Jadi Solo Backpacker Selama Sehari Semalam Di Kuala Lumpur, Malaysia

No comments




Hai, kali ini gue mau share pengalaman pertama kali gue solo backpacker ke luar negeri yaitu ke Malaysia dengan budget terbatas, haha. Niat awalnya sih mau kondangan ke Medan, tapi apa daya nggak jadi karena yang nikah ganti tanggal. Yaudah gue manfaatin buat keluyuran aja, haha.

Lah kok ke Medan tapi ini tulisannya ke Malaysia?

Jadi gini, demi memangkas biaya, gue mengakali budgetnya dengan beli tiket murah Air Asia (karena saat itu harga tiket pesawat direct Jakarta-Medan PP Rp3.000.000 gais. Apa tidak pusing? haha). Jadilah gue beli tiketnya mutus-mutus, Jakarta-Kuala Lumpur, lalu Kuala Lumpur - Kuala Namu PP. Itinerary ini berhasil buat gue saving sekitar 1,6 jutaan. Total perjalanan sampe 5 hari 4 malam. Tapi di tulisan ini gue fokus keliling di Malaysia-nya.

*Air Asia gak mau sponsorin gue apa nih, aku tim Air Asia mania, loh!
Jakarta | Jum'at, 8 November 2019
Di hari keberangkatan, gue berangkat dari kantor ke Lebak Bulus naik Damri dengan tarif Rp40.000. Bis yang gue tumpangi berangkat tepat pukul 15.10. Gue lumayan deg-degan saat perjalanan, karena keadaannya Tol Pondok Indah macet parah. Alhamdulillah, macetnya karena mobil-mobil mau ke arah serpong yang lumayan padat merayap. Setelahnya lancar sampai bandara.

Sampe di bandara, gue nukerin uang di money changer dengan nilai tukar Rp3.700/1 MYR. Padahal cuma Rp3.100 hari itu kalo ngeliat di Jenius. Kampret banget lah ~. Gue sotoy banget sih, nggak nukerin uang di money changer daerah Depok. Akhirnya gue nuker cuma 100 ringgit doang, wkwk. Gua rugi Rp60.000 anying, bisa buat makan enak tuh segitu, haha. Dan, ya sebenernya mendingan langsung narik di atm di negara tujuan aja, sih.

Abis itu, gue beli KFC Rp40.000. Padahal kalo tadi gue makan di kantor cuma Rp20.000 saja. Efek deg-degan sih makanya gue mager makan di kantor. Soalnya malam sebelum keberangkatan, ada masalah waktu gue check-in web dan kayaknya gue salah isi data paspor. Karena tiba-tiba muncul notifikasi kalau paspor gue udah nggak berlaku. Fak momen banget, lah. Padahal, paspor gue masih berlaku sampe bulan Maret 2021. Karena nggak tenang, jadilah gue check-in ulang di bandara. Ternyata emang ada kesalahan input data. Oh baiklah, satu masalah ini selesai.

Baru setengah tenang, gue ngantri Imigrasi. Kemudian gue serahkan paspor sama tiket gue. Lalu petugas Imigrasi bolak-balik buka lembaran paspor gue sambil mengernyitkan dahi.
"Mba, kok ini cuma ada 2 stempel?" tanyanya penuh selidik
"Hah, gimana?"
"Mbaknya dulu balik naik kapal?"
"Nggak kok, bolak balik naik pesawat. Dulu dari terminal 3, kok"
"Kok ini nggak ada ya stempel pulangnya. Cuma ada stempel visit?

Gue bingung, diem buat mikir, karena nggak ngerti - ada apaan, sih?

"Yaudah, ada tiket baliknya?" 
"Ada Pak, ini (gue kasih liat email saking udah keringet dingin. Padahal tiketnya udah gue download)
"Coba saya tanya dulu" Mas-masnya keluar dong dari kotak imigrasi itu sambil bawa paspor gue dan nanyain ke atasannya kali. Lalu dia balik lagi
"Iya ini aneh mba, ngga ada stempelnya. Di datanya mbak juga masih di Singapura ini. Mbanya dianggap masih di sana"
"Waduh, yang bener, Pak?"
"Iya, ini datanya mbanya belum pulang"
"Lah saya beli tiketnya PP kok pak, ini masih ada tiketnya di email yang taun lalu" Gue udah lumayan tegang.
"Hmm, mungkin lupa ini petugasnya. Terus berapa hari?"
"Sehari Pak, nginep di Bukit Bintang, nama hostelnya Comfort Cabin"
"Coba liat booking nya".
"Ini pak"
"Coba mana tiketnya tadi"
"Ini pak"
"Lho kok, ini tanggal 13?"
"Tanggal 9-nya saya flight lagi soalnya"

Ya allah tolooooong, wkwkwk. Deg-degan anjer! hahaha.

Lalu gue lanjutkan penjelasan gue 
"Iya saya tu mau terbang lagi ke Medan cuma via KL, ini tiketnya ada kok. Jadi ini Jakarta - Kuala Lumpur - Medan - Kuala Lumpur - Jakarta, pak"
"Oh, yaudah scan jarinya" gue nempelin semua jari gue di scanner.
"Sudah, mba"
"Okeh, makasih pak. Maaf jadi lama"
"Udah biasa mba, ada yang lebih lama daripada mba"

Anjir deg-degan banget, bangsuy, haha. Untungnya dilolosin gue, mau nanges aja rasanya wakaka. Dikira pekerja ilegal kali gua, ya hahaha. Abis itu, gue cek bagasi, semuanya amaan. Gak ada yang dibuka - buka. Nggak lama, sampe di gate F1 Open boarding. Gue ngantri naik bis menuju pesawat. Pesawat lepas landas pukul 19.10. Alhamdulillah aman. 

Kuala Lumpur International Airport | Jumat, 8 November 2019, Jam 20.50 PM 

Alhamdulillah gue landing dengan selamat. Saking excited-nya, gue main jalan aja ke Imigrasi. Asli nyesel nggak isi air minum gratis dulu. Padahal kerongkongan gue udah kering banget kek padang pasir, haha. Suprisingly, Imigrasi di Malaysia malah nggak ribet, dah. Nggak ada 10 menit kelar.

Abis itu, gue bingung nukerin voucher klook buat nebus simcard, malah muter-muter nggak karuan, haha. Ternyata booth-nya Celcom nggak jauh dari pintu kedatangan tadi, wakaka. Selesai aktifin kartu, gue langsung naik lift ke P1 untuk naik bas. Sebenernya gue masi penasaran sama Star Shuttle yang gue liat di 12goasia.com. Karena harganya murah banget cuy, 18 Ringgit udah sampe depan hostel gue. Tapi yaudelah gue udah males nyari-nyari, yang ada aja disikat. Akhirnya gue naik bis Suasana dengan tarif seharga 12 Ringgit.

So far sih, bisnya mantab, bagus, dan enak (nyaman gitu). Sopirnya muterin radio, trus muterin lagunya Rossa sama Nike Ardila (anjir lawas banget, dah). Di jalan menuju pusat kota, gua berasa di Tol Soekarno-Hatta yang dikelilingi dengan rawa-rawa, haha. Total perjalanan dari bandara ke KL Sentral sekitar 1,5 jam. Sampai di KL Sentral, semua transportasi umum sudah berhenti beroperasi. Gimana nggak, gue aja sampe jam 12.10 malem. Mau gamau gue harus naik grab 17 Ringgit. Anjeng jadi mahal, dah, wkwk. Abis 30 Ringgit. Fix banget baliknya gue ngemper di bandara. Jajan dipangkas!

Supir Grab gue orang keturunan India, namanya Vijay. Orangnya galak banget sumpeh, tegas gitu 😂. Dia ngomelin gue karena kata dia bukannya langsung masuk ke mobil malah bengong. Padahal gue lagi mastiin itu mobilnya bener apa nggak, wkwk. Dia nanya gue udah pernah ke KL belom. Lah ini gue malah celingak-celinguk jadinya dia nyeramahin gue buat hati-hati sama copet, sama yang ngebius, karena ada aja yang nawarin minuman terus di kasih obat. Trus dia ngomel juga karena gue pilih nginep di hostel, wehehe.
"Awak sendiri berani je, jangan la di hostel. Hotel kecil cem tu bahaye. Ada penculik, penjahat di hostel. Biar lah bayar lebih mahal tapi nyaman, beli makan nak murah je"
"Oh iya Pak, hehe. Semoga baik-baik aja"
"Nanti you orang jangan percaye orang baru. Diam je. Jangan tengok nak ade yang tanya. Jangan bilang baru pertama ke KL"
Sambil dia nyeramahin gue, gue langsung cek lokasi hostel gue di maps, biar tau patokannya. Eh, ternyata cuma 90 meter lagi dari pergerakan mobil, hahaha.
"Iya Pak, terima kasih. Saya turun disini aja. Dekat dari hostel saya, Pak"
"Oh oke, hati-hati. 17 Ringgit, ya" Gue langsung bayar dan membuka pintu taksi untuk keluar.

Gue sudah sampai di Bukit Bintang, tepatnya memasuki Jl. Alor. Malam itu waktu udah menunjukkan pukul 00.40 AM. Tapi suasananya masih tetep ramai. Banyak turis asing yang meramaikan setiap sudut wilayah ini. Di ujung jalan gue liat restoran muslim yang jual nasi lemak. Wah ini nih, gue bakal makan di situ. Ternyata jalan kaki menuju hostel dari situ juga nggak begitu jauh. Jalan sedikit aja gue udah bisa liat hostel di belakang restaurant tadi.

Gue sampe di Comfort Cabin. Hostelnya bergaya industrial dengan aksen kayu yang terasa homey, modern, dan simple. Cuma sayangnya agak sedikit bau kaos kaki karena sepatu dilepas, haha. Saat masuk, gue disambut oleh resepsionis dengan perawakan khas Pakistan. Dia ramah banget, cukup koperatif saat gue melakukan check-in. Di saat bersamaan, gue juga kebetulan ketemu dengan tiga cewek yang mau nginep di hostel malam itu. Selesai booking, ternyata mereka juga sekamar sama gue. Gue pun tanya ke mereka sok kenal "Ada yang mau makan keluar?"
Lalu salah satu dari mereka jawab "Iya, kita mau makan juge"
"Aku ikut dong"
"Ohya, bole bole"

Lalu gue masuk ke kamar duluan, mereka masih urus kamar. Sampe kamar gue cuma letakin tas bawaan gue dekat kasur. Ternyata mereka juga ikut nyusul ke kamar. Mereka agak lama ganti baju dulu, gue langsung keluar ambil minum di pantry, karena gua udah aus banget buset dah, lupa minum sejak landing, haha.

Makan Malam di Bukit Bintang, Kuala Lumpur

Setelah gue dan mereka udah siap untuk keluar hostel, tiba-tiba muncul pengamen lagi giting, dong. Ini dia ngapain sih? wkwk. Pengamen ini nungguin depan pintu hostel sambil nyanyi, ketawa-tawa dan mainin kecrekannya, yasalam. Resepsionis paham kita nggak nyaman dengan kehadiran pengamen ini. Dia keluar terus ngobrol sama si pengamen sambil cengengesan. Ada satu bule yang juga mau keluar dari hostel, dia cuma bergumam "Wow, she is on drugs" terus yaudah kita rame-rame ketawa sambil bergidik ngeri. Gimana tuh?


Wanita giting tadi udah pergi, kita beraniin untuk keluar. Kami menyusuri pertokoan yang sudah tutup, hanya ada anjing yang sedang tidur di pinggir jalan. Ketiga perempuan ini agak takut saat liat anjing tadi, meski anjingnya juga dirantai oleh pemiliknya. Berjalan hanya 5 menit, kami sampai di Restoran Al-Sarifa, restoran ini menyediakan nasi lemak, roti naan, mie instan, kopi, teh tarik, dan ya menunya agak mirip warkop sih, haha. Gue memesan nasi lemak dengan kari daging. Gue nggak mesen air minum karena udah bawa dari hostel. Sedangkan satu ukhti memesan roti cane mozarella, satu ukhti lagi nasi goreng, dan mie goreng.


Restoran Al-Syifa dengan berbagai menu andalan

Kari daging yang berlimpah

Sambil menunggu pesanan datang, gue baru mulai berkenalan dengan 3 ukhti dari Johor yaitu Anis, Hana, dan Hanani. Mereka ke Kuala Lumpur mau ikut maulid nabi besok malam. Nah, siangnya mereka juga nggak tau mau kemana. Jadi akhirnya mereka ngajakin gue untuk pergi bareng. Mereka bertiga ini mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Malaysia. Iya, kampusnya si Mantan Menteri Olahraganya Malaysia yang ganteng itu, haha. Bukan kaleng-kaleng, mereka ini lagi kuliah S2 bukan kuliah S1 lagi, cuy. Suprisingly, mereka bertiga seumuran sama gue. Sama-sama lahir tahun 1996. Makanya kita nyambung banget.


Nasi lemak dengan kondimen kari sapi, telur, dan teri.


Roti naan isi keju dengan cocolan saus kari, yummy!

Obrolan sempat terhenti karena makanan datang. Gue yang kelaperan langsung makan nasi lemak-nya. Gue cukup menikmati taste bumbu kari dagingnya, walaupun sayangnya banyak tulang dan alot. Nasi lemaknya juga pera dan rasa sambalnya mirip sambel terasi ABC botolan. Kita saling icip menu masing- masing. Kalau menurut Hana, Anis, dan Hanani sih, nasi lemaknya biasa aja. Mereka bilang enakan yang dijual bu-ibu di pinggir jalan pas waktu sarapan. Nasinya pulen dan sambelnya enak, bahkan harganya cuma 1 Ringgit atau sekitar Rp4.000. Yah, namanya di kafe, kan. Gue juga icip roti naan pesanan Hanna, wah enak euy. Teksturnya chewy dan agak manis walaupun disediain 2 saus berbeda. Nasi goreng dan mie gorengnya mirip kok sama nasi goreng terasi di Indonesia.

Hana dan gue

Kita lanjut ngobrol lagi sambil ngabisin makanan. Si Hanna excited banget pas tau gue dari Indonesia, soalnya dia suka sama beberapa artis Indonesia kayak Fedi Nuril. Katanya, dia pernah nonton film ayat-ayat cinta makanya jadi auto terpukau sama si artis ganteng itu. Dia bahkan Instastory-in gue pas lagi ngobrol dengan aksen Indonesia "Macam liat sinetron dengar kamu cakap bahase Indonesia, aku mau kirim kawan, dia suka liat sinetron" hadeh ada ada aja dah si Hanna.
Si Hanani juga sampe ngakak pas gue ajarin kosakata slang di Indo.
"Wah anjir! itu bisa nunjukin keadaan yang takjub gitu, atau bisa juga kesal" gue jelasin ke mereka
"Iya pernah dengar tu, anjir" kata Hanani
"Iya anjir, hahaha!" Hana coba ngucapin
"Eh itu aslinya dari kata anjing tau, terus jadi anjay, anjrit, anjir"
"Ehiya kah? haha"
Ternyata obrolan anak-anak Jakarta udah menyebar sampe Malaysia, coy!. Anis juga cerita kalo dia ada keturunan dari Jawa, bahkan dia tau beberapa kosakata bahasa Jawa. Si Hanani juga, kakek or neneknya rantauan dari Ponorogo. Makanya kita berasa keluarga jauh! haha.

Gue, Hana, Hanani, dan Annis

Karena udah kemaleman kita balik ke hostel. Sebelum pulang, gue membayar nasi lemak 15 ringgit. 

Sejujurnya gue mau keliling area Bukit Bintang malem itu. Pas banget friday night, jadi rame. Atmosfernya bener-bener kayak di Kuta, Bali. Berderet bar, warung makan, alunan musik yang terdengar dengan kencang, dan yaa gue liat ada call girl juga lagi mangkal. Cuma ga berhubung ukhti-ukhtiku nggak nyaman dengan suasana ini, jadi gue cuma liat-liat sebentar lalu balik aja ke hostel. 

Tapi balik ke hostel pun gak kalah seru. Di hostel juga masih lanjut ngobrolnya sampe jam 3.00 pagi. Bahas soal agama, pengalaman, dan banyak cerita lainnya, haha.

Keliling Kuala Lumpur | Sabtu,  9 November 2019

Sarapan roti dengan selai plus susu dancow

Kami semua kesiangan efek baru tidur jam 3.00 dini hari. Gue ngeliat di jam tangan udah jam 8.30 pagi. Gue langsung mandi dan siap-siap. Tapi Anis, Hana, dan Hanani usul buat jalan jam 11.00 siang aja sekalian makan siang. Karena gue jam 10.00 udah beres mandi dan packing ulang, gue ke pantry buat sarapan. Oles roti dengan selai stroberi plus nyeduh susu putih yang rasanya mirip banget dancow.

Saat ngetik ini, gue agak nyesel kenapa gue nggak keluar buat liat keadaan sekitar sambil nunggu temen-temen ciwikku ini selesai dandan, ya? Yaudahlah, emang disuruh balik lagi kayaknya ke Malaysia after corona, haha.

Jam 11.00 kami udah masuk ke mobil, bersiap untuk makan siang. Gue sendiri nggak bikin itinerary fix, jadi masih agak longgar. Lagian mereka kan warga lokal, jadi gue ikut aja mau makan siang kemana. Pilihan pun jatuh kepada Kopitiam Ali Muthu & Ah Hok.


Di depan Kopitiam Ali Muthu & Ah Hok


Karena kami naik mobil, nyari parkiran susahnya setengah mati. Tarif parkir perjam juga lumayan mahal gais, sekitar 10-25 Ringgit. Apa tidak menangis? huhu. 3 kali muterin kawasan Chinatown, akhirnya dapet juga parkiran. Siang itu panas banget pula, bener-bener mentereng deh mataharinya. Udah gitu, kami harus jalan kaki dari parkiran ke lokasi. Walaupun cuacanya panas, tapi ngeliat kotanya rapi dan arsitektur gedungnya bernilai sejarah, tetep manjain mata, sih.

Suasana Kopitiam yang dipenuhi pengunjung

Suasana kopitiamnya cukup rame. Pas banget kami datang waktu jam makan siang plus hari itu adalah hari sabtu alias weekend cuy. Beberapa yang datang adalah warga lokal dan nggak sedikit turis yang juga ikut menikmati sajian di sini. Gue pribadi suka dengan suasana ini. Ditambah lagi, kita dimanjain dengan interior kopitiamnya yang bener-bener old school. Kental dengan aksen arsitektur Tionghoa.

Nasi Hainan dan Nasi Lemak Bersatu

Gue sendiri memesan nasi hainan dan teh o. Hanna dan Anis pesan nasi lemak dan teh tarik. Sedangkan Hanani cuma pesan roti bakar. Gue nggak ngerti lagi sama si Hanani cuma makan cemilan dari semalem. Kayaknya dia lagi program diet deh, haha. Sejujurnya, rasa nasi hainamnya biasa aja. Enakan yang pernah gue makan di Kuningan City (di festival gofood). Nggak gue rasain gurih di ayamnya. Bener-bener cuma asin doang, kayak ayam direbus abis itu direndem di kecap asin. Yaudah gituu lah. Harganya 15 Ringgit plus teh o nya seharga 3,5 ringgit. Lumayan kalo dirupiahin sekitar Rp70.000. Sama kayak makan di kafe-kafe Indonesia.


Petaling Street surga belanja bagi turis

Udah kenyang, kita bergegas ke Petaling Street. Kawasan ini dikenal sebagai Chinatown-nya Kuala Lumpur. Sekilas pertokoan di sini mirip dengan Pasar Baru di Jakarta. Beberapa toko menjajakan barang-barang mulai dari tas, baju, makanan, hingga bunga sesaji untuk ibadah. Nggak cuma itu, pedagang di sini juga memasang tenda dari terpal ala pedagang kaki lima pada umumnya. Liat kacang kenari yang ginuk-ginuk bikin ngiler. Ada engkoh-engkoh yang bikin martabak juga menggoda banget.

Pakcik lagi bikin martabak nih

Pedagang sesaji untuk Ibadah

Dari Chinatown, kita lanjut jalan kaki ke Central Market. Tempat ini juga pusat penjualan oleh-oleh dan pernak-pernik khas Malaysia. Mulai dari cemilan kayak milo, manisan, gantungan kunci, postcard, kaos, totebag, dan masih banyak lagi. Beberapa barang yang dijual di sini juga bisa ditawar. Barang-barang di sini sebenernya dijual juga di Petalling Street, cuma ya lebih mahal kalo menurut gue. Soalnya ini emang pusat oleh-oleh sih, jadi udah pasti target marketnya ya turis.


Gue dikasih tau sama Anis kalo mau beli makanan murah mendingan di minimarket aja. Nah gue masuk lah ke minimarket di pintu masuk Central Market. Di sini gue beli fish cake, nestle wafer, sama manisan cumi. Cari yang gak ada di Indonesia pokoknya (terus kepikiran kenapa nggak beli mie khas sini, haha). Gue abis 23 ringgit atau kalo dirupiahin sekitar Rp80.000an


Gue lagi liat-liat gantungan kunci buat oleh-oleh karena gue anaknya medit yah, maksudnya bener-bener diperhitungin banget. Kalo nggak gitu gue pulang-pulang nggak punya ongkos, haha. Terus liat-liat harganya 20 ringgit untuk satu pack isi 6 gantungan. Gue kan anaknya kalo milih-milih gitu lama, galauan gitu. Terus pas gue udah selesai milih malah dibayarin sama mereka bertiga. Huhu baik banget mereka ini :(.


Nah gue juga nggak mau ketinggalan untuk beli merchandise lainnya. Kaos oblong! Harganya 30 ringgit 3 kaos cuy. Mayan lah biar ada kenang-kenangannya, haha.


Selesai liat-liat di Central Market, kita lanjut jalan lagi ke Masjid Jami'. Bangunan tuanya cantik banget dan terawat. Jadi jalan kaki juga nyaman walaupun hari itu panas banget. Udah sampe di sebrang masjid, kita cuma liat dari jauh aja sih karena udah nggak sempet buat lama-lama.


Matahari juga udah nyengat banget woy, haha. Saking nggak kuatnya kita mampir beli air minum dingin di minimarket. Eh btw harganya cuma 2 ringgit loh, sama kayak di Indonesia. Jadi inget tahun 2018 ke Singapura buset air aqua masa 2 dollar alias 20 ribu :(. Jiwa miskin ku meronta-ronta.


Lanjut nih, abis ke masjid, kita jalan kaki menuju lapangan merdeka. Lapangan ini merupakan tempat pertama kalinya Malaysia menyatakan merdeka dari Inggris. Maka dari itu lapangan ini menjadi monumen kemerderkaan Malaysia. Kalau ada upacara kenegaraan pasti di sini cuy.


Pas banget ya, ada awan cantik banget kayak payungin istananya. Gue pun nggak mau ketinggalan buat cekrak-cekrek di sini. Efek udah kepanasan, kita balik jalan ke parkiran buat lanjut lagi ke destinasi selanjutnya: Menara Kembar Petronas. Berhubung nggak tau harus markir di mana dan buru-buru juga, si Anis nemu spot buat foto menara kembar dari belakang. Tepat di bawah menara kembar adalah taman kota yang luas banget. Sumpah iri jadinya sama Kuala Lumpur. Taman seluas ini nggak ada soalnya di Jakarta, haha. Yang nemenin gue keluar dari mobil untuk sekedar motret cuma si Hana, haha. Yang lain stay di Mobil.

Waktu semakin mepet, akhirnya gue dan Hana jalan balik ke parkiran mobil buat cus ke Batu Cave. Di mobil kita ngobrol banyak, mulai dari film, sinetron, sampai bahas politik juga. Seneng banget ketemu ukhti-ukhti cerdas banget kayak gini, haha.




Perjalanan dari KLCC ke Batu Cave sekitar 1 jam via tol. Ini bener-bener mereka mau nganterin gue sampe batu cave loh, hahaha. Kata mereka kalo nggak karena nganterin gue ke sini, kayaknya ga akan pernah menginjakkan kaki di Batu Cave. Alesannya, ya mereka warga lokal bisa kapan aja ke situ dan ga minat aja katanya. Beda kalo mereka berkunjung ke Indonesia misalnya, datengin candi bakal menarik buat mereka. Begitulah ceritanya.



Batu Cave puanaseee rek. Waktu udah menunjukkan pukul 15.00 sore. Gue bener-bener cuma mampir aja liat kayak gimana sih. Menggugurkan rasa penasaran. Di sini kalo nggak salah abis ada perayaan diwali. Itu salah satu hari raya umat hindu. Kalo ke sini bakal dipenuhi dengan pedagang penjual manisan, pernak-pernik khas India, sampe sesaji juga tersedia. 


Di sini cuma sebentar aja, jam 15.30-an gue diajak makan cendol yang enak dan rasanya seger banget. Mirip sama cendol di Indonesia. Terus pake ditraktir segala (Ya Allah, ngerepotin bener gue, hahaha). Kita juga nggak lama abis makan es cendol cus ke KL Sentral karena perlu nganterin gue yang harus flight ke Medan di malam hari.



Sampai di KL Sentral itu rasanya sedih banget, karena tau-taunya gue dikasih post card dan isinya ucapan perpisahan. Bener-bener speechless, nangis gue hahaha (dasar cengeng). Setelah berpamitan, gue langsung masuk ke dalam KL Sentral, nyari mushola buat sholat ashar. Setelahnya, gue ngantri ATM buat beli tiket bis menuju Airport. Potongannya gede juga cuy narik di ATM Maybank, sekitar Rp50.000. Sedih dah...

Jam 20.00 gue sampai di Bandara KLIA 2. Gue laper tapi males mau makan apa. Jadi gue langsung siap-siap check in. Bandara KLIA itu terkenal sibuk soalnya. Bener aja, buat check-in plus check custom imigration-nya lama banget bisa 1,5 jam sendiri. Gue pun take off jam 22.10 malam menuju Kuala Namu Medan.

Danau Toba! Here I come


No comments