My Travel Diary : Let's get lost in Singapore

No comments

Waktu gue baru pulang dari Bali, Seminggu kemudian berangkat ke Singapore.
Setdah!! banyak duit lo, Han. SUMPAH
Eitss, tunggu dulu cyiiin. Let me tell you my story

Jadi, setahun lalu Airasia mengeluarkan promo Jakarta-Singapore cuma 600rb pulang pergi. How can you imagine? harga normal tiket Airasia ke Singapore biasanya itu 700rb-900rb lho. Maka dari itu gue langsung kalap dan nanya ke nyokap mau atau tidak pergi ke Singapore, haha. Sering banget nyokap ngomong pengen ke Singapore, dan beliau mengiyakan. Jadi karena ada promo ini, secara niatnya gue langsung bayar jam 12 malem via m-banking haha.

Gue udah pertimbangin untuk memilih flight tanggal 25 April 2018 agar nggak mengganggu jadwal gue skripsian. Bener aja, gue baru selesai mengumpulkan data untuk skripsian seminggu sebelum flight ke Singapore haha. Untuk prepare pemesanan hostel udah gue atur dari bulan Maret. Sayangnya, gue nggak buru-buru beli tiket Garden By The Bay dari jauh-jauh hari. Makanya dapet harga mahal karena berupa E-Ticket.

Gue pesan tiket hostel melalui Booking.com. Menurut pembisik gue, Kak Mimi di Booking.com harga kamar murah banget dan cukup lengkap detail kamarnya seperti apa. Salahnya gue, Bukan milih yang room sendiri -padahal ngajak orang tua yaa. Malah pesen yang dormitory di Blue Jazz Hostel. Sumpah jangan ditiru ini huhuhu (masih ada penyesalan mendalam). Perorang bayar 170rb/malam. Nah, karena gue membuat itinerary pastinya mepet banget sekitar 3 hari sebelum flight, jadinyaa beli e-tiket Garden By The Bay seharga Rp 225.000/tiket. Gue beli di seller Coral Tour di Tokopedia. Padahal harga tiket fisiknya ada yang jual seharga Rp 185.000-190.000. Jadi buat kalian untuk caw ke Singapore, benar-benar pastikan mau berkunjung kemana agar bisa press budget lagi. Manfaatkan beberapa platform yang menjual tiket murah.

Adapun Itinerary yang akhirnya tersusun ini, antara lain :

7. Garden By The Bay
8. Patung Singa
9. Bugis Street
10. Mustafa Centre (Little India)

Rute perjalanan dari berangkat sampai pulang
Biaya selama perjalanan (kurs dollar Singapura = 10.680/1$)

1. The day of flight, Senin 25 April 2018

Ini pertama kalinya gue menginjaki Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta. Sumpah gede pisan ini terminalnya. Gue sama nyokap menyempatkan diri untuk sholat zuhur dan ashar hingga  check in counter sebelum boarding. Berhubung beli tiket murah dan cuma dapet bagasi kabin 7kg, gue dapet kasus super kocag disini. Flight internasional itu bener-bener ketat peraturannya. Biasanya gue sama nyokap kalo cuma penerbangan domestik masih bisa makan bekel nasi berikut minum pas lagi nunggu boarding. Nahhhh, untuk flight international, lo akan dihadang pengecekan yang super ketat. botol cairan nggak boleh lebih dari 100ml. Resikonya dibuang itu botol-botol berharga. Tas gue pas masuk ke x-ray ikutan kena doong. Ada botol minum isi air 600 ml, lotion, pelembab berikut sabun muka gua kena inspeksi. Nyeseknya nih, ukuran botol 110 ml harusnya dikeluarin. Tetep ga ada ampun. Gue disuruh keluarin itu botol dari tas atau gue beli bagasi 400rb di counter Air Asia.  Akhirnya gue membuang isi sunblock vaseline gue yang tinggal sedikit itu di closet dan gue ganti isi botol vaselinenya dengan pelembab skin aqua gua. Sabun muka? gue masukin ke tempat tisu basah, Hahaha. Jadi gue pemeriksaan ulang udah aman (Sumpah jangan ditiru haha).

Selesai periksa barang bawaan, kita masuk ke gate imigrasi. Disini juga super ketat. Lo dilarang foto apapun selama diwawancara pihak imigrasi. Disini petugas akan nanya mana tiket lo dan paspor lo. petugasnya cukup garang. Abis itu peer banget ngelilingin terminal 3 ini sumpah. Gate 10 ke gate 1 jauhnya ampe berasa 2km sih. Bahkan sampe bikin gue sama mama lari-larian. Padahal, ada mobil bandara gitu yang anter melewati gate. Sumpah norak sih. Akhirnya jam 18.00 baru take off dari Bandara Soekarno Hatta. C'moon

2. Arrive in Singapore, Senin 25 April 2018

Alhamdulillah sampe di Singapore dengan aman damai sentosa. Satu yang gue terheran-heran, Bandara Changi gede parah plus bagus banget wkwk. Terminal 3 Ultimate masih kalah sih sama Singapore. Lo kalo kehausan bisa ambil minum dideket toilet, disini ada air dingin sama air panas. Kalo ke Singapore wajib bawa botol minum kosong, soalnya harga air minum bisa sampe 1-2 dolar atau sekitar Rp 20.000. Mama keliatan excited gitu sih, jadi yaudah puas-puasin foto haha.

Pas sampai di imigrasi, eh ketat banget gilak. ditanya pas di singapore stay di hostel mana, mau berapa hari di Singapore, udah beli tiket pulangnya belom. Lucunya pas ke Singapore itu tepatnya final Indonesia vs Singapore. Sampe nanya si mas-mas imigrasi, kebetulan dia Melayu
"Mau nonton bola ni ke singapore?"
"Ah nggak emang jalan-jalan aja"
"Haha tak kire mau nonton bola"

Di Changi untungnya ada free wifi. Super kenceng sih. Nah salahnya gue nggak beli paket internet di Indonesia. Padahal ada wifi gitu khusus buat international roaming. Mau beli simcard tapi harganya lumayan mahal sampe 200 ribu sekian. Sayang banget kan buat 3 hari. Yang paling penting, gue udah ngabarin pihak hostel kalo gue sampe hostel jam 11 malem. Karena mau ngerasain pemandangan Clark Quay. Padahal gue belom tau dimana lokasi persisnya (yaiyalah first time ke Singapore).

Via wikimedia.org

Ohya, kalo belom beli internet, sebaiknya kalian ambil maps MRT yang tersedia dibanyak tempat di Bandara. Baiknya kalo ke Singapore beli STP alias Singapore Transit Pass biar murah dan kemana aja jadi gratis unlimited. Sayangnya, gue mau beli Singapore Transit Pass udah kemaleman. Jadi beli tiket MRT manual, pindah terminal dari terminal 4 ke terminal 2. Gue langsung menuju ke Clark Quay. Ternyata naik MRT ya rasanya mirip commuterline sih. Cuma nggak ada pemandangan aja.  yaiyalaaah dibawah tanah gituloh keretanya!

Baru pertama kali naik MRT di negara orang sebenernya masih ada bingung bingungnya gitu. Ga sengaja pas dikereta ketemu sama orang filipina, dia membantu mengarahkan ke stasiun mana kita harus transit dengan berbekal bahasa inggris gue yang still belepotan. Jadi, dari Changi airport naik MRT sampe Stasiun Expo, kemudian kita naik kereta lagi turun di Outram Park (liat di maps, stasiun transit line hijau dan line ungu) kemudian naik MRT lagi di line ungu ke arah Punggol yang melewati Clark Quay.

Wadoh, ternyata tuh capek banget pindah pindah line MRT. Lama dijalan kakinya sih hahaha. Akhirnya sampai di Clark Quay, udah sepi banget jam 10. Ternyata Singapore nggak sehebring kota Jakarta hahaha. Mungkin karena nggak ada macet ya, jadi orang udah pada dirumah. Kita keliling sedikit, nah mama sih udah firasat kalo Clarke Quay itu banyak bar sama club, jadi nggak mendekat. Cukup menikmati musik dan lampu dari seberang sungai. Ohya sungainya juga nggak bening, coklat gitu tapi bersih dari sampah.

Tujuan gue setelah liat-liat Clark Quay, gue ke Hostel. Hostel yang gue inapin bernama Blue Jazz Hostel. Gue cuma engeuh kalo hostelnya berada di Jl. Besar. Gue mau browsing susah nih, gara-gara belom beli internet. Jadinya kurang riset, malah salah naik kereta turun di Bugis pake banyak transit. Padahal hostel gue deket Farrer Park -_-". Pas di Bugis ketemu banyak orang Indo pake baju persija (esumpaaa mereka niat banget yaaa mau nonton bola kemarih ). Jalan kaki jauh banget hampir 1 km ke hostel. Udah gitu banyak Bapak-bapak India yang sedang ngeriung. Tapi ngeliatnya malah serem takut digangguin.

Sampai di Hostel, ternyata hostel sebelahan sama pub wkwkwk. Bego deh gue bawa emak tapi milih tempat buat bermalam kek gini. Yaudahlah udah kejadian. Customer service yang gue contact kemaren udah ngasih tau lewat email kalo kunci kamar ada diatas meja. Segeralah gue masuk bareng nyokap. Gue milih yg dorm (kegoblokan yang hakiki kaan, ga milih 1 room buat berdua). Sekamar ada 8 kasur tingkat macam pesantren gitu. AC lumayan dingin, ada stop kontak di dinding tiap kasur. Kamar mandi ada diluar, ada air panasnya, shower, toilet duduk dan kaca. Minus sabun hotel sih. Selain itu, fasilitas yang kami dapat ada breakfast. Langsung lah mandi kemudian tidur.

kondisi kamar berbentuk bunkbed

3. The day of around Singapore, 26 April 2016

Kami bangun jam 5 subuh, Masih gelap banget. Btw Singapore waktunya lebih cepat 1 jam. Segera gue bangun (karena dibangunin wkwk) kemudian mandi dan sholat. Jam setengah 6 pagi kami jalan kaki ke Arab Street. Banyak banget destinasi disana soalnya. Jalanan lengang banget malahan. Dari hostel menuju Bugis, kami harus melewati Jl Besar. Hih, padahal ini weekday lhoo, jalanan kosong banget. udara segar.

Pagi-pagi di Jl.Victoria

Dari Jl Besar kemudian belok ke arah Jl. Victoria. Jalanan di Singapura emang lebar-lebar banget. Mirip Sudirman lahya. Pepohonan juga tertata rapi disepanjang jalan. Rumput juga tumbuh rapi dan menghijau. Gue menyempatkan diri untuk mampir di Seven Eleven. Beli internet dulu cuy. Harganya lumayan ini $15. Kalo dirupiahin hampir 160 ribuan lah.

Pose di depan Masjid Sultan

Sampai di Arab Street, kami telah melihat Masjid Sultan nih. Cukup megah dengan sentuhan sejarah. Kubahnya berwarna emas dengan cat tembok berwarna krem. Indah sekali dari luar. Pas banget hari itu cuacanya teduh. Jadi nggak kepanasan keliling-keliling Singapore.

Mama mencoba menyempatkan diri untuk Sholat Dhuha di Masjid Sultan. Masjidnya cukup nyaman. Besar masjidnya sih standar sama di Indonesia ya. Nggak terlalu besar malah untuk seukuran masjid raya. Interiornya masih melayu banget. Petugas masjidnya banyak orang melayu jadi mereka bisa bahasa melayu.

Narsis di Haji Lane

Setelah Berkeliling, kita melipir ke Haji Lane. Disini terkenal dengan cafe dan street artnya. Kebetulan gue sama nyokap di lokasi jam 8 pagi, nah masih belom buka toko-tokonya haha. Sepi parah. Tapi jadi puas liat liatnya. Banyak spot foto bagus.

Haji lane euuy

Dari Haji Lane, Kami melipir ke Kampong Glam. Kampong Glam ini juga masih satu area dengan Masjid Sultan dan Arab Street. Sayangnya kita nggak masuk ke dalam Istananya. Tapi lumayan bagus. Semuanya tertata rapi. Bahkan dari sini bisa melihat Masjid Sultan lho.

Selesai berfoto ria di Kampong Glam, kami kembali ke hostel untuk check in dan sarapan. Lumayan ya, jalan kaki bolak-balik 3 km jadinya haha. Gue bisa sambil nge-charge dulu kan. Bayar hostel dua hari semalem $70. Hihh, mahal jadinya menyesaaaal. Tips banget nih buat kalian! kalo sendiri lo boleh pake dorm. Tapi kalo bawa ortu jangaaaaan. Ambil yang kamar privat aja.

Gue bingung mau print tiket Garden By The Bay. Akhirnya nanya mbak receptionist, eh boleh dan bayar cuma 5 sen. Yaa, bisa dibilang Rp 5000 lah ya sekali ngeprint. Ga apa-apa lah daripada nggak bisa masuk Garden By The Bay, haha.

Abis breakfast, jam 10.00 pagi kita langsung jalan kaki menuju stasiun Farrer Park. Lumayan jalan kaki 300 meter plus keliling didalem stasiun. Kita langsung membeli tiket MRT menuju Harbour Front. Tujuan kita ke Sentosa Island. Tau kaan bola dunia Universal Studios yang hypebeast ituu. Nah inilah tujuan gue sama mama.

Sampai di stasiun Harbour front, kita naik bus gratis dari halte menuju Sentosa Island. Bisnya gratis gaes! kalo naik monorail gitu harganya lumayan mahal, cuma ya nggak bisa menikmati pemandangan dari atas kereta. Tapi ya nggak apa apa. Di dalam bis juga kita bisa menikmati pemandangan kota yang bersih dan tertata rapi.

Sampai di Sentosa Island, kita bisa berkunjung ke Universal Studio. Sekedar foto foto mah gratis, kalo masuknya baru deh bayar. Lumayan mahal masuk ke Univesal Studio, sekitar Rp 800.000-an. Keliling aja deh disini, semacam dufan lahya.

Setelah puas foto-foto di Sentosa Island, kita naik bis lagi ke Harbour Front kemudian naik MRT. Dari Harbour Front kita transit ke Dhauby Ghout dan mengarah ke Orchard Road. Perjalanan sekitar 30 menit. Setelah sampai, kita masih jalan sekitar 100 meter dari stasiun ke Orchard. Sampai di Orchard seru juga. Pedestriannya lebar banget, nyaman buat pejalan kaki euy. Tapi lama-lama gempor juga jalan kaki terus.

Setelah liat-liat sebentar langsung kita menuju Garden By The Bay. Gue salah milih kereta zzz. Harusnya turun di Bayfront, eh malah di Marina Bay. Jadi jalan kaki 2km kayaknya. Bikin gempor, sampe masuk ke Mall mewah yang isinya perhiasan harga 600 juta hahaha.

Berlian 600 juta neeeh

Setelah jalan jauh buanget, akhirnya sampai di Supertree Grove. Supertree Grove ini berada di kawasan Garden By The Bay. Pohon raksasa buatan yang cukup bagus. Tapi karena kesininya siang, jadi biasa aja sih. Cuma tinggi menjulang aja. Dibaliknya kita melihat hotel plus mall mewah yang tadi gue lewatin.

Setelah itu, kita berjalan kaki menuju  flower dome. Sambil mencari mushola tapi nggak nemu juga. Parah juga ini di Singapore. Gue masih merasa kesulitan mencari mushola. Akhirnya yasudah masuk ke flower dome. Pertama masuk wah wangi banget semerbak. Hampir rata rata bunga yang ada didalam sini adalah bunga tulip. Ruangannya juga cukup dingin.

Setelah itu, kami ke Cloud forest. Tapi sayangnya gue ga ada fotonya, haha. Soalnya hape gue udah kehabisan batere. Jadi keluar dari Cloud Forest cari tempat buat charge, haha. Di Singapore emang susah buat sembarang nyolok tuh, sedih bet.

Beuuuh, jalan dari Garden By the Bay ke Merlion Statue jauh sangaaat. Kita nggak tau kalo bisa naik MRT ke Rafless place. Kampret ! ahahaha. Nyokap udah segempor gempornya kaki. Gue berasa hiking, wakakaka.

Pusat kota Singapura

Narsis didekat patung merlion

Kaki udah sangat-sangat mau copot dan seharian juga belom makan huhu. Akhirnya kita naik kereta dari Stasiun MRT Raffles Place ke Stasiun Bugis. Karena rencananya mau sholat sih. Asli susah nyari masjid sih. Cuma di Bugis aja yang ketauan ada banyak masjid. Dari stasiun Bugis ke masjid juga jauh banget jalannya. Akhirnya sampe dan bisa ngaso cantik di dalam masjid. Cukup ramai. Tinggal cari makanan aja sih ini. Dari pagi cuma makan sereal apa rasanya? haha

Dari masjid, kita jalan di Arab Street. Mau makan di Kampong Glam, tapi gue juga sok ide pengen coba ke tempat belanja di Bugis Street. Sampe sana malah banyak yang udah tutup. Boro-boro mau beli oleh-oleh wkwk. Lagipula gue mau beli jam tangan tapi kayak jam jualan gue. Harganya juga sama sih 10$/3 buah jam. itungannya hampir 40rb haha. udah mau metong deh belom makan. Masuk KFC mama nya nggak sreg keluar lagi. udah kelewat kelaperan karena lelah. Jadi nggak nafsu juga sih. banyak warung makan tapi chinese, nyokap gue takut haram. kelar udah nggak makan makan seharian. Btw sampe di Bugis Street jam 10 malem.

Akhirnya kita menyerah. Jalan kaki lagi jauh. Sambil menahan lapar ke Stasiun Bugis menuju Stasiun Little India . Rencana cari makan di Mustofa center. Gue udah nyerah, trus maksa nyokap masuk restoran yang banyak orang indonesianya. Nyokap gue sangsi sih, soalnya yang jualan orang India. Tapi kali ini gue maksa, Karena jangan mikirin rasa kalo udah kayak gini. Daripada sakit karena nggak makan kan?. Konyol sih. Akhirnya pesen nasi goreng kambing sama nasi rendang. Wowww rasanya rasa kari rendangnya. Nyokap gue nggak doyan, cuma makan sedikit. Kelar sudahh penderitaan haha. Btw porsinya gila gede banget bisa buat makan 4 orang. Harganya juga hampir 100 ribu (10$). gue sih makan aja karena gamau sakit.

Sampe penginepan jam 12 malem. Wah kaki gua udah sakit ga karu karuan. Abis sholat dan mandi, gue langsung tidur, karena besoknya udah harus flight. Sumpah capek luar biasa.

3. The last day in Singapore : Rabu, 27 April 2018

Pagi-pagi kita udah packing. Nggak sempet breakfast, langsung jalan ke airport. Jalanan masih sepi, karena jam kerja nya sih jam 9 pagi. Tapi emang Singapore nggak ada macet sih hahaha. Di kereta juga nggak desak-desakan banget.

Setelah check in di airport, gue sama mama ke lounge boarding. sebelumnya sih sambil liat-liat ke toko haha ((liat doang). Ada skin care korea, toko coklat premium, sampe ke toko tas (gue lupa sih, tapi kayaknya kate spade deh)

Kemudian kami take off on time jam 9.30 pagi. Sumpah udah kangen Jakarta beserta makanannya. Selama di pesawat, gue ganjel perut dengan uang sisa untuk beli Chicken Lasagna. Btw kaca pesawat di Air Asia kayaknya di baret-baret biar pada nggak foto-foto diatas pesawat kali yak? haha. Apalagi pernah kasus jatoh pesawatnya.

Alhamdulillah, pukul 11.00 pagi kami sampai dengan selamat di Indonesia. Huh, udah pengen makan makanan di Indonesia ini. Sekian cerita gue. Mungkin bisa tanya-tanya dikomen bawah yaw !