Mie Aceh Bungoong Jeumpa : Mie Aceh Terenak Yang Pernah Gue Makan

No comments


Mie Aceh adalah salah satu menu legendaris dari Aceh. Makanan ini umumnya menggunakan mie basah dengan tekstur yang kenyal dan agak besar-besar ukurannya. Memiliki aroma yang cukup kuat karena memiliki perpaduan rempah yang bermacam-macam. Terkadang, Mie Aceh juga diolah dengan irisan daun kol, daun bawang dan toge. Setelah matang, Mie Aceh akan disajikan dengan kerupuk emping dan acar bawang merah. Hmmm, bikin ngiler!


Tampak depan Kedai Bungoong Jeumpa

Dari sekian Mie Aceh yang pernah gue icip, Mie Aceh Bungoong Jeumpa yang paling nendang dan juara. Kedai Mie Aceh ini terletak di dekat gerbang kampus II UIN Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan. Kedainya buka sejak pukul 17.00 hingga larut malam. Saking terkenal enaknya, banyak orang yang rela antri untuk makan disini. 


Kedai ini hanya tersedia 4 meja besar dengan bangku panjang yang melintang dan bisa diisi oleh 20 orang. Tempatnya agak panas dengan bau bumbu mie aceh yang menyeruak ke seluruh ruangan. Cuma ada satu kipas angin yang menempel diatas menu, jadinya nggak ada ngaruhnya. Karena setengah dari ruangan digunakan untuk memasak, maka dari itu ruangannya berasap dan panas. Bahkan pada dapurnya terlihat berjejer wajan untuk memasak.


Mie Aceh Rebus Spesial

Yang favorit di kedai ini adalah Mie Aceh dan Nasi Goreng Aceh. Mie Acehnya juga bisa dinikmati dengan berbagai cara, bisa digoreng, ditumis (ada kuahnya sedikit), atau direbus. Kalau suka yang masakan berbumbu yang kuat, paling enak makan yang direbus. Untuk menu Mie Aceh spesial juga nggak pelit topping, ada potongan cumi, udang, daging sapi, dan potongan telur dadar. Soal telur, kalian juga bisa request mau didadar, diorak-arik atau diceplok. Harga makanan di sini pokoknya nggak terlalu mahal juga dibanding kedai Mie Aceh lainnya, perporsi kisaran Rp 16.000 - Rp 30.000. Kalo cewek makan ke sini gue saranin makan satu porsi berdua, karena porsinya gede banget, haha. Anak kosan pasti seneng banget makan ke sini, hahaha.

Menikmati Mie Aceh Rebus dengan segelas teh aceh hangat

Minuman yang paling pas untuk menemani kalian makan Mie Aceh adalah Teh Aceh. Teh pekat dengan aroma kayu manis yang harum banget. Lo bisa pesan dingin atau panas. Harganya hanya Rp.5000 rupiah aja. Selain menu Mie Aceh dan Nasi Goreng Aceh, kalian juga bisa icip martabak telur dengan kuah kari. Tuhkaan manteb gak? 

Ohya kalau ke sini jangan datang di hari senin, karena kedai ini tutup. Hari operasional kedai ini hanya dari hari Selasa-Minggu, dari jam 16:00 sampai malam. 

Jadi gimana? tertarik buat dateng ke sini?

No comments