Catatan Perjalanan: Tiga Minggu Blusukan Di Bali (Part 1)

No comments

Yippie, liburan telah usai. Kuliah mulai menabuh genderang. Tapi ini waktunya gue untuk menceritakan kisah-kasih selama 3 minggu di Bali, sebelum gue di todong tugas yang membabi buta, #halah. Iye, ampe bego dah gue di Bali lama bener, haha. Padahal mah kurang lama :( dan kurang duit sih.

Selama di Bali, waktu yang efektif untuk bepergian total hanya 2 minggu, dikarenakan awal Februari Bali ujan mulu dan diiringi badai yang memburu. Maklum, saat itu baru saja perayaan imlek. Sempat kedatangan Deby yang  transit di Bali dan stay bareng nunggu flight sampai tanggal 31 Januari 2017. Nah pas banget ujan mulu, jadi dia ga kemana-mana haha. Lagipula, dia udah puas juga ke Flores. Waktu seminggu awal hanya gue gunakan untuk tidur, makan , dan sempet iseng ke pantai terdekat meski diterjang badai, nyahaha. Oh ya, untuk penginapan gue memang tinggal di rumah kakak gue sih. Jadi, gue selama di Bali cuma bayar tiket masuk parawisata dan jajan sendiri.

Perjalanan  (yang gue anggap) gila ini dimulai dari:

1. Kamis, 2 Februari 2017

Suasana Pantai yang agak dark, ditambah air laut cukup pasang

Nadia ketakutan, Mama, dan Gue

Gue udah di Bali dari tanggal 30 Januari, tapi nggak kemana-mana seperti yang gue bilang. Di Bali hujannya badai terus, mengerikan. Alhasil, gue hanya dirumah. Tapi, tanggal 2 Februari ini gue memberanikan diri ke Pantai Tegal Wangi yang berada 3 km jaraknya dari rumah Kakak Gue bareng Mama sama Nadia, keponakan gue. Eh pas sampai sana badai, anginnya kenceng banget sampai kita nggak bisa berdiri diatas bukit di areal pantai, kayak mau terbang. Nadia sampai ketakutan, huahaha. Akhirnya cuma jajan jagung bakar aja ngumpet di bale dalam kebun liar.

Tapi, demi melancarkan misi gue untuk explore bali sampe ke akar-akarnya, gue pun sewa motor. Awalnnya gue sewa di Jimbaran, eh karena kejauhan nganternya, akhirnya sewa motor sama Pak Yan. pemilik Jepun Motorbike. rumahnya depan persis The Leaf Jimbaran, Resort. Pak Yan orangnya baik dan ramah. Harga sewa motornya juga murah banget, Rp 50.000/24 jam. Nggak nyesel sih. ngesot dari rumah soalnya.

2. Sabtu, 4 Februari 2017

Tanggal 3 gue skip, karena gue nggak kemana-mana. Tapi sempet keluar rumah bareng keluarga ke Masjid di daerah Tuban, Karena Abang gue mau sholat Jumat. Gue masih penasaran sama Pantai Tegal Wangi dan akhirnya kesana sendirian di hari selanjutnya, seperti yang udah gue ceritakan diblog sebelumnya. Namun ternyata masih pasang air lautnya, jadi terbatas yang bisa gue jamah, dan gue tetep harus kesini lagi lain hari.

Situ yang punya jalan ye?

Setelah ke Pantai Tegal Wangi, gue berangkat ke Pantai Blue Point di Pecatu. Gue mendapat rekomendasi dari Adinda, temen gue yang baru aja abis ke Bali. Sayang, cuaca mulai nggak bersahabat saat itu. Langit mendung, ditambah angin yang sangat kencang. Salahnya sih, karena gue sampai sana udah kesorean, sekitar jam 16.30. Btw, Biaya masuk Pantai Blue Point adalah Rp 5000. Disini lumayan ramai dengan beberapa turis lokal maupun mancanegara.

Tangga menuju Pantai Bluepoint dari atas

Pantai Blue Point Dari Atas Saat Sore

Cafe-cafe yang menghadap laut luas

Aslinya Pantai Blue Point ini bagus. Apalagi, ada Goa-goa cantik yang berada di area pantai. Tapi gue nggak mendapatkan itu, jadi ya ga ada kesan apa apa sama pantai ini. lagipula terlalu crowded menurut gue, haha. *sokhipsterluhan.

3. Minggu, 5 Februari 2017

Udah Safety Belom Nih Gue?
Karena gue bilang, gue masih penasaran sama Pantai Tegal Wangi, Gue balik lagi kesana, hahahaha. Kayak punya misi yang belom tersampaikan gitu. Cuaca cerah banget, alias panas menggelegar. Dan akhirnya dapet sih, tapi masih nggak puas karena jacuzzinya ga keliatan, so soon gue harus kesini lagi.

Nah setelah itu, baru deh gue ke Pantai Nunggalan, dimana gue nemu si Linda, bule cantik yang gabut parah, haha. ini juga udah gue ceritain di part sebelumnya.

4. Selasa, 7 Februari 2017

Di hari ini gue family trip ke Bedugul. Cuaca cukup panas. Berangkat dari rumah pukul 10.00 WITA. Perjalanan memakan waktu selama 3 jam dari Jimbaran dengan mobil. Memasuki wilayah Tabanan, jalanan mulai berkelok-kelok macem puncak gitu. Kita juga melewati salah satu resort yang di bangun oleh Tommy Soeharto, anak Pak Presiden kita yang kedua. Resort itu belum pernah di operasikan dari sekitar tahun 1996-an. Bagi pecinta wisata horor, tempat ini recommended, huahaha. karena emang udah jadi kerajaan jin, katanya sih.

Sampai di Bedugul, hujan rintik mengguyur kawasan wisata. Oh ya, di sini terdapat masjid agung yang cukup besar. Banyak perkampungan muslim yang tinggal di daerah Bedugul. So, bagi yang muslim jangan takut untuk susah cari masjid sama makan, sekarang di objek wisata yang ramai seperti bedugul ini udah pasti ada kok.

Danau Beratan dari atas

Masjid Besar Al-  Hikmah

Gue ke Bedugul sih menggugurkan keinginan aja sih, soalnya penasaran aja kayak gimana sih sebenernya haha. Kita bener-bener piknik nih, makan bareng bawa nasi liwet, ayam goreng, ikan asi, dll. Oh ya, tiket masuk Bedugul ini Rp. 20.000

Pintu Masuk Objek Wisata Bedugul

Bedugul dibawah cuaca mendung

Nah setelah puas liat-liat Bedugul. Kami sekeluarga ke Secret Garden Village. tempat ini merupakan tempat wisata yang lumayan lux sih karena beberapa makanannya mahal. Dalam satu area terdapat 3 restaurant dan toko pusat oleh-oleh herborist. sayangnya gue nggak liat ke pabrik pembuatan sabunnya nih, huft. Next chapter gue ceritakan terpisah soal review di Secret Garden Village.

Secret Garden Village

5. Rabu, 8 Februari 2017

Hari ini sebelum balikin motor, gue pergi ke Pantai di Ungasan sendirian. Namanya Pantai Gunung Payung. Pantai ini nggak jauh jaraknya dari rumah, sekitar 7 km. Siang bolong gue keluar rumah, setelah ishoma. Gue harap sih worth pantainya saat itu.

Pantai Gunung Payung Dari Atas

Ada beberapa wisatawan yang asik jalan di pinggir pantai
Saat mulai masuk kawasan Pantai Gunung Payung, kita akan dikenakan tarif sebesar Rp.6.000. ternyata pantai ini akan di sulap menjadi kawasan geopark semacam Pantai Pandawa, jadi butuh banyak dana untuk pembangunannya. Dan yang terpenting masih sepi, hahaha. Di dekat pantai sebenarnya ada Pura, yang bernama sama yaitu Gunung Payung. Hari itu, pura ini sedang melaksanakan Odalan. Tapi gue gabisa liat dari deket, karena nggak bawa kain juga.

Difotoin Nelayan, Huahaha

Mas Fotografer Bule, Foto aku dulu dooong

Lovely Beach !

Wah puas deh pokoknya, karena nggak nyesel harus turun tangga curam-curam dan bikin betis kenceng. Soalnya terbayar dengan keindahan pantai ini. akhirnya jam 15.00 gue harus pulang karena motor harus dibalikin sore ini.

6. Kamis, 9 Februari 2017

Kebetulan semalam Mas Fajar dan Mba Dwi datang dari Jakarta. Mba Dwi ikut ke Bali karena Mas Fajar lagi ada tugas kantor di Denpasar. So Mba Dwi gue ajak aja kelayaban, biar gue nggak sendirian banget haha. Nah rencana hari ini gue mau ke Air Terjun Kantolampo di Gianyar. Gue lagi bosen sama pantai soalnya, jadi melipir ke arah pegunungan di tengah Bali.

Air Terjun Kantolampo

Perjalanan memakan waktu 1 jam saja untuk jarak 35 km pake motor. Bayangkan kalo di Jakarta, untuk jarak segitu gue harus menempuh berapa lama perjalanan? hahaha. Udah pasti ngebut dong gue, biar bisa ke tempat lain lagi, haha.

Parkiran nih

Tangga menuju loket

Sungai yang mengalir di Air Terjun Kantolampo

Gue dan Mba Dwi

Gaya ala anak kekinian

Gue nyesel-senyesel nyeselnya deh, karena gue nggak bawa baju ganti. Padahal airnya seger banget. Nggak terlalu dingin juga. Disini juga banyak bule lho, apalagi bule rusia yang udah niat banget bikinian di sini. Oh ya, karena gue dan Mba Dwi udah mulai kelaperan, akhirnya kita beli makan di warung sekitaran objek wisata. Makan mie indomie rebus adalah makanan teraman haha.

Setelah dari sini, kita mencari masjid untuk sholat Dzuhur. Ngeliat maps sih ternyata ngga jauh. Dari Air terjun Kantolampo ke pusat kota Gianyar cuma 15 menit.
Perpustakaan di Gianyar, sekilas mirip Pura

Masjid Agung Gianyar nih
Gue nggak tau hari ini mau kemana lagi, tapi ngerasanya nanggung aja sih udah jauh-jauh ke Gianyar dari Jimbaran cuma ke air terjun. Akhirnya nengok ke kiri jalan pas arah balik pulang, nemu objek wisata Goa Gajah. Gue pun menghentikan laju motor gue. Cek maps dan review, kayaknya sih lumayan bagus. So gue masuk deh sama Mba Dwi kesini. Tiket masuknya hanya Rp 15.000.

Tiketnya niih

Tempat Pemandian

Di dalam Goa Gajah nih
Ada cerita kocak saat gue mampir ke pura budha di komplek wisata Goa Gajah ini. Dari luar pura, gue mengintip si nenek yang sedang duduk menunggu kedatangan wisatawan. Lalu gue menyapa beliau ini

"Bu, kalo mau masuk pura nya lewat mana?"
"Lewat bawah itu sedikit, baru bisa masuk ke dalam" kata si nenek dengan logat Bali yang kental
"Oh gitu ya Bu, terimakasih"

Gue pun masuk ke dalam pura bareng Mba Dwi. Saat masuk, kita di kira mau sembahyang. Jelas-jelas gue pake jilbab. Padahal kan gue cuma mau ngobrol aja sama si neneknya.
Pura Budha di komplek Goa Gajah

"Ayo, berdoa dulu kalo masuk sini"
"Oh harus gitu bu?"
"Iya"

Lalu gue dituntun oleh si nenek untuk mengambil  satu bunga kamboja untuk digunakan sembahyang ala-ala orang hindu, hahahaha. Bege parah si gue. Si nenek berkomat-kamit melantunkan beberapa doa dengan bahasa sanskerta mungkin. Gue nggak berani menolak, karena gue takut yaaa kalo sama orang-orang tua di Bali, biasanya mereka punya kekuatan magis gitu. Daripada gue kenapa-napa, mendingan ikutin aja hahaha. Sumpah, dalem hati gue udah "Astaghfirullah, Hani masi tetep inget Allah" wakakaka.

Anggep aja ini pose doang wkwk

Kuncen pura ngajak gue doa, haha
Jadi setelah doa itu, gue di cipratin tirta dari atas sampai bawah. Tirta ini adalah air doa yang wangi karena merupakan air rendaman bunga kamboja itu tadi. Oh ya, kalo sering liat piring-piring yang terbuat dari daun kelapa muda alias janur, itu merupakan canang. Canang itu biasanya diisi dengan sesajen untuk persembahan saat sembahyang. Selesai berdoa juga gue ditempelin beras di jidat. kalo beras ini, gue belom tau fungsinya apa. Belajar budaya baru sih, serunya lebih explore mendalam kali ini.
Candinya nih, penuh dengan canang
Mba Dwi diem aja, dia gamau diajak doa, Fix ini gue tumbal haha. Selesai berdoa, Gue pun ngobrol sama si nenek

"Udah berapa lama bu jaga disini?"
"Sudah 30 tahun ibu menjaga pura"
"Wahhh, udah lama banget. Umur ibu sekarang berapa kalo boleh tau?"
"80 lebih lah"
"Wah, keren si ibu mah. Masih kuat ya tenaganya"

Hasil diajak doa, dipakein beras
Hari semakin sore, jadi gue dan Mba Dwi memutuskan untuk pulang ke rumah. Tapi gue dan Mba Dwi nggak jadi ke Pasar Sukawati, karena bakal kemaleman sih baliknya. Hal yang paling gue suka kalo di Bali tuh, keliling jauh-jauh ke beberapa destinasi bisa pulang maksimal jam 7 malam sampai rumah. Efek kemana-mana jalannya lempeng sih soalnya, haha.

Gue sama Mba Dwi udah kelaperan banget. Karena kalo di Gianyar, gue bener-bener belom nemu tempat makan yang halal, jadi janjian aja di Sanur sama Mas Fajar. Akhirnya kita nemu nasi padang, huahaha. Padahal Mba Dwi lagi ngidam bakso tapi nggak kesampean.

Nah segini dulu deh cerita untuk 2 Minggu awal di Bali. Cerita yang lebih menarik di minggu selanjutnya akan gue lanjutkan di part ke dua, stay tune !