(One Day Trip) Goes to Stone Garden And Goa Pawon Padalarang

No comments
Dua minggu lalu, Evita ngajak gue pergi ngecamp ke Curug Cilember. Gue sih gas aja, karena pikir gue ke puncak doang nggak akan abis banyak uang, soalnya deket. Tapi beberapa hari sebelum keberangkatan Evita bilang kalo temen-temennya mau menggagalkan acara tersebut. Gue sih nggak masalah kalo tetep pergi beda tujuan. Spontan aja. Biasalah, orang gabut.





"Han, keknya temen gue nggak jadi nih ngajakin ngecamp, tapi kita mah tetep gas bae aja. kemana kek" kata Evita disela sela kegiatan kuliah di kampus di hari jum'at
"Yaudah mananih? Bandung ? tapi nginep sehari" kata gue
"Terserah, maribaya bagus tuh. Yang penting lu kasih tau aja jalannya"
"Yaude gue searching dulu"
"Lu tau ga? gua ga ada duit tapi, ini cuma megang seratus pisan, hehe"
"Lah, gua aja kaga ada duit, haha. dagangan belom kejual ini haha. bisa ntar, cukup lah vit"
"Yaudah jalan aja dulu yang penting mah"
"Gue bingung sih nginep apa kagak, spontan aja yak. soalnya nyokap taunya gue mau ke puncak doang, hahaha. padahal mah puncak sonoan lagi"
"Lah gua juga haha. yaudah gas terus pokoknya"

Nah, hari kamisnya kalo nggak salah gue liat postingan foto Pak Ridwan Kamil di Instagram. Gue liat lokasi fotonya keren banget. Di captionnya sih di stone garden. Gue yang lagi gabut dikelas pun browsing "Stone Garden". Segera gue mengecek jalur menuju Stone Garden tersebut, ternyata masih di Padalarang, belom di Bandung Kotanya. Gue juga hubungin temen gue si Zaka yang gue temuin di Bandung bulan November kemaren buat nanyain bensin yang mereka abisin selama bolak balik Jakarta-Bandung PP. Ternyata kata mereka cuma abis Rp. 60.000,- ajah. itu udah sampe Lembang dan ke Ciwidey yang bisa dibilang itu dari ujung ke ujung. Ini sih dijadiin aja, haha.

"Stone garden aja vit, nih lu liat deh" Gue kasi unjuk hasil browsing, ternyata Evita suka dan jadinya besok kita langsung gas jam 6 pagi. Si Dinda pengen ikut juga padahal, tapi sayang doski sibuk mau ujian. Kalo si Anita sih terhalang sama izin. Yawes.

Skip ~

Sabtu, 17 Desember 2016

Gue biasa dah suka ngaret sikit, tapi emang karena gue kecapean semalem baru sampe rumah jam 9 malem. trus Evita udah nungguin gue di depan Indomaret Jl. Raya Bogor sekitar 10 menitan. jadi kita berangkat jam 07.00, haha. Di pagi itu Evita bilang mau bawa motor sampe sana, ga mau gantian karena pengen tau seberapa tahan staminanya untuk bawa motor bolak balik Depok-Padalarang PP. Woh yasudah, gue jadi penumpang saja hari itu.



Perjalanan kita mulai dari Jl. Raya Bogor, kecepatan motor cuma mentok sampe 70 km/jam. Motor Evita kurang panas kayaknya. Rencananya pengen berenti nanti di Masjid Attaawun, tapi kalo mager ya langsung gas terus. Gue sama Evita udah bawa bekel, Nasi + Mie goreng dan Nasi uduk + gorengan beserta Air minum 1 liter. Sebelum berangkat gue juga beli alat perang dulu di Indomaret : Salonpas dan pisang molen Rp 4000,- isi 6 pcs. Karena jalanan cukup sepi hari itu, sekitar jam 07.30 kita udah melewati Sentul sirkuit. Udara mulai sejuk, angin pagi yang berhembus dengan kencang kami lawan dengan kecepatan motor berpacu. Hamparan bukit dengan pepohonan yang menjulang tinggi sudah semakin jelas terlihat. Bukit Pelangi merupakan tempat terindah untuk melihat dataran rendah dari ketinggian sambil berkendara. Kami cukup menikmati perjalanan ini.

Sekitar jam 09.00, kami sudah melewati Taman Safari Cisarua.  Saat sampai ditanjakan yang ada tangganya gitu ditengah jalan, ada dua polisi yang memberhentikan beberapa pengendara motor. 
"Vit, stnk sim ada?"tanya gue
"Ada Han" jawab evita
"yaudah aman"
"Mbak boleh liat kelengkapan surat-suratnya?" Polisi meminta 
"Iya bapaknya misi dulu, saya mau minggirin motor. ini ditengah jalan soalnya" Evita nyuruh Pak Polisi minggir sambil nyengir. Pak polisi pun mempersilahkan. Evita langsung ngeluarin stnk dan simnya. Pak Polisi pun mengecek stnk dan simnya.
"Mbak, mbaknya saya tilang ya. ini liat stnknya nggak ada cap dari Samsat. ini belom resmi namanya" 
"Mana Pak, coba saya liat?" Gue sebagai orang yang sering jadi korban tilang yang reasonnya ga jelas, langsung serobot minta liat stnknya. Gue ngeh kalo alesannya nggak jelas. Berkali kali kena serangan yang sama.
Narsis cuy

Disitu gue liat kalo stnk evita masih berlaku sampe 2018, harusnya boleh dong?. Toh kalo emang disitu stnknya cuma telat bayar pajak, dan itu bukan urusan Pak Polisi buat nilang. Pak Pol cuma berhak untuk ngasih peringatan kalo belom bayar pajak. Sumpah ngebangkitin kekesalan gua dengan tilang-tilangan sebelumnya.
"Pak disitu kan masih berlaku sampe 2018, apa yang salah? lagian kalo emang dia belom bayar pajak kan bukan urusan bapak" kata gue sengak, haha.
"Lho gimana kamu, harusnya kamu denda, ini udah pelanggaran soalnya. Kamu tau nggak tempat bayarnya dimana?" tanya pak Polisi seakan-akan gua nggak tau apa-apa.
"Tau pak, disamsat" Gue menimpali
"Liat nih pasal yang ini (bapaknya ngasi liat pasal pasal yang ada disurat tilangnya) kamu melakukan kesalahan yang ini. dendanya Rp.500.000. Gimana ini kalian, motor kalian saya tahan, nanti ambil motor di polres, kalo nggak bayar aja 180.000 disini"
"lah gimana dah vit"
"Auk ya begimana"

Kita diem dulu, dalam hati gue kesel banget, pengen banget gua foto nih bapaknya. Gue udah ngeluarin hape mau moto, terus gue laporin ke saber pungli. Bapaknya ngerliatin gue. Sebenernya agak ngeri juga sih, soalnya Pak Polisinya malah jadi kayak kasar gitu. Pak Polisi langsung nulis surat tilangnya. Evita juga diem aja, kayaknya pikiran dia lagi bingung gitu harus gimana.

"Ih pak entar dulu, coba vit baca lagi pasal-pasalnya, bener nggak salahnya itu?" Gue liat yang diceklis kesalahan yang paling rendah, dengan denda Rp 100.000,-. Ketauan ngarangnya. padahal tadi ngunjukin yang Rp. 500.000,-. Gegara gua lama-lamain. Bapaknya emosi ama gua, hahahaha. ngegas mulu
"Yaudah gini, sim nya saya tahan. nanti kamu ambil simnya di polres Bogor di Cibinong" Bapaknya menyerah untuk ga minta cash.
"hahaha" gua ketawa ngeledek.
"Kok malah ketawa?" Bapaknya ngegas lagi. Mukanya cukup serius. Gue langsung diem aja buang muka.  Coba maksutnya apa tadi minta 180.000 ditempat?. mending sidang, paling Rp.80.000,-.
"Yaudah mbak tanda tangan" si Pak Polisi nyuruh Evita ttd
"dimana pak?" tanya Evita
"disitu bawah"
"coba baca lagi vit, bener ga itu kesalahan yang ditulis" gue manas-manasin lagi. dengan penuh keraguan akhirnya Evita tanda tangan. Akhirnya Sim ditahan.
"Nanti mbak sidang tanggal 23 ya, tau kan polres bogor?"
"Iya Pak" jawab Evita.  Pak Polisi pun berlalu, mencegah pengendara lain lagi. Kita juga langsung tancapkan gas.
***
"Duh vit, gue kesel sama Polisi yang kayak gitu tuh. itu mah dia emang niat meres"
"kemarenan banget gua di cegah di depan samsat Cinere nggak kenapa napa tuh"
"Kan makanya gua bilang, emang iseng aja Polisinya"
"Ehiya Han, gua lupa banget dah. Kenapa nggak minta surat perintah operasi ya? kayaknya dia juga asal nilang aja deh"
"Waduh bener lu, gua dari tadi pengen banget moto tuh biar gue laporin. Gue juga kenapa nggak kepikiran"
"Yaudah lah, nanti gue nanya sama om gue yang polisi" jawab Evita.

Perjalanan dilanjut, semakin sampai puncak pas, dingin semakin menusuk, kabut mulai turun dari puncak gunung. Evita belom makan pagi ternyata. Mau berenti di Attawun nanti cabutnya lagi mager, akhirnya kita nerus aja. Sampai di Ciloto, kabut semakin menebal. Rasanya seru banget kayak game resident evil. Evita pun memelankan kecepatan motor. Gue sebagai penumpang videoin perjalanan.


"Aaahh, gila gila seru banget ini turun kabut gini, videoin hann"
"Yauda bikin snapgram nih (alias IG story)"
"Eh han, gua kan belom makan pagi haha"
"Eh, lu makan dulu, udah jam segini. Lo kan yang bawa motor ntar masuk angin"
"Yaudah cari masjid deh ntar"


Sambil nyari-nyari masjid, malah jalanan terus kita lewati, pas di Cipanas ada musholla kecil. Akhirnya kita parkir motor disitu. Musholanya tidak terlalu besar, tapi cukup bersih. Keliatannya baru aja direnovasi. Kamar mandinya juga bersih. Ada ruangan kecil disebelah kamar mandi, bisa untuk solat juga karena ada mukenanya. Disebelah kanan mushola utama juga ada warung kecil menjual nasi uduk dan beberapa barang kelontongan. Si Ibu terlihat ramah dari dalam warung, dan nggak berkomentar apa apa selama kita numpang duduk sama makan didalam mushola, cuma senyum aja. Disudut mushola juga ada stop kontak untuk ngecharge. Nyaman banget deh pokoknya. Saat itu waktu menunjukan pukul 09.30. Kita bersantai ria sambil Evita makan nasi uduknya. Gue pun keluar musholla buat beli tolak angin.


"Bu, ada tolak angin?"
"Ada neng, mau berapa?"
"beli berapa ya" gue bingung tak menentu. Kebiasaan gua suka galau kalo nentuin belanjaan.
"sepuluh ribu 3 neng"
"12 ribu dapet 4 ya bu?"
"yaudah boleh"
"saya ambil duit dulu 2000"
Gue balik ke tempat persemayaman, ambil duit di tas.
"Ini bu uangnya"
"oh iya makasih. Mau kemana neng?"
"Ah iya bu, mau ke Padalarang nih Bu. kira-kira masih jauh nggak yah dari sini?"
"Oh kesana mah ngga terlalu jauh neng. Yah kira-kira dua jam mah yah"
"Oh gitu, saya udah ngecek maps sih emang sekitar segitu sih bu"
"Iyah, nengnya dari mana? "
"Dari Jakarta Bu, hehe. makasih bu" Gue pun berlalu, balik ke musholla.


Gue masuk trus nungguin Evita makan dan bantuin ngabisin juga.  Dia juga mager jalannya. selesai makan kita minum tolak angin. Nunggu jam 10.00 cabut lagi. Keluar dari musholla si Ibu menghampiri.
"Ini nengnya mau kemana sih?"
"Jalan-jalan aja sih Bu hehe, ke Padalarang" Jawab Evita
"Dari Jakarta nya manah?"
"Dari Depok sih sebenernya Bu" jawab Evita lagi
"Udah kerja yah?"
"Ah belum Bu, masih kuliah. kebetulan satu kampus ini Bu"
"Berangkat dari Jakarta jam berapa neng?"
"Jam 7 Bu jalannya, dikirain mah jauh banget. eh jam segini udah sampe sini"
"Kemarenan mah ada tuh yang rombongan besan gitu. berenti disini karena macet disini sampe 4 jam. jadi pada ngobrol sama makan. ngasi 100.000 maunya makan nasi sama ikan asin bakar, hahaha. gamau dikasih telor, maunya malah ikan asin sama cabe rawit"
"lama bener ya Bu, emang macet kenapa?" tanya gue
"Iyah kemarin ada pohon tumbang sampe bendung air dijalanan. airnya mancur gituh karna ketahan sama pohon. Makanya macet. Ustadz Arifin Ilham juga pernah solat dhuha disini, sama Hajah Tatu ibunya almarhum Ustadz Uje. Alhamdulillah biar kecil mah mushollahnya tapi bisa bermanfaat. ini saya bangun sendiri sama suami mushollanya. udah abis 2 avanza. Tapi saya yakin mah rejeki ada aja" Kata si Ibu dengan antusias.
"Wah subhanallah. Keren si Ibu mah"

Foto bareng Ibu Hj Ucu
"Atuh kalo mau nginep, mah nginep aja. anak ibu banyak disini. ada yang dari trenggalek, wonogiri, dari mana mana mah pokoknya. kayak kamu kamu gini mampir disini trus jadinya sering kesini lagi. udah kayak sodara. tapi mah rumah saya ga bagus yah, maklumin ajah"
"Waaah, makasih banyak Bu. Nanti kita mampir lagi deh, si Ibu baik bangeet. gapapa bu rumahnya yang penting ga bikin keujanan, haha" Kata Evita
"Hahahaha. iyah. Neng, itu nanti bawa motor stangnya dikekananin" kata ibunya berbisik ke Gue
"Emang biar kenapa Bu? tanya gua, gue agak ga percaya mitos soalnya haha.
"Iyah, nanti ada begal takutnya. Kalo kekananin insya alloh aman. tenang aja deh, ibu mah tau, temen ibu juga banyak yang mantan preman insap,  jadi tau caranya" kata si ibu sambil menepuk dadanya dengan tangan kanannya menunjukan kebanggaannya.
"Oke deh Bu, Ohya Bu,  nama ibu siapa?" tanya Evita
"Nama ibu Hj Ucu, nama masjidnya Al-Khuduriyah. nanti mampir atuh neng"
"Bu kenalin, Saya Evita"
"iyah, saya Hani"
"Oh ya ini Hani, ini Evita yah"
"Oh iya Bu kita pamit dulu, insya Allah mampir lagi"
Lalu kita foto bareng deeeh. Cherrrsss!!


Skip~


Kita lanjutin lagi perjalanan. Udara mulai panas lagi. karena mulai turun ke dataran yang lebih rendah. Jam 10.30 udah sampe di Cianjur. Dipinggir jalan mulai banyak dihiasi dengan hamparan sawah yang hijau. Btw pas udah mulai masuk Cipatat, di Bandung Barat cuacanya makin panas. Sama kayak Ciputat disiang hari. huft. Jalanan mulai nanjak lagi saat masuk kawasan tambang, berikut truk truk besar yang berisi batuan. Horor sih udah banyak yang ngebut, banyak truk lalu lalang pula.



Jam 11.30 Akhirnya kita sampai di Goa Pawon. harga tiket masuk Goa Pawon Rp. 5.000,-/orang dengan biaya parkir motor Rp.5.000. Goa ini satu kompleks dengan Stone Garden. Kita nggak niat ke sini awalnya, tapi karena mapsnya ngarahin kesini jadinya kita tetep mampir. Mumpung udah sampe sini jadi puas-puasin explorenya, haha. Kita sempet ngobrol-ngobrol sama petugas wisata disana. terus langsung deh masuk ke dalam Goa. Tempatnya cukup terawat, karena dilengkapi dengan tangga dan pegangan besi yang cukup kuat.


Goa nya memang tidak terlalu luas. Goa ini merupakan Goa purba yang terdapat di Bandung. Konon, kawasan tersebut merupakan danau dari zaman purbakala yang terbentuk secara alamiah. Di Goa ini juga ditemukan fosil yang masih terjaga keasliannya. Pada dinding Goa juga ditemukan lukisan-lukisan tangan yang dibuat oleh manusia purba. Menandakan tempat ini memang sudah dihuni manusia purba ribuan tahun lamanya. Didalam Goa juga banyak kelelawar yang sedang bersarang. Kalau masuk Goa harus tahan ya sama bau pesing si kampret alias kelelawar, haha. soalnya bau bingit.


Ada beberapa spot foto diareal Goa Pawon ini, yang paling hits ada dibawah, kita harus menaiki tangga besi dulu lalu menuruni batuan lumayan terjal untuk mencapai lokasi. Arealnya dekat dengan penemuan fosil purba. Bentuk Goanya seperti susunan jendela besar yang bersebelahan. Kami pun puas-puasin foto di area tersebut. Tebing-tebing dan stalaktit yang terbentuk disini ada perbedaan warna. Ada yang agak berwarna kuning gading, juga berwarna abu-abu seperti warna batuan pada umumnya.


Puas foto-foto di Goa Pawon, kami keluar menuju Stone Garden. Ini dia nih tujuan utama kita. Tempatnya keren abis pasti. Baru sampai tangga terakhir, kami dihampiri dengan petugas
"Gimana? udah foto-fotonya?"
"Udah hehe"
"Ini mbaknya saya kira dari singapur kali, matanya sipit rambut pirang haha"
"Haha, iya dikira cina kali ya" kata evita cekikikan
"Gua dikira guide lu kali vit, haha"
"Mbaknya mau lanjut ke Stone Garden nih?"
"Iya Pak, lewatnya mana ya?"
"Kalo mau mbaknya bawa motor aja lagi, keluar ke jalan raya terus masuk gang sebelum masjid Al-Ikhlas. sekitar 600 meter dari gang keluar ini. Soalnya kalo mbaknya naik tangga dari sini keatas mah capek. bisa setengah jam"
"Oh gitu kang, yaudah kita motoran aja lah biar cepet juga ke parkirannya deket"
"iya nanti paling nengnya pas diawal dipintain uang retribusi orang sini, palingan mah Rp 3.000,-"
"Siap kang, makasih yah!"



Dan kita pun langsung gas menuju stone garden. Jalanannya masih bebatuan, sedikit berdebu karena dekat dengan areal tambang. Tempat ini merupakan penghasil tambang kalsium. Lumayan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Oh ya, tiket masuk ke Stone Garden Beda lagi, Rp. 5000,-/perorang juga biaya parkir motor sebesar Rp. 3000,-. Saat kita jalan dari parkiran menuju Stone Garden, ada genset milik MNC Pictures. Wah ada syuting kali ya, kata gue ke Evita.  Kita sih sabodo teuing ada syuting juga.

Dijalan, kami berpapasan dengan Pria indo, berbaju kotak-kotak dengan celana cino merah yang sedang berlari-lari kecil. Dia lagi dikejar oleh seorang laki-laki dengan gaya kemayu. I mean, kayak dikejar asistennya gitu kali. 
"Vit, itu cowo ganteng kayak kevin julio, barusan sebelah gua lewat".
"mana?"
"Yah lama lu" Gua masih sempet liat dia benerin celananya yang agak kedodoran. Evita masih sibuk foto-foto pemandangan menggunakan kamera ponselnya. Evita abis pamer foto digrup kelas, trus Anfar terguncyang pas tau kita ada di stone garden. Bener aja kan cowok tadi itu artis favorit anfar. Dia ngechat gue dengan menggelinjang, haha.

"DEMIAPA KETEMUUU, AAHH KESEEEEL GW SUKA BGTT. NOYYY MAU FOTOIIIIIN" Anfar chat gue di Line, itu kayaknya capslock dia jebol hahaha. gue bales aja "HEHEHEHE"






Biar irit batre, gue airplane lagi. Biar fokus nikmatin pemandangan juga. Niatnya kalo emang ada waktu sih gas lagi ke Bandung kota. Gue udah bawa sleeping bag bakal selimutan bareng hahaha. Yaudah foto-foto pemandangannya deh. Kalo mau foto diatas hammock bayarnya mahal, antara Rp.50.000- Rp 250.000. Apalah cuma buat foto aje pada niat-niat bener haha.



Gue yang udah kepalang laper, ngajakin makan. Kebetulan nasi gue masih di dalam tas, sedangkan nasinya si Evita di motor. Beruntung deh yang punya gue kebawa, yaudah kita gelar Sleeping bag buat dijadiin tiker, haha. Pas lagi makan ada yang sedikit histeris karena ada uler lewat didepan dia kearah bebatuan. Kita mah bodo amat, tetep aja makan nggak ada takut-takutnya, wakaka.


Waktu telah menunjukan pukul 14.00, kita mau sholat zuhur juga. Segera kita turun kebawah menuju parkiran, sekalian gue fotoin tempat syuting sama nyari si cowo artis itu, namanya Maxime bouttier. Eh dianya lagi take syuting, yaudah gue ngirimin tempat syutingnya aja ke Anfar, haha. Sempet kita foto-foto lagi biar puass. Karena gue ngeliat waduk saguling dari atas stone garden, gue pengen banget kesana, tapi karena mau ngejar waktu sampe Depok yaudah gajadi.



Perjalanan pulang alhamdulillah lancar, kami sempat berhenti dipinggir jalan membeli buah Alkesa. Buah ini merupakan buah langka yang terdapat di Padalarang. Sebutan lain dari Buah Alkesa adalah Sawo Mentega. Gue pun belom pernah makan sih sebelumnya. Kalo kata Evita sih buah jigong, soalnya nempel-nempel di langit-langit mulut, karena teksturnya mungkin yang mirip ubi. Harga 1 kg nya sih Rp. 15.000 hasil nawar itu juga. Gue sih ngga tau harga pasarannya berapa. Yang penting beli oleh-oleh khas situ

Setelah itu kami langsung kejar waktu, kami ingin berhenti sejenak untuk sholat ashar. Kepikiran sih buat balik lagi ke musholla nya bu hajah ucu. Eh kebeneran kita nemu lagi mushollanya. Padahal disepanjang jalanan cianjur nyariin itu musholla. soalnya kita lupa letaknya. Pas sampe situ, si Ibunya menyambut kami dengan ramah. Sampe situ malah kita ditawarin makan nasi pake telor ceplok. Kurang rezeki apalagi cobakkk???!!!.


"Ya Allah si enengnya udah sampe lagi, mampir juga"
"Iya nih bu belom sholat Ashar, kita mau pulang lagi soalnya nih"
"Yaudah makan dulu yah, digorengin telor ceplok"
"Ih gausah bu, nanti ngerepotin malah"
"Ah nggak ngerepotin, yaudah sholat dulu yah sambil nunggu"

Gue sama evita sholat, setelah itu kita ngecharge hape yang udah tipis banget batrenya, karena dipake terus buat foto-foto. Nggak lama si Ibu datang membawa nasi, telor ceplok, tahu goreng sama sambel mentah.

"Ya ampun Ibu, maaf ya jadi ngerepotin" kata Gue
"Ih biarin atuh, seneng malah ibu. Hayuk atuh dimakan, maaf yah begini aja."
"Ya Allah, begini aja udah seneng bu" Kata Evita
"Kalo ke sini ;lagi nanti dianter ke green hill, suka ada barongsai, rame pokoknya. terus ke taman cinta sama ke curug 7. curugnya rasa airnya beda-beda. kalo mau nanti taro motornya disini, trus kita jalan kaki"
"Wih boleh tuh bu kalo nanti jadi mah haha"



Kita lumayan banyak cerita-cerita, mulai dari awal pembangunan masjidnya, anak-anak angkatnya yang ngekos disana, kisah tausiyah pak haji didaerah preman dan prostitusi, seru deh. Nggak terasa ditempat sekitar satu setengah jam ngobrol dan makan.

"Pak Bu, kita pamit ya nanti kemaleman sampe Depoknya. maaf udah ngerepotin"
"Iyah hati-hati yaa, nanti jangan lupa mampir, bawa temen sama keluarganya, biar jadi sodara. Ibu doain kalian jadi orang sukses, udah berani masih mau sembayang juga"
"Doain juga ya Bu, saya lagi usaha ini biar lancar"
"Oalah, jualan apa?"
"Jualan baju sama jam tangan aja Bu"
"Alhamdulillah, hahaha. Biar cepet besar, kamu sisihin 2500 dari 50.000 dibawah kasur atau dimana aja, terus didoain pas mau ditaro 'Ya Allah semoga bisnisnya cepet besar'. Insya Allah satu tahun dari sekarang punya toko"
"Aaaamiiin Ya Allah" Kami berbarengan
"Ibu minta nomer kalian dong, biar bisa dihubungin"
"Oh ini bu, nomer saya aja" Kata Evita


Lalu kami salim dengan si Bapak, Ibu, dan anaknya yang baru saja lulus SMA. Bu Hj. Ucu pun mencium pipi kami. Bener-bener dianggep seperti sodara. Sungguh perjalanan yang menyenangkan. Perjalanan ini nggak hanya cerita lokasi wisatanya aja, tapi pengalaman berharga setiap bertemu orang baru. Terkadang ada beberapa hal yang nggak akan kita temukan dimanapun. Ilmu kehidupan yang nggak akan ditemukan didalam kelas. Tapi kita dapatkan dari pengalaman orang yang lebih tua, orang baru, dan kisah-kisah baru.



Sampai di Bogor pukul 20.00, kita sempet berenti untuk Nobar final Piala AFF Indonesia VS Thailand. Wahaha, sempet sempetnya buat teriak teriakan juga karena nonton pertandingan yang cukup alot. Pokoknya jalan-jalannnya seru banget deh, meskipun lelah banget tapi terbayar dengan segala pengalaman yang kami dapat. Gue sampe rumah jam 21.30, dan Evita kayaknya sampe jam 22.00.

Dari perjalanan ini kita cuma ngabisin uang

Bensin : Rp 40.000,- (PP) pake Vario 125cc ( dishare cost jadi Rp 20.000)
Tiket masuk Goa Pawon : Rp 5.000/orang
Parkir Goa Pawon : Rp 5.000/motor
Tiket masuk Stone Garden : Rp 5.000/orang
Bayar orang kampung situ : Rp 3.000
Parkir Stone Garden : Rp 5.000/motor
Buah Alkesa : Rp 15.000/kg
Beli tolak angin : Rp 12.000/4 pcs
Bayar toilet : Rp 4000
Beli gorengan molen : Rp 4000

Jadi keseluruhan sekitar  Rp 60.000,-

Oh ya sedikit tips, kalo kelokasi ini lebih baik membawa kendaraan pribadi, karena jarak ke dalam lokasi dari pinggir jalan cukup jauh. Juga sangat mahal ongkos ojeknya.


Nah pokoknya gitu deh haha. intinya inget selalu bahwaaa

"Life Is Journey, Not A Destination"


No comments