Backpacking to Jogja-Banyuwangi-Bali Part 3 ( Bali Edition)

1 comment
Huaaaah, baru mood dan sempet buat menuliskan sejarah hidup gue #eaak. Deadline tugas masih banyak padahal hiks. Tapi gue usahakan selesaikan cerita gue agar gue bisa menceritakan cerita-cerita lainnya, hazekkk.

Pantai Pandawa

Tanggal 17 Juli 2016

Jadiiii, gue akan melanjutkan kisah gue kemarin setelah gue sampai di Pelabuhan Gilimanuk. Gue berjalan keluar menuju Terminal Gilimanuk yang nggak jauh dari Pelabuhan. Gue sama Deby langsung cus cari Bis menuju Denpasar. Banyak bis dari Pulau Jawa yang lalu lalang, bagus pula bisnya. Karena kita ala backpacker, so kita naik bis biasa segede metromini dan lebih kecil. Dan lo tau brapa harganya? Rp. 50.000, padahal biasanya cuma 35.000 doang. Alesan keneknya sih karena lebaran -_-" boros 15 ribu. Jarak Gilimanuk - Denpasar emang jauh sih, sekitar 130 km.

Karena kita berdua belom sarapan dan Bisnya juga masih nungguin penumpang, akhirnya Gue dan Deby beli roti ala kadarnya dan aqua 1,5 liter untuk perjalanan menuju Denpasar. Cuaca Bali saat itu cukup cerah dengan udara yang agak lembab dan panas. Gue udah kelelahan, jadi di Bis kerjaannya cuma tidur. Oh ya badewei, kebetulan sekali Abang kandung gue tinggal di Bali, jadi selama trip di Bali gue nginep dirumah Mas Kiky. Doi mau jemput gue dan Deby di terminal, hahay deh. Gue udah janjian bakal ketemuan di terminal. Yesss, ngirit biaya penginapan dan makan, haha.

Nasi Campur Bali

Sekitar Pukul 12.00 WITA Kami sampe di Terminal Ubung, Denpasar. Gue udah liat mobil berwarna burgundy milik Mas kiky, dan yaey benerrr. Dengan muka kusut Gue dan Deby salim sama Mas gue dan kaka ipar gue Mba Tyas, lalu masuk ke mobil ada Nadia ponakan gue. Nadia malu-malu gitu karena udah lama nggak ketemu gue, haha. Cus deh kita makan ke Warung Nasi Ibu Oki yang menawarkan masakan khas Bali yaitu nasi campur yang berisi ayam betutu, lawar ayam, dan sate buntel ayam. Harga satu porsi Nasi campur bali sekitar Rp 25.000.

Mas gue kebetulan tinggal di Perumahan Puri Gading, Jimbaran yang letaknya nggak jauh dari GWK alias Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, jadi lumayan deket dari warung makan tadi. Sampai rumah pukul 15.30. Cukup hari itu untuk istirahat, nyuci baju, jaket dan semuanya. Karena kita nggak sempet nyuci di Banyuwangi. Mumpung ada mesin cuci. Mas gue hari ini mau nyariin motor buat gue dan Deby keliling selama 4 hari di Bali. And you know what? Kita dapet harga 35 ribu/hari. Standarnya di Bali itu 50 ribu/hari. Press budget banget pokoknya.

Beach Walk pada malam hari
Gue udah janjian sama dua temen gue, yang pertama adalah Desita yang gue kenal dari forum di kaskus yaitu Kaskuser SMA (padahal guenya udah tua gini, haha) yang sempet-sempetnya mampir maghrib gini ke Jimbaran dari Denpasar, hoho. Bagi gue sih nggak terlalu jauh lho padahal Jimbaran - Denpasar, wakaka, cuma 1 jam palingan. Tapi doi nyasar-nyasar gitu katanya, duhh, kasian. akhirnya gue persilahkan masuk kerumah dan kenalan plus ngobrol-ngobrol. Karena udah kemaleman katanya, dia akhirnya pulang kerumah. Duuh, maafin yaaah Des :(

Yang kedua, sohib gue dari Jakarta, si Faisal. Doi temen gue di Aliyah dan lumayan deket sama gue. Sebelum keberangkatan, gue abis ngobrol-ngobrol sama dia dan dia pun memutuskan buat ikutan ke Bali. Sekitar jam 7 pagi tadi, dia udah sampai di Bali landing dari Jakarta dan akan nginep di hotel yang pas banget berada di belakang Beach Walk Kuta. Malem kita keluar rumah bareng dan Abang gue mau nganterin ke Beach walk gue sekalian ketemu sama Faisal di lobby Beach Walk. 

Karena hari sudah malam, Akhirnya kita balik kerumah dan istirahat untuk bepergian esok hari.

Tanggal 18 Juli 2016


Hari ini rencana kita pergi ke Pantai Pandawa, Pantai Balangan dan gatau mau kemana setelahnya, haha. Karena hari itu gue juga janjian sama Desita,  tapi belom tau mau kemana. Sebelum jalan, kita isi bensin dulu di pertigaan Univ Udayana (yang biasa disingkat Unud), daerah Jimbaran. Jam 10-an kita masuk ke kawasan Pantai Pandawa. harga tiket masuknya Rp. 9.000/orang. Btw, sekarang Bali udah kayak Chinatown lho, serius. Banyak banget wisatawan dari Tiongkok di Bali. Gue sejatinya nggak suka ketempat wisata yang banyak pengunjungnya, jadi Gue dan Deby milih untuk jalan agak ke kiri yang lumayan sepi biar bisa nikmatin pemandangan pantai dengan leluasa.

Meet Up di Pantai Pandawa

Cuaca Bali lagi nggak banget saat itu, mulai mendung. Kita akhirnya berteduh di gubuk-gubuk gitu karena gerimis. Disaat itu nggak ada sinyal, Gue sama Deby akhirnya beli Pop Mie seharga Rp 8000/cup dan Aqua botol Rp.5000. Niatnya hari ini janjian juga sama Faisal, tapi sampai jam 11.30 doi belum muncul juga batang hidungnya di Pandawa. Cuaca mulai membaik, gerimis pun berhenti. Segera kita cabut ke Parkiran, dan pass banget ketemu Faisal.


"Woi, Gue nungguin lo daritadi, mau ngabarin lo nggak ada sinyal, haha" Kata gue ke Faisal
"Gua dari tadi chat lo centang satu, gua kata kemana ni anak. kalo lo ga ada juga ya gua mah sante aja, hahaha. yaudah mau kemana nih" kata Faisal
"Katanya mau ketemu Desita Han?" tanya Deby
"Iyaa, nih coba gue chat dia" Gue langsung otak-atik hape gue, coba chat si Desita. Nggak lama Desita bales.
"Eh, Desita ngabarin kalo dia lagi tes ujian masuk kampus. Nanti diusahakan ketemu, kita disuruh ke Sidakarya daerah Denpasar kota kayanya agak sorean. mau diajakin makan katanya. Kalo gitu kita ke Pantai deket sini aja sal, yang gue belom pernah, haha. Balangan gue dan Deby belom pernah nih"
"Yaudah gua mah ayok aja, udah bosen gua ngiterin Bali" Btw Faisal cemcemannya di Bali, makanya doi sering banget bolak balik CGK-DPSR, haha.
"Gayak lo, haha"
"Yaudah, ayok dahh, haha"

Gruviee!
Kita akhirnya touring menuju Pantai Balangan. Perjalanan dari Pantai Pandawa sekitar 20 menit. Masih di daerah Jimbaran juga. Jalannya meliuk-liuk, masih mulus juga, meski ada beberapa spot jalan yang rusak. Jalanan agak becek sisa gerimis intens tadi. Jalanan mulai menurun karena Jimbaran itu sebenernya diatas Bukit, Jadi, kalo ke pantai ya jalannya menurun ke bawah. Dijalan kita ugal-ugalan banget karena sambil ngobrol dan bikin video gajelas haha.

Pantai Balangan saat Mendung
Here We Are !!, Pantai balangan yang Keceh. banyak Bule. cuma bayar parkir Rp 2000. Pantainya menghadap ke Samudra Hindia. Nggak terlalu pasang ombak disiang hari itu. Cari spot bagus dan kita foto-foto unyu deh.

Setelah puas foto-foto dan menyusuri pantai ini, kita cabut buat nyamperin Desita ke Denpasar. Oh ya, kalo ke arah Denpasar, di perempatan deket Bandara kita bisa muter lewat tol atau lewat Simpang Dewa Ruci. Karena Deby belom pernah bawa motor masuk tol, jadi gue ajak lewat tol iseng iseng haha. Si Faisal ngomel, karena kita kurang kerjaan banget lewat tol malah jauh. Ya namanya juga jalan-jalan mah nikmatin aja, hehe.

Sekitar jam 16.30 WITA, udah sampai di Sidakarya. Nyariin si Desita nggak nemu nemu. Soalnya dia bilang beat pink motornya, dari tadi kita nggak liat. Gue udah spaneng nyari doi, eh taunya pas ketemu motornya beat putih ada garis pinknya, hadeh -_-. Nah pas banget ditempat dia nunggu ada yang jual Nasi Lawar. Nasi Lawar adalah Nasi campur khas Bali yang aslinya dicampur irisan daging Babi dan darah Babi dalam proses masaknya, Tapi di warung ini menggunakan ayam, jadi amaaaan.

Saat makanan di hidangkan di atas meja, Deby bisik-bisik ke Gue
"Han, kok ini bau sesajen ya?"
"wkwk, Nggak ah. Sugesti aja Lo"
"Yaudah buat lu aja nih lawarnya, gua makan ayamnya"

Pantai Sanur saat surut airnya
Kita ngobrol-ngobrol banyak di warung, nggak terasa waktu sudah menunjukan pukul 17.00. Mau pulang tapi nanggung gitu, akhirnya ke Sanur juga ujung-ujungnya. Gue agak males sebenenrnya kesana, karena menurut gue nggak terlalu bagus. Tahun kemarin gue udah pernah ke Pantai sindhu di Sanur. Ya gitu deh, biasa aja. Tapi, Sama Desita diajak ke spot terbaik disana, okelah. karena hari udah sore dan pantai terdekat cuma sanur.


Sampai di Sanur bener aja, pantainya lagi surut, lalu kita explore lumayan jauh sampai pantai paling ujung yang bersebrangan dengan pelabuhan. Lagi ketawa tawa, mood gue langsung down drastis akhirnya gue minta pulang. Gue bikin semua orang bingung setengah mati sama kelakuan gue. Mungkin gue udah kecapekan jadi agak sensitif, haha.

Baru sampai Simpang Dewa Rucci, gerimis intens berubah menjadi hujan ringan menuju sedang. Gue dan Deby nggak bawa jas hujan. cuma bawa satu aja. kita akhirnya nongkrong di M'cd Simpang Dewa Rucci sampe jam 20.00. Naah, pas dijalan gue kok ngerasa bawa motor udah nggak seimbang, kayak orang mabok. Pusing sih nggak, tapi berasa gempa. Gue mampir dulu ke warung abang gue di jimbaran, namanya Teras Djakarta, Veta siomay (mampir yaah kalo Ke Bali, makanannya enak, harga murah, matchanya asli dari jepang, huehehe). Gue sempet makan soto betawi dan ga nafsu, padahal sotonya enak, huft. Ternyata sampe rumah gue Jackpot, haha. Gue nggak bisa bangun.

Tanggal 19 Juli 2016

Gue udah ngidam banget ke Bedugul. Karena tujuan awal gue ke Bali emang pengen kesana. But, kondisi gue makin nggak prima, tapi tetep gue paksain kesana. Baru sampai Pom bensin Denpasar dan isi bensin Rp. 16.000, eh malah hujan deres, kayaknya emang gue nggak dapet restu Allah buat kesana. Jadi dengan berat hati, gue dan Deby balik ke rumah. Gue chat abang gue, dan dia diajak gue ke Pantai Kedonganan makan seafood hasil dari beli dipasar dan minta dibakarin disitu. bumbunya enak, meski kepala gue lagi banget, gue masih bisa makan haha. Jadi, daripada open table di Jimbaran makan seafood, mending ke kedonganan yang masih satu garis pantai dengan jimbaran. lebih murah jauhhhh. kalo di jimbaran, open table bisa Rp 300.000/pax

Sunset di Pantai Jimbaran

Jam 2 siang kita balik kerumah. Gue pengen tidur banget, gabisa ngapa-ngapain deh. Gue nggak enak ga ajak Deby kemana mana, Nanggung udah di Bali, jadi sore gue paksakan untuk melihat sunset di Jimbaran. Alhamdulillah nggak telat-telat bangett masih dapet sunset. Kita ngebekal spageti buat makan di pinggir pantai. Jam 7 malam kita Pulang. dan Besok adalah hari terakhir di Bali. nongkrong di Jimbaran nggak bayar, grates haha.

Tanggal 20 Juli 2016

Pantai Nusa Dua saat sunrise
Hari ini adalah hari terakhir di Bali. Untuk maksimalin waktu sampe sore, Gue dan Deby pergi ke Pantai Nusa Dua. Pantainya bagus, gue suka. Disana masih kedapetan sunrise, karena datang tepat pukul 06.00 pagi. ada Pulau di tengah laut, nggak begitu jauh. Disana ada Pura katanya. Gue nekat nyebrang kesana, kebetulan ketemu sama Bapak-bapak umur 50an yang baru aja dari pulau tersebut.

"Pak, dalemnya semana?" Gue nanyain dalamnya air laut buat nyebrang
"Sorry, speak in english?"
"Oh, sorry, i think you are from indonesia, haha" wahahaha, gue kira orang Indo
"No, dear. haha"
"Where are you from, sir?" tanya gue
"Im from India, i came here for meeting 3 days. are u both a student?"
"haha, no mister. we are college student" Deby nimpalin
"are u sure? i think u are high senior student. because you are little, like my daughter in india. what do you know about india?"
"we know about taj mahl, haha"
"So u must going there, after this i want to go to taj mahl with my family. next, u must going to india"
"Haha, maybe next soon. Can we selfie together? gruvi i mean, haha"
"Sure" Daaan kita selfie bareng bertiga.
"Thank you sir, see you next time"

Belom mandi wakaka

Ramah bener si bapak euy. akhirnya gue nyebrang dan udah mulai pasang. udah sampe paha air lautnya, belum debur ombak sana sini. geblek emang, wakaka. Muka kusut belom mandi baru bangun tidur cuma cuci muka langsung kelayaban. Si Deby nungguin di Pinggir pantai aje.

Pura di Sebrang Nusa Dua

Pantai Nusa Dua saat matahari meninggi

Puas di Nusa Dua, kita lanjut ke Pantai Green bowl. katanya Mba Tyas sih bagus. perjalanan memakan waktu 15 menit. Gue suka sih kalo bawa motor honda, lebih alus aja mau ngebutnya wakaka. Sampe di Pantai Green bowl, sepi banget. Masuknya bayar Rp. 5000/orang tapi nggak bayar parkir sih. Eh malah pasang lautnya. bener bener parah banget pasangnya. Jadi turun tangga sekitar 150 meter, balik lagi ke atas. Karena Air laut bener bener menutup pantai seluruhnya. Ngeri abis.
Giliran sampai diatas, deket parkiran motor, kita dihadang oleh ibu-ibu penjual gelang yang sedikit maksa, akhirnya beli satu gelang harga Rp 5000.

Tangga menuju Pantai Greenbowl
Cuma bisa ngintip Pantai Green Bowl dari atas, Lautnya pasang

Selanjutnya adalah Pantai Padang-padang. Pantai ini terkenal banget sama Pantai yang banyak bule seksehnya nih. Pantai ini emang salah satu pantai favorit para bule. Mostly sih Bule Ausie. Perjalanan memakan waktu 20 menit dari Green Bowl. Sampai di Padang-padang jam 10.00 Pagi. Kita parkir motor diatas, lalu ketemu bule Ausie bareng cowoknya (btw ganteng banget cowoknya) trus kita say hi. Masuk Pantai ini hanya Rp. 5000 untuk domestik traveller juga parkir Rp. 2000.

Pantai Padang-padang

Ini yang paling gue suka dari Pantai padang-padang, Kita kayak menuju hidden paradise gitu. memasuki Goa yang sempit dengan tangga yang terbuat dr pahatan tebing, dan taraaaa. Pantai Padang-padang yang indah.

Udah gerah dan pliket, karena kita belom mandi, akhirnya pulang buat packing dan sarapan juga haha. Si Faisal hari ini rencananya mau langsung caw ke Lombok. Gue sama Deby juga belom beli oleh-oleh, kayaknya sih Gue sekalian ke Krisna, tempat oleh-oleh favorit di Bali. Lokasinya deket sama Bandara Ngurah Rai. Sampai dirumah makan, lalu gue mandi duluan dari Deby, karena gue mau cuz ke Kuta jemput Faisal buat anter dia ke Bandara. Alesannya sih motor udah dibalikin, yaudah gapapa deh haha.

Trans Sarbagita nih
Setelah Belanja, kita berpisah di Bandara. Gue ngga anter sampai dalam cuma sampe terminal (entah gue lupa) Gue langsung balik ke rumah. karena jam 3an kita mau pulang. Hari itu bingung banget mau gimana ke terminal ubungnya, karena uang kita udah sisa sedikit wakaka. Nekat aja nunggu Trans Sarbagita. Padahal Trans sarbagita ini terkenal luamaaa banget, eh nggak disangka cuma nunggu 10 menit di halte depan Perumahan Puri Gading, Jimbaran langsung dapet, Alhamdulillah. Harga tiketnya cuma Rp 3500,- sama kayak busway.

Cie cie ketemu :))
Sampai di Denpasar, depan sekolah SMAN 7 Denpasar yang merupakan tempat terakhir persinggahan, lanjut naik gojek bayar Rp. 20.000. karena jaraknya sekitar 7 km ke Ubung. Ternyata si Desita nungguin kita di Terminal, sumpah terharu, dia baik banget. Doi bawain roti holand bakery 2 bungkus wakaka. makasi ya tayaaang.


Gilimanuk Malam hari
Karena dia ajakin makan bakso, aduh nggak enak banget deh dijajanin terus, btw waktu ke Sanur itu dia yang jajanin kita-kita, haha. Yaudah langsung aja kita naik bis, kita juga buru-buru karena perjalanan cukup panjang. butuh waktu 6 jam sampai Pelabuhan Gilimanuk dari Ubung. Selama di Bis kita ngobrol sama Blih keneknya, doi baik sih, kita cerita-cerita. karena kebetulan malam itu waktunya sembahyang purnama (menurut kepercayaan orang Hindu) gue nanya nanya soal ibadahnya. Kemaren juga pas tanggal 16 itu, pas masih di Banyuwangi ada upacara adat ngaben, dan kita nggak nemuin, aah sedih banget.

Banyuwangi dari atas Kapal
Sampai di Gilimanuk gerimis, gue udah kelelahan parah. Deby pengen di luar untuk merasakan suasana malam dikapal. Gue milih tidur didalem kapal. Hujan mulai deras, kapal mau berlabuh ngga bisa bisa, muter balik terus. Agak horor sebenernya malem itu, lo pikir aja deh haha. Sampe Banyuwangi, hujan masih deras, kita nggak bisa ke Stasiun malam itu. akhirnya kita tidur di Musholla Pelabuhan Ketapang. Kebayang nggak lo, cuma cewek berdua tidur di Musholla sama Bapak-bapak dan Mas-mas. Gue udah nggak peduli, gue langsung tidur dan cuma amanin dompet sama hape di jaket. Ga peduli sama tas. Deby juga gitu. Akhirnya Pagi menjelang, pukul 04.30. Pada solat subuh, gue lagi nggak solat jadi keluar dari Musholla. Pagi itu cari makan, laper banget soalnya, yipiiee ada Nasi Padang. Kangen banget si Deby sama nasi padang. Yaudah kita makan deh. Deby makan pake ayam, gue makan pake rendang limpa trus bungkus satu buat di Kereta.

Tanggal 21 Juli 2016

Sisa Hujan di Jendela Kereta
Sampe jam 06.00 pagi di Stasiun Banyuwangi biru, setelah boarding, kita berangkat pas jam 06.30. Pemandangannya indah banget. Perjalanan di kereta 12 jam sampai Jogja. jam 08.30 sudah sampai di Stasiun Lempuyangan, mau beli tiket go show udah nggak ada. Gue sama Deby emang udah buat plan b, kalo ngga ada kereta naik Bis Sinar jaya, harganya murah dan AC. Malem itu bingung mau tidur di masjid atau nggak, yaudah ke rumah tante deby lagi kita naik Gojek.




Besoknya naik Bis dari Jl. Godean ke Terminal Giwangan. Sampai jam 10.00, bingung mau kemana nanya temen dapet rekomendasi buat makan Mie Ayam terkenal di sana, namanya Mie ayam Bu Tumini. tapi sebelumnya kita nongkrong di Kedai Es bang jo, jual minuman smoothies yang lumayan enak, cuma seharga Rp. 8000. Btw Mie ayam Bu Tumini ini rame pake bangeeet. Ngantrinya panjaang. Tapi karena nanggung udah disini, yaudah dihajar ajah. harga mie ayam seharga Rp 8.000 dan Es Teh Rp 2.000.

Mie Ayam Bu Tumini

Jam 14.00 Kita berangkat dari Terminal Giwangan ke Jakarta, harga tiket cuma Rp. 105.000 udah AC, nggak jauh lah sama harga tiket kereta. tempat duduknya juga bisa di mundurin ke belakang, Bisnis AC. Yaudah malah bisa tidur gue haha.


Tanggal 22 Juli 2016

Alhamdulillah kami sampai dengan selamat di Jakarta, pukul 04.30. Gue sama Deby berpisah di Kp Rambutan. Deby naik gojek, gue naik angkot. Nyampe rumah teparrr. Intinya dari perjalanan ini, Gue hanya menghabiskan uang sekitar Rp 1.500.000. selama 11 hari perjalanan sampai rumah.

Pokoknya perjalanan gila ini nggak akan terlupakan deh, makasih banyak buat yang udah membantu perjalanan ini, semoga mendapat balasan kebaikan, aaamiiiin.

1 comment

  1. Mba nanya, veta siomay lokasinya dmn ya? Ada nmr tlp buat pesan antar g, makasih :)

    ReplyDelete