnya berhenti hujannya. agak merasa sia-sia gitu.



Cukup puas foto-foto di Kawah Putih mereka malah ajak Gue ke Setu Patenggang. Itu kan emang rencana awal gue haha. yaudah lah nanggung juga udah di sini dan ada barengannya, oke lets go to Setu Patenggang.



Perjalanan menuju Setu Patenggang sungguh menyenangkan. gue bisa melihat bukit-bukit lucu yang ditumbuhi perkebunan teh walini. Ahhh, bagus banget. Sigit sama Zaka motorannya lumayan ngebut untuk track yang berliku-liku gini. Tapi memacu adrenaline gue buat nyusulin mereka. Sampai di Setu Patenggang jam 17.10. Tiket masuk Setu Patenggang emang bikin lo nangis sih, soalnya 24.000 include biaya motor, belum lagi parkir 5000. Kami belom sholat jadi gue ajakin mereka  sholat dulu di mushola kecil. suasananya bener-bener menenangkan banget di Setu Patenggang. Kita naik perahu dayung dengan tarif Rp 25.000 untuk menyebrang.




Pukul 18.00 kita pergi dari kawasan Setu Patenggang untuk kembali ke pusat kota Bandung. sempet mampir di masjid untuk sholat maghrib dan gue ngecharge hp sebentar. Trus ngebut buat ngejar sampai di Bandung lebih cepat. Ternyata bener, jam 20.00 kita udah sampai di Masjid Raya Bandung tepat didepannya alun-alun berkarpet rumput sintesis. Kami bertiga sholat isya dulu dan duduk-duduk sebentar di sana. Jam 20.30 kami keluar dari masjid dan mereka katanya pengen foto-foto di tulisannya Pidi Baiq. Akhirnya gue anter mereka ke lokasi. Malam minggu di Bandung itu menyenangkan dan entah gue suka banget. Apalagi jalan asia afrika yang rame dengan banyak orang dengan sentuhan Eropa pada bangunannya.

Katanya kenang-kenangan sebelum berpisah, haha

Kita bertiga laper, sebelum balik masing-masing menyempatkan diri untuk mampir makan. Lalu kita makan Seafood karena si Sigit katanya ngidam, it's okayy. dan memutuskan makan di warung kaki lima.

"Pesen udang, cumi, kerang, sama kangkung ya. nasinya 3" kata zaka. ceritanya mau share cost malem itu. gue lagi gaenak badan jadi pesen teh manis anget satu. ada satu hal yang bikin feeling gue nggak enak sih, kalo warungnya ga naro harga di menunya. pasti bakal zonk. tapi yaudahlah.
"Han ngomong-ngomong lo jago juga bawa motor. bisa lu ngintil di belakang" Sigit memuji skill ugal-ugalan gue. Aduh bikin gue kejang-kejang aja neh. hehe
"Gue malah nggak ngantuk kalo ngebut, karena fokus. apalagi ada yang ngebut depan gue keknya gue berusaha ngimbangin gitu"
"udah sendirian, asli gabuters haha. lu gabut amat Han han"
"iyeye? gue cewek gabut amat ke kawah putih sendirian coba dari kota. berangkat gue 3 jam lho. bareng kalian jadi cuma 2 jam haha. lu juga gabut amat motoran ke Bandung trus tidur di pom bensin haha"
"kita juga dadakan ini. berangkat jam 11 malem. kalo ngga dadakan mah ngga bakal berangkat"
"wahaha, bener juga sih" setelah ngabisin makan mereka cabut. kita balik ke parkiran dibelakang masjid. pusing liat bill makan bertiga sampe 225.000 berasa makan di dcost wakaka. jadi Rp. 75.000 perorang.
"Zaka dan Sigit, thanks ya. sorry udah ngerepotin"
"Yoi Han sama sama, next time ngetrip lagi"
"Yoo ati atii!" Dan kita berpisah deh akhirnya, haha.

Seafood Yang bikin kantong kering, haha

Si Mila 2 kali nanya gue udah sampe hotel atau belum haha, tapi gue baru sampe penginepan jam 22.10. Gue check in ke penginepan pondok patridisa dan diantar kekamar terpojok di lantai 2. masuk kamar gue langsung cek kamar mandi, kurang bersih sih, tapi yaudahlah. kasur dikamar itu ada dua, berikut TV dan AC. Gue beresin barang-barang gue, ganti baju dan karena Mila bakal pulang dini hari, gue sengaja nggak kunci kamar dan gue tidur duluan, hehe.

Hari Terakhir, 6 November 2016

Pagi menjelang, gue bangun jam 05.30. Gue nggak bawa mukena akhirnya pinjem sama hotel. Setelah sholat subuh gue tidur-tiduran dikasur sambil main hape dan nyalain TV. Kebetulan Mila belom bangun, karena semalem kayaknya dia abis ujan-ujanan saat nonton konser. Well, gue keluar mau nyari rexona, sumpeh gue kelupaan bawa soalnya haha.

Maaf ya berantakan haha

Jam 09.00 Gue sama Mila udah mandi, trus kita makan bubur dideket pondok. Buburnya lumayan enak, bubur oriental gitu sih yang ga pake kuah, harga buburnya Rp 10.000. Mila juga niatnya mau beli sendal jepit karena sepatunya masih basah.



Jam 10.00 Kita check out dari penginepan. Hari ini rencananya kita mau ke Dago, Tebing Keraton. Kepo abis sama tempatnya yang terkenal hits itu. Jalanan Bandung hari itu lumayan padat, karena weekend orang-orang jabodetabek keluyuran ke Bandung. Sampai Dago jam 12.00.


Kita langsung beli tiket terusan ke Goa Jepang, Goa Belanda, beberapa Curug dan Tebing keraton. Lumayan cuma Rp. 15.000. Soalnya kalo cuma ke Tebing Keraton aja bayarnya bisa Rp 12.000. Rugi bandar kan? haha. Oh ya jangan lupa, titip helm Rp.5000 juga parkiran Rp 5000. Jalan jalan ke Bandung lebih mahal daripada explore Bali :((.


Kita jalan kaki dari parkiran menuju Goa Jepang sekitar 1km ditambah ke Goa Belanda. Suasananya asri banget, Pepohonan menjulang tinggi ditambah suara burung yang berkicau semakin membuat suasana menjadi eksotis. Mila kayaknya kelelahan emang, tapi gue pengen banget liat Curug. Masuk kedalam Goa suasananya agak spooky. Tiba-tiba dingin menusuk saat masuk kedalam Goa. Oh ya, lagi lagi ada orang yang nyewain senter Rp 5000. Keluar kocek lagi jadinya.


Goa Belanda dari dalam


Diperjalanan ke Curug kita kenalan sama Kaka dari Bandung bernama Ka Vira yang lagi jadi tour guide Bule Rusia bernama Julie. Seru sih mereka, trus Gue ngobrol sama Julie, dia bilang ini first time dia dateng ke negara asia. yaitu Indonesia. Sebelumnya dia cuma ke US, Aussie dan tentunya Eropa.

Goa Jepang

"What do you think about indonesia, Julie?"
"Many things i don't like here. You know, many people call you bule, bule. and here you like a superstar. but funny. and here always rain"
"hahaha. many people looks like idolize you"
"Yeah, and many food here so spicy. So i dont like"
Gue ketawa aja dengernya, doski agak terganggu dengan keadaan ini haha. tapi emang iyasih, orang indonesia kalo udah ketemu bule udah kaya ketemu artis minta foto, haha.

Mba Vira, Sist Julie, dua Vloger Jakarta, Gue dan Mila

Trus kami ketemu juga sama salah seorang vlogger dari jakarta, tapi gue lupa namanya. dia minta testimoni dari kami berempat. trus kita selfie deh.

Karena Mila udah kecapean, akhirnya kami mohon undur diri untuk pamit duluan dengan mereka. Jadi kita langsung ke Tebing Keraton karena takut hujan. And here We Go!


Perjalanan dari Goa Jepang ke tebing keraton sekitar 8 km. Udara semakin dingin, rasanya pengen banget teriak. Bener-bener ada diatas bukit dan bisa ngeliat kota Bandung dari atas.

Tebing Keraton euyy

Waah pokoknya puas banget deh jalan-jalannya kali ini. meskipun pulangnya kemaleman dan ada trouble sedikit pas mau balikin motor. kita pulang naik pasteur trans dengan harga Rp 80.000. oh ya, gue sempet beli oleh-oleh keripik tempe buat orang rumah dan yang support kamera : Dana, hehe.


Yuuuk jalan jalan lagi !!! Itenerarynya nyusul yaa. pokonya gue cuma abis Rp 500.000 kurang hehe.

4 comments

  1. Ajak aku jalan" dong.. seharian aja tapi wkekeeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, ayoooo kalo mau maaah :p bisa kok. ke curug aja di sentul buanyak bgt pilihannya

      Delete
  2. Han itu pesen rental motornya gmna? Mesen pas udh dibandungnya?
    Penginepan bayar berapa han?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesen rentalnya bisa langsung whatsapp ke saverentalmotor. browsing dikit udah nongol kok diatas hehe.
      kalo buat penginepan sih cek di traveloka aja, karena harganya bisa lebih murah. kemaren sih 170 ribu kalo nggak salah, hehe.

      Delete