(Explore Malang Part 1) Camping Ceria Di Ranu Kumbolo Gunung Semeru

No comments

Explore ke Malang kali ini adalah hadiah gue setelah wisuda. Seharusnya sih, reward gue wisuda adalah keliling ASEAN. Tapi apa mau dikata, budget gue udah abis untuk ngerjain skripsi sampai berangkat ke Bali segala. Jadi keliling ASEAN nya gue tahan dulu sambil nabung *hiks.

Seumur-umur gue emang belom pernah sih menginjakkan kaki ke Malang. Jadi gue cukup penasaran untuk singgah di Malang. Kebetulan Deby mengajak gue untuk ikut camping ceria ke Ranu Kumbolo yang terletak di Gunung Semeru bersama teman-teman travelingnya. Awalnya juga bukan ke Semeru, tapi ke Gunung Argopuro di Lumajang. Karena pendakian disana ditutup, mau tidak mau bergeser ke Gunung Semeru. Itupun nggak sampe puncak, hanya sampai Ranu Kumbolo. Yaa, namanya juga camping ceria, haha.

Selasa, 25 September 2018

Gue berangkat bareng Opank dari Ciputat jam 12.00. Niatnya janjian sama Deby di Lebak Bulus naik Kopaja P20 dengan trayek Lebak Bulus-Senen PP. Ternyata pas banget bisnya ada dan ketemu Deby yang juga baru sampe di lokasi. Kita langsung naik bis-nya. Estimasi kita sampai di Stasiun Senen jam 14.00. Kereta Matarmaja berangkat jam 15.10 soalnya. Masih ada spare waktu, kami pikir. Lagipula, siang gini sih biasanya lewat Kuningan nggak macet banget.

Awal jalanan normal-normal aja, eh ternyata kena macet dong. Asli mulai gelisah sih. Cek maps juga panjang banget macetnya. Keliatan nggak kayak biasanya, soalnya ada titik dimana jalanan langsung kosong. Jam udah menunjukkan pukul 14.00. Tapi masih stuck di Kuningan, bahkan baru ngelewati perempatan Casablanca. Harusnya jam 14.00 udah touchdown di Senen wakaka.

"Eh gimana nih Han, masih panjang banget" kata Deby dengan gelisah
"Iyadah ga biasanya begini. Kalo sampe jam setengah tiga kita masih disini, turun aja langsung naik grab atau gojek" Kata gue sok ide.
"Tuhkan, mending naik grabcar tadi" Kata Opank
"Ya sama aja kalo lewat sini juga malah nyangkut" gue timpalin Opank
"Si Sidik katanya naik kereta udah sampe" Kata Deby
"Yaudah tunggu aja dah wkwk"

Ditungguin akhirnya jam 14.45 baru lewati kemacetan itu. Nggak taunya supir grab car pada parkir sembarangan dijalanan. Mereka lagi demo besar-besaran. Kamprettt. Perut gue udah mules, Opank juga tidur karena dia ngilangin panik takut ketinggalan kereta. Udah Sampe di Stasiun Gondangdia, Kita bangun siap-siap turun. Lalu mau dicegah sama pak sopir

"Mau ke stasiun senen kan? turunnya nanti aja"
"Emang keburu pak? keretanya jalan jam 15.10 pak"
"Keburu, sekarang kan jam set 3"
"YAH PAK, SEKARANG JAM 3"
"Yaudah turun turun, saya gamau tanggung jawab"

Akhirnya turun di Stasiun Gondangdia, langsung teriakin ojek. Pesen 3 ojek dan cus ngebut ke Stasiun Senen. Sampai di stasiun udah 5 menit lagi wakaka. Lari-larian nggak karuan sampe digodain "ayo ayo ayo lariiii". Sampe di stasiun langsung masuk, cek ktp sama tiket terus ngibrit ke kereta hahaha. Baru masuk, 5 menit kemudian kereta jalan wkwk.

Deby, Mba Abud dan Sidik di Pojok sana

Di dalam kereta, Deby satu seat dengan Mba Abud dan Sidik di row seat sebrang gue. Gue duduk berdua sama opang dan dikeliling oleh bapak-bapak. Wow cantik sendiri gue *najes gak?. Yaudah gue tetap stay cool di kursi kereta gue. Sebenernya rombongan di kereta nggak cuma Gue, Opank, Deby, Mba Abud dan Sidiq aja, tapi sebenernya bareng Kak Wulan. Cuma dia terpisah, hiks.

Setiap perjalanan pasti selalu ada cerita ya. Kebetulan gue sama opank satu seat dengan bapak-bapak komunitas yang belajar ilmu falaq, semacam ilmu perbintangan gitu. Mereka ini merupakan komunitas independen yang bisa nentuin hari lebaran, kapan mulai puasa dll. Dari cara melihat hilal sampai penentuan hisab mereka bisa analisis. So far so good, kita jadi bertukar pengalaman dengan beberapa bapak-bapak ini. Yang cukup menyentuh buat gue, mereka sholat jamaah lho di kereta selepas azan berkumandang. Bener-bener tepat waktu. How nice they are !. Patut jadi panutan haha.

Rabu, 26 September 2018

Perjalanan panjang kami selesai di dalam kereta. Kami sampai di Stasiun Malang jam 8. Lalu kami akhirnya bertemu dengan Kak Wulan yang terpisah di gerbong lain. Keluar dari stasiun, angkot yang di carter oleh Mba Abud sudah stand by. Kami juga sambil menunggu rombongan lain, hingga akhirnya Kak Widya, Mas Bayu, Mas Irwan dan Ibal berkumpul di titik temu. Dari stasiun kita juga harus jemput Bang Andi dan Bang Botak yang landing di Bandara Malang. So yeah, Malang kota ya panas panasnya kayak Depok juga wakakaka.

Dari Bandara kita menuju Pasar Tumpang. tempat ini adalah tempat persinggahan kita untuk mandi, belanja logistik dan packing ulang tas. Rumah dan kamar mandinya cukup bersih. Cukup nyaman untuk sekedar rebahan karena kelamaan duduk di kereta. Di sini juga ketemu beberapa pendaki lain. Bahkan mereka jauh-jauh banget, dari Palu lho.

Briefing dulu gaes

Jam 13.00 siang kita berangkat menuju Ranu Pani. Sebuah desa dimana menjadi titik awal pendakian Gunung Semeru. Sebelum ke sana, kita mampir di klinik untuk cek kesehatan. Semuanya alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat. Hari itu terik banget, kita menaiki mobil offroad. Karena bak belakangnya kecil, kita harus berdiri berdempetan. Asli kayak sapi potong yang lagi di distribusiin lewat mobil bak hahaha. Perjalanan seru banget, kanan kiri jalan bisa melihat pohon apel yang sedang berbunga dan berbuah. Selain apel juga ada kebun jeruk makan dan kebun tebu. Ihiyy seru banget. Makin lama juga perjalanan diiringi angin sepoi dari gunung. Jalanan makin nanjak dan berkelok.

Jam 15.00 kita sampai di Desa Ranu Pani. Dingin udah mulai terasa. Kita langsung diarahkan untuk bertemu dengan petugas Gn Semeru untuk mendapat briefing sebelum pendakian. Dia banyak menjelaskan tentang peraturan selama naik gunung. Intinya, disini kita nggak boleh buka jalur, bawa tisue basah, jangan lupa bawa sampah turun gunung dan tidak disarankan mendaki kurang dari 3 orang. Kenapa? karena masih banyak binatang buas seperti macan yang masih suka berkeliaran di hutan Gunung Semeru. Setelah selesai, kami makan siang (alias sore) dulu di warung. Makanannya standar ya kayak pecel lele, soto ayam, mie rebus dll. Harganya juga murah huhu. Setelah makan ada yang menyempatkan untuk sholat ashar dulu. Gue sama Opank tertarik beli bakso kuah di dekat mushola. Jadi bungkus dan makan di warung. Kuah baksonya lumayan, tapi baksonya kenyal banget haha.

Bang Botak, Ibal, Bang Irwan, Bang Andi, Ka Wulan, Mba Abud, Gue, Opank, Deby, Ka Widya, Mas Bayu

Jam 16.30 kami baru mulai start pendakian. Jalan santai karena masih awal berangkat. Sambil menikmati perjalanan yang cukup indah. Desa Ranu Pani benar-benar indah dan damai. Desa ini dikelilingin perkebunan sayuran dan bukit-bukit tinggi yang menjulang. Ada beberapa rumah yang dijadikan basecamp pendakian.  tapi pemandangan ini cuma sebentar kami liat. karena udah masuk ke jalur pendakian, kanan kiri semak semak plus jalur yang berpasir. Debu banget deh. Tapi yang seru, di tiap pos pendakian ada yang jual semangka potong yang seger banget. Sepotong dijual Rp 2.500,- kalo nggak salah ahaha.

Jam 21.00 kita sampai di pos pendakian ketiga. Dingin udah menusuk kulit banget. Lelah plus laper sih. Akhirnya buka kompor dan kita masak mie untuk menahan lapar. Sekalian ngopi dan minum nutrisari jeruk hangat. Lumayan mengusir kedinginan. Deby udah gemerutuk giginya. Bang Andi pastinya minta air panas buat ngopi. Emang hobi banget ngopi wkwk. Semuanya pasang jaket semua. Nggak ada yang nanjak tanpa jaket deh kayaknya. Emang sumpah dingin banget!

Pos Watu Rejeng

Jam 23.30 Gue, Opank dan Bang Botak jalan duluan ke Ranu Kumbolo. Gue udah capek banget rasanya haha. Rasanya pengen cepet-cepet sampe dan pasang tenda terus tidur huhu. Opank tuh jalanya cepet banget, Bang Botak juga sama cepetnya. Gue mau gamau ikutin ritme mereka berdua haha. Yang lain, Bang Andi, Bang Irwan, Deby, Iqbal, Mba Abud, Sidik, Ka Widya, Ka Wulan plus Mas Bayu masih dibelakang. Udah sampe dibawah kita kebingungan, ada beberapa jalur soalnya. Ternyata orang yang duluan didepan kita balik lagi. Mereka salah jalan, sodara-sodara!. Yaudah kita jadi tau mana jalan yang benar, huhuhu.

Jam 00.00 Gue, Opank dan Bang Botak akhirnya sampe di Ranu Kumbolo. Karena gue bawa tenda sendiri, gue pasang tenda duluan. Nggak lama, temen-temen lain menyusul. Semuanya juga langsung pasang tenda. Malam itu bulan bersinar terang banget. Tanpa kita pake senter juga semuanya lumayan terlihat. Ada beberapa pendaki lain yang juga baru sampai dan pasang tenda masing-masing. Malam itu kita nggak sempat untuk masak. Kita langsung tidur tanpa ada masak masak, karena udah lelah juga sih, haha. Di malam itu, Deby minta se tenda sama gue.

Sebelum tidur, Gue sama Deby udah pasang sleeping bag plus thermal blanket. Baru aja mau merem, Gue sama Deby denger suara kayak binatang ngeraung, hmm gimana ya susah dijelaskan jenis suaranya. Kayak orang bergumam tapi aneh gitu suaranya. Deby neriakin "Eh itu suara apa?" tapi nggak ada yang jawab. Katanya tenda sebelah nggak denger apa apa. Yaudahlah langsung bobok

Kamis, 27 September 2018

Sunrise pagi hari di Ranu Kumbolo

Jam 5.00 pagi, gue sempatkan untuk sholat subuh meski dingin banget. Gue sama Deby tayamum aja, haha. Sehabis itu, gue keluar tenda pengen liat semburat cahaya dibalik ranu kumbolo. Udah agak kesiangan jadi hanya melihat langit berwarna agak keunguan. Padahal gue berharap melihat semburat warna oranye dan biru yang nongol dibalik dua bukit itu huhu. Udara pagi itu dingin banget, bahkan sampe menggigil, walaupun udah pake jaket tebal.

Mengintip Ranu Kumbolo dari dalam tenda

Selamat Masak hihiw credit by @Irwansepintu

Sudah agak siangan, yang cewek-cewek masak untuk sarapan. Pagi itu kita masak sosis asam manis, nugget, dan sop. Sop racikannya Ka Widya asli enak sih, heuheu. Sumpah aromanya menggugah selera banget. Gue juga bantuin masak nasi. Nasinya agak fail ya. Ga ngerti kenapa kalo di gunung bikin nasi gapernah bener padahal udah pake dandang imut wkwk. Nah, Kak Wulan buat sosis asam manis. Mantul enak beut. Dia juga bawain teri kacang. Cantik-cantik jago masak nih kaka-kaka.

Waktunya makan, yippie. Semangat banget karena energi terkuras semalem. Laper banget pastinya. Semuanya makan cukup beringas. Si Ibal, ayangnya Deby dicengin karena makan dia paling banyak. Sisa nasi dimakanin sama dia. Huahaha kocak sih. Jadi sisa nasi (bahkan nasi kering gagal) juga dikasih ke dia haha.

Waktu santai digunakan untuk berkeliling Ranu Kumbolo. Gue melipir ke pinggiran danau bareng yang lain. Kebetulan ada juru kamera yaitu Bang Irwan. Semua yang banci kamera bersiap untuk difoto. Ngantri lho gaes!. Pas banget dipinggiran Ranu Kumbolo ada spot bagus buat foto disana. Pohon tumbang yang menjorok ke Ranu Kumbolo, Jadi bisa duduk diatas kayu itu. Dibawah pohon udaranya semilir dingin-dingin gitu. Padahal matahari terik banget. Jangan lupa pakai sunblock yaw disini. Gue yang nggak touch up rajin aja (meski udah pake sunblock) tetep ngelupas idungnya. Merah gitu mukanya plus perih.

Mulai sore hari, sebagian melipir ke oro-oro ombo. Gue sih males, soalnya bunga nya lagi ga mekar. Maunya santai-santai di pinggiran Ranu Kumbolo bareng Opank. Bang Andi dan Bang Botak juga cuma boboan di tenda. Kak Widya juga lagi ditemenin Mas Bayu. Deby juga lagi quality time bareng Ibal.

Jumat, 28 September 2018

Bang Andi, Bang Botak, Opang

Pagi-pagi masak dulu sebelum siap-siap packing turun. Sarapan terakhir kami adalah nasi goreng plus bakwan goreng. Yippie! Sebagian pada asik main gaplek, iyes gaplek. Kalo udah main rusuh banget deh semuanya. Apalagi Bang Andi hobi banget ngelawak. Opank juga rame banget. Mba Abud juga ikutan, hahaha.

Gue pribadi sih perutnya lumayan tahan banting. Minum air Ranu Kumbolo langsung nggak kenapa-napa sih perut gue. Tapi lain hal buat Kak Wulan. Sekalinya dia nyobain langsung sakit perut wkwk. Jadi tetep dimasak deh airnya. Ohya soalnya, emang ada ikan-ikan kecilnya gitu di dalam air nya haha.

Ada anjing lagi cipak-cipak nih !

Waktu siap-siap mau pulang. Ada warga sekitar Ranu Pani yang keatas bawa-bawa kambing. Ternyata kambingnya disembeleh di Rakum. Warga ini juga bawa anjing lumayan banyak. Kemudian anjing-anjing ini berenang di rakum. Bagaimana perasaan anda sobat? minum air itu kemudian buat anjing cipak-cipak disana haha. Untung udah mau pulang. Ngomong-ngomong, warga itu bawa kambing karena ada pesanan pendaki. Heuh tajir juga ya, Beli kambing satu untuk makan setenda hahaha. Ini hasil investigasi gue dengan Bapak-bapak lho.

Narsis dulu sebelum turun gunung !

Yup, akhirnya kita kembali turun ke Basecamp pukul 11.00 siang. Kita foto-foto cantik dulu dengan latar Ranu Kumbolo. Wah seru banget sih, ngangenin. Pastinya next time bakal kesini lagi. Heran yaa kalo udah turun rasanya lupa gimana perjuangan kesini haha.

Hayooo siapa yang mau makan semangka

Waktu perjalanan turun ke basecamp, sempet-sempetnya ye jajan semangka. Ohya, ciri khas banget nih kalo muncak ke Semeru, kita bisa nemuin penjual semangka di tiap pos. satu potong semangka dibanderol Rp2.500. Mayan kan aus, jadi agak seger diperjalanan ahaha.

Mba Abud sama Sidiq lagi re-packing

Akhirnya sampai di pos pendakian mendekati waktu maghrib. Gue udah capek banget rasanya, udara juga udah dingin banget. Tapi karena rasanya badan gaenak banget, rambut lepek, gua paksakan mandi haha. Ternyata Ka Widya juga mandi. Keramasan juga!. Setelah itu kita makan lagi diwarung dan istirahat di basecamp. Setelah ini kita melanjutkan perjalanan lagi ke Bromo dan akan gue bahas di tulisan selanjutnya!