Cerita Pendaki Pemula Menuju Titik Tertinggi Di Gunung Gede

No comments
Sekian lama gue menunggu mood untuk menuliskan sedikit pengalaman gue mendaki gunung, tiba saatnya untuk gue berbagi cerita di blog random gue ini. Pengalaman gue mendaki ini bener-bener ngga terlupakan. Kali ini gue mau agak serius dikit bahasanya, huehehe.

Anyway, sebenernya gue mendaki udah sebulan lalu, tepat pada tanggal 15 mei 2015 gue berangkat menuju Taman Nasional Gede Pangrango via Cibodas. Gue ikut open trip yang diadakan oleh salah satu teman yang gue dapet dari kenalan dulu waktu gue pesantren. Persiapan yang gue lakukan sebelum pendakian ngga terlalu banyak, karena kesibukan gue kuliah dan bisnis serabutan.

Beberapa minggu sebelum pendakian, gue membeli beberapa perlengkapan pribadi semacam jaket dan headlamp. Kebetulan, pada bulan april ada pameran outfest di Senayan, Jakarta. Bagi gue, ini adalah kesempatan untuk dapet jaket bagus dan diskonan, hehehe. Lumayan, pulang dari sana gue dapet jaket forester biru abu-abu yang dapet diskon 20%

Gue udah dapet peringatan dari abang gue yang bagi gue udah pro banget naik gunung, gue harus banyak olahraga. Hal ini untuk mengurangi cidera pas pendakian. Ya gue olahraga seadanya, sering streching dikamar sendirian ditemani musik beat hiphop macem Timbaland, Jenifer Lopez, Rihanna, dsb. Terkadang, gue lari sore setelah pulang kuliah biar kaki gue kuat.

Satu minggu sebelum pendakian, gue dikabarin oleh panitia untuk membawa perlengkapan pribadi. Gue mulai pinjem beberapa perlengkapan macem sleeping bag, matras sama abang gua. Tadinya abang gue males pulang kerumah dari kosan, berhubung adiknya yang ngeselin ini mau pinjem barang-barang dia, tetep dia bawain kerumah, huehehe.

Kemaren abang gue saranin buat bawa coklat. Dia bilang, bawa beng-beng enak, coklatnya dapet dan bikin kenyang karena ada wafernya. tapi gua juga bawa coklat batangan. tinggal gue potong potong aja kecil wqwqwq.

List perlengkapan yang gue bawa :

1. Daypack
  2. Plastic Bag
  3. Sleeping Bag
  4. Matras
  5. Headlamp
  6. Jaket Gunung
  7. Ponco (Jas Hujan)
  8. Pakaian ( include baju, celana, and underwear)
  9. Kaos Kaki

9. Minyak Kayu Putih
  10. Salonpast
  11. Mie
Gue sempet mikir, ini gua simpel amat bawanya, huahaha. Karna gue pikir, segala macam kebutuhan ada yang udah ditanggung sama panitia, Jadi gue hanya bawa perlengkapan pribadi

Keberangkatan, Tanggal 15 Mei 2015

Sebenernya, hari itu adalah hari jumat. Gue masih dibebani jam kuliah sampe jam 5 sore. padahal, Panitia udah ngasih tau kalo meetpoint kita di Kp. Rambutan dan kumpul jam 8 malem. Gue harus berangkat dari UIN ditemani temen gue Alfi. Dia akan berangkat bareng gue. Dari semalam sebelum keberangkatan, gue memutuskan untuk tetap kuliah dan gue langsung bawa daypack gue. Gue udah janjian sama alfi untuk titip tas dirumahnya, kebetulan rumahnya deket dari kampus gue.

Jam 08.00 gue berangkat dari rumah, pamit sama nyokap dan ga bawa motor. sampai kampus gue belajar bawa buku satu pinjem tas sama Alfi. Gokil lah, kayak ga niat kuliah. Akhirnya pas jam terakhir gue izin sama dosen untuk pergi pulang. Alesan gue sih ada acara yang ga bisa ditinggalkan, wqwqwq. Baek banget dosen gue, tetep dianggap masuk, langsung lah cus jemput tas sama alfi. Kita berangkat menuju Kp, rambutan dari depan Polsek Ciputat menggunakan Bis 510.

Pukul 06.15

Akhirnya gue sampe di Kp. Rambutan, Suasana terminal yang begitu crowded dan banyak berseliweran manusia, terutama calo yang rese banget. Gue dan Alfi mencari lokasi Musholla, sekalian ngaso nunggu temen-temen sampe di rambutan juga.

Pukul 07.15

Gue BBMan sama panitia pendakian, Elbi. Mereka ternyata udah sampe rambutan. Gue sama Alfi mencari mereka yang juga lagi nunggu kita berdua. Setelah cari mencari akhirnya kami bertemu rombongan lain. kami semua berjumlah 12.

Pukul 08.15

berangkat cus lanjut ke Cibodas. Naik bis jurusan Kp. Rambutan - Cianjur

Pukul 11.00

We had arrived! hell yeah. Masih didepan Cibodas, udah ramai dengan pendaki. Gue sempet ngira ini bukan 11 malem. banyak banget orang dengan tas tinggi

Instruksi dari ketua panitia, Bang Bale, kita akan melakukan pendakian pukul 3 pagi, jadi kami akhirnya beristirahat sejenak diwarung nasi. Lumayan, tempatnya disediakan karpet untuk tidur-tiduran. Ada yang pesen makan, bobo unyu, numpang ngecas, becanda, ketawa ketiwi.

ngeksis dulu cyinn
Berangkat Pendakian, 16 Mei 2015

Pukul 03.00

Eng ing engg, perjalanan yang kami tunggu-tunggu dimulai. pendakian udah mulai rame. petugas memberi jeda untuk setiap tim pendaki biar gak rempong pas lagi jalan. eh kita sempet ditahan pas mau jalan, katanya kuotanya dibatasin :mewek udah lemes juga dengernya. mana gerimis, udah was was juga.

Pukul 03.30

Akhrinya kita nunggu beberapa menit sampe jalanan sepi, and last... here we goo, kita berangkaat

Berjalan beriringan ditemani cahaya senter. pagi itu bener-bener masih gelap. dari warung menuju pos pertama butuh waktu 10 menit berjalan. sampai dipos pejagan kita melapor kepada petugas TN gunung gede dulu. kami diberi arahan untuk tidak membawa sabun dan apapun yang dapat mencemarkan lingkungan, serta kami semua berdoa agar selamat sampe kembali turun dari gunung. beliau berpesan, jika ada yang mengalami kecelakaan, sebaiknya tidak dipaksakan dan kembali turun.

Setelah itu kita berdoa bersama, dan kita melanjutkan pendakian melewati telaga biru, rawa gayang agung

Pukul 05.15

Langit gelap mulai berubah membiru. Segera kita beristirahat sejenak untuk sholat Subuh berjamaah. Kami wudhu menggunakan air minum yang kami bawa. Setelah itu kami lanjutkan perjalanan dan sampai di pertigaan air terjun cibereum

ngaso dulu sebentar

Pukul 08.00

Bersusah payah melewati batuan yang mulai sedikit terjal, trek pendakian setelah cibereum semakin meningkat level kesulitannya. sesekali berhenti dijalan. Melewati Pos batu kukus, dan juga air panas. kami hanya bisa berjalan hanya satu-satu, mengingat jalur yang licin dan sempit. diperkirakan air panas yang mengalir bersuhu hingga 70 C.

melewati air panas, kabut tebal mengganggu penglihatan
Gue udah ngeluh-ngeluh aja terus, serius lama bangeeet ga sampe sampe ke pos kandang badak. kaki gue udah nyut-nyutan parah hahaha. Akhirnya jam 14.00 siang kami semua sampai di kandang badak. ada sebagian yang udah sampai duluan dan mereka pasang tenda. sebagian nyiapin masak buat makan siang

Karna ngga ada kegiatan, yaudah haha hihi aja deh, gue udah capek banget dan susah jalan >,<